Milenial, Perencanaan Keuangan

Rentetan Inovasi Bank Dukung Cashless Society di Indonesia

Rentetan Inovasi Bank di Indonesia Demi Dukung Cashless Society

Ajaib.co.id – Sejumlah bank nasional dan juga multinasional berbondong-bondong melakukan transformasi untuk menjadi bank digital demi mendukung upaya pemerintah mendorong metode pembayaran nirsentuh atau cashless society.

Dengan demikian, penggunaan uang tunai makin diminimalisir sehingga transaksi jauh lebih transparan, mudah, praktis dan juga aman. Studi yang dilakukan oleh salah satu bank yaitu UOB menunjukkan bahwa konsumen Indonesia pada masa pandemi 2020 memang lebh menyukai metode pembayaran cashless kepada sesamanya sebesar 76%, disusul oleh pembayaran dengan QR code sebanyak 69% dan melalui internet bank melalui seluler sebesar 64%.

Dari data tersebut terlihat bahwa terjadi perubahan pola transaksi masyarakat Indonesia yang dulunya konvensional atau menggunakan uang tunai menjadi serba daring atau non tunai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Menariknya lagi, generasi baby boomers yang kita kenal belum terlalu melek terhadap teknologi ternyata sudah lebih banyak menggunakan layanan internet banking seluler.

Lalu, pertanyaannya, apakah institusi keuangan terkhususnya bank di Indonesia sudah mulai bersiap untuk mendukung cashless society yang akan terus melonjak dalam beberapa waktu ke depan? Nah, berikut ulasan beberapa bank digital yang sudah mawas diri jauh-jauh hari untuk mendukung gerakan ini.

Jenius BTPN

Jenius adalah pionir awal bank digital di Indonesia. Dirilis pada Agustus 2016, inovasi ini memang diperuntukkan bagi nasabah milenial, segmen yang belum tersentuh oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional dengan mayoritas segmen tabungan dan pinjaman pensiunan.

Jenius BTPN terkenal lewat inovasinya yakni memberikan fasilitas gratis transfer ke bank lain dalam nominal tertentu, penarikan uang tunai di atm lain, tanpa biaya bulanan, hingga deposito berjangka apa masa awal perilisannya. Sampai dengan saat ini, Jenius memang masih menjadi pilihan banyak nasabahnya karena memiliki fitur yang terus bertambah seperti transaksi valas, transaksi bisnis, hingga pinjaman.

TMRW by UOB

TMRW adalah solusi banking berbasis seluler yang ditawarkan untuk generasi digital oleh bank multinasional UOB. Sejalan dengan riset yang dilakukan UOB di atas, bank tersebut merilis TMRW pada Agustus 2020 yang melayani nasabah di seluruh kawasan Asia Tenggara. Dengan TMRW, nasabah akan memperoleh pengalaman cashless dan tanpa kontak langsung yang sangat dianjurkan di kala pandemi, mulai dari pembukaan rekening hingga menjalankan berbagai fitur transaksi perbankan.

UOB sendiri mendukung TMRW dengan fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence dan machine learning untuk memahami dan mengantisipasi kebutuhan nasabah seperti kebutuhan untuk melakukan transfer ke bank lain bebas biaya hingga tabungan dengan model membangun sebuah kota.

Digibank by DBS

Tak ketinggalan, DBS juga memiliki Digibank sebuah inovasi perbankan digital yang diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan finansial para nasabahnya. Sama seperti bank digital lainnya, Digibank juga memberikan fasilitas tanpa kontak langsung kepada nasabahnya dalam hal pembuatan rekening untuk pertama kalinya.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki akun Digibank diantaranya bebas biaya bulanan, gratis transfer ke bank lain di dalam dan luar negeri dan penarikan tunai hingga pembelian obligasi negara ritel mulai dari 1 juta. Nasabah juga diberikan opsi untuk menabung uangnya dalam fitur tabungan maxi dengan bunga 3 persen per tahunnya dan bisa dicairkan setiap saat. Menarik, bukan?

Octo Mobile by CIMB Niaga

Untuk mendukung perkembangan digital di Indonesia, CIMB Niaga juga turut merilis Octo Mobile yang dirancang sebagai super app karena semua hal bisa dilakukan dalam satu aplikasi.

Octo Mobile memberikan keleluasaan kepada nasabahnya untuk melakukan pembukaan rekening tanpa harus ke kantor cabang, bertransaksi dengan aman dengan fitur scan Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Ditambah lagi, nasabah bisa mengubah cicilan belanja kartu kredit menjadi 0% dalam tiga bulan. Tidak ketinggalan, Octo Mobile juga menawarkan pembelian reksa dana, belanja dengan poin extra dan topup ke banyak e-wallet.

ONe Mobile by OCBC NISP

Satu lagi bank multinasional yang juga mendukung perkembangan cashless society di Indonesia yakni One Mobile yang dimiliki oleh bank OCBC NISP. ONe Mobile adalah digital channel yang mendukung transaksi digital yang cepat, mudah dan bebas biaya.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh ONe Mobile diantaranya pembukaan rekening online, transaksi harian berupa transfer ke dalam dan luar negeri yang jauh lebih mudah, hingga fasilitas pembukaan rekening investasi mulai dari reksa dana, obligasi, bancassurance, dan produk treasury.

Livin’ by Mandiri

Living a lively life with livin’ by Mandiri, berikut tagline yang digaungkan oleh bank BUMN tersebut sebagai solusi kemudahan finansial di era digital dan penyempurnaan dari aplikasi Mandiri Online yang sebelumnya hadir di tengah-tengah masyarakat.

Livin’ dinilai memiliki pendekatan artificial intelligence untuk menjadikannya super app lewat sentuhan yang lebih unik, modern dan fiturnya yang lebih lengkap. Kendati tidak memberikan keleluasaan seperti bank lainnya yakni bebas biaya bulanan, hingga transfer ke bank lain gratis, namun Mandiri melakukan banyak promosi dengan cara menyarankan nasabahnya menggunakan QRIS setiap kali bertransaksi dengan Livin’ Mandiri. Dengan demikian, Mandiri menyarankan nasabahnya untuk menggurangi penggunaan uang tunai dalam kegiatan sehari-hari dan beralih ke uang elektronik atau dompet digital.

Nah, diatas adalah enam contoh dari bank yang sudah transformasi melalui inovasi dan pendekatan yang lebih modern untuk mendukung cashless society di masa yang akan datang. Selanjutnya, yang perlu kamu tanyakan ke diri kamu adalah, sudahkah kamu berinvestasi dengan cara yang lebih baru?

Disinilah aplikasi investasi Ajaib hadir untuk memenuhi ekspektasi kamu berinvestasi reksa dana dan saham yang lebih modern. Mendapatkan izin dari OJK, BEI, dan Kominfo, aplikasi investasi Ajaib adalah teman yang akan mendukung tujuan finansial kamu ke depannya.

Artikel Terkait