Bisnis & Kerja Sampingan

Memanfaatkan Internet untuk Cari Uang Tanpa Modal?

Ajaib.co.id – Peran internet kini semakin banyak digunakan untuk memudahkan banyak hal. Mulai dari mencari informasi atau berita terbaru, bermain game, media sosial, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, internet juga digunakan sebagai media untuk cari uang oleh banyak orang. Bahkan, bagi sebagian orang internet dijadikan penghasilan utama.

Ada banyak macam pekerjaan yang bisa menghasilkan uang oleh siapapun, baik sebagai penghasilan tambahan maupun penghasilan utama. Bagi kamu yang masih belum memiliki pekerjaan atau ingin memiliki penghasilan tambahan melalui pekerjaan sampingan, kamu bisa menemukannya melalui internet. Bahkan tidak perlu memiliki modal terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana cari uang di internet bisa dilakukan dan pekerjaan seperti apa yang dapat menghasilkan uang melalui internet? Nah, untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan mengenai cari uang melalui internet tanpa modal berikut ini.

Survei Online Berbayar

Survei biasanya dilakukan oleh beberapa perusahaan kepada masyarakat banyak untuk mengetahui nilai atau pendapat dari suatu produk yang dijadikan bahan evaluasi. Biasanya perusahaan akan menyediakan sejumlah dana yang dijadikan bayaran untuk objek survei.

Hal ini tentu menjadi peluang bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan tambahan dengan melakukan survei suatu produk perusahaan.

Survei yang diadakan perusahaan biasanya berbasis online dan memungkinkan siapapun untuk mengisinya. Sistem dari imbalan yang akan kamu dapat biasanya berbentuk poin reward yang dapat ditukarkan dengan uang.

Salah satu situs penyedia survei online seperti YouGov Indonesia memberikan imbalan berupa poin yang dapat ditukarkan dengan pulsa isi ulan, voucher belanja, hingga uang tunai melalui rekening PayPal.

Biasanya kamu diharuskan untuk memiliki akun PayPal terlebih dulu agar poin dapat dicairkan dan dikirimkan langsung ke PayPal. Mengingat perusahaan ini merupakan perusahaan asing yang berbasis di Singapura.

Selain itu, ada juga perusahaan survei online lainya untuk cari uang seperti Opinion World, Clixsense, SurveOn, View Fruit, dan masih banyak lainnya.

Social Media Evaluator

Cari uang melalui internet berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjadi seorang social media evaluator.

Bermodalkan gadget serta akun modia sosial, kamu akan diminta untuk menilai beberapa iklan media sosial dengan menjawab pertanyaan seperti seberapa menarik suatu iklan yang ditampilkan, seberapa besar keinginan untuk melihat iklan, atau seberapa informatif iklan yang ditampilkan.

Semua pertanyaan itu menjadi tugas utama dari social media evaluator untuk menghasilkan uang sebagai imbalan pekerjaan. Pekerjaan ini biasanya dibayar sebesar USD5-6 per jam. Jika kamu sanggup menyelesaikan survei selama empat jam saja, maka penghasilan yang didapat sebesar USD20-24 atau setara Rp289-347 ribu.

Melakukan Tes Penggunaan Aplikasi Micro tasking

Langkah untuk cari uang berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi micro tasking. Tugas kamu adalah hanya melakukan install suatu aplikasi yang menawarkan micro tasking, lalu mengikuti instruksi yang tertera.

Biasanya kamu akan ditugaskan untuk menonton suatu iklan, meng-install aplikasi lain, dan melakukan tugas sederhana yang disuruh.

Imbalan yang didapat dari tugas ini biasanya berupa poin untuk ditukarkan uang tunai. Walaupun imbalan yang diberikan tidak seberapa, namun hal ini bisa mengisi waktu luang kamu ketika sedang menunggu.

Beberapa aplikasi micro tasking yang biasa digunakan banyak orang di antaranya Snapcart, Cash Gift, Showbox, Cash for Apps, Google Opinion reward, dan masih banyak lainnya.

Jasa Menulis Artikel

Salah satu cara untuk cari uang melalui internet yang satu ini mungkin membutuhkan keahlian terutama dalam bidang menulis. Bagi kamu yang biasa menulis suatu artikel dengan jumlah kata tertentu, bisa menjadi penghasilan tambahan.

Banyak perusahaan yang membutuhkan konten berupa tulisan artikel untuk dipampang pada website mereka sehingga hal ini bisa dijadikan peluang.

Tarif dari jasa penulisan artikel ini biasanya sekitar Rp30-150 ribu per artikel. Ada banyak website yang menawarkan jasa-jasa dalam membuat tulisan yang dapat disesuaikan dengan harga per artikelnya oleh si penulis. Mulai dari Sribulancer, Freelancer, Babe, dan masih banyak lainnya. Hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk cari uang tambahan pastinya.

Jasa Fotografi dan Video

Cari uang melalui internet dengan menggunakan keahlian yang dimiliki berikutnya adalah jasa foto dan pembuatan video. Bagi kamu yang sering foto-foto pemandangan alam dan objek lainnya, biasanya hanya menjadi simpanan dan koleksi di laptop saja.

Padahal, kamu bisa menjual karya kamu tersebut melalui beberapa situs penyedia foto dan video berbayar.

Mulai dari Shutterstock, iStockphoto, Fotolia, FreeDigitalPhotos, dan beberapa platform lainnya. Untuk imbalan yang diberikan biasanya tergantung dari komisi berdasarka download atau dibeli oleh orang lain.

Jasa Desain

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang desain, baik membuat desain untuk website, banner, atau ilustrasi, kamu mendapatkan tambahan melalui jasa pembuatan desain.

Kamu bisa memanfaatkan situs seperti Envato Market untuk menjual karya digital dan mendapatkan uang dari hasil penjualan tersebut.

Apalagi jika kamu sudah memiliki beberapa desain yang dibuat sesuai keinginan, kamu cukup tinggal pasang karya tersebut untuk dijual.

Menjadi YouTuber

Bagi kamu yang suka membuat konten video dan ingin mencari uang lewat internet, kamu bisa membuat channel YouTube dan menjadi YouTuber atau Vlogger. Buatlah konten yang menarik dan sedang tren sehingga bisa menarik banyak orang untuk mengunjungi channel YouTube kamu.

Dengan menjadi YouTuber, bukan cara memulai bisnisnya saja yang menyenangkan, tapi pendapatan yang bisa kamu terima pun cukup besar. Misalnya, kamu bisa mendapatkan endorse dari produk atau brand yang membutuhkan seperti mereview produk, membuat konten unboxing, dan sebagainya.

Selain dari promosi tersebut, kamu juga bisa mendaftarkan akun kamu untuk Google AdSense, sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube hanya dengan membuat konten. Cara kerjanya adalah, semakin banyak pengunjung dan viewers kamu di YoiTube, maka semakin besar juga pendapatan yang akan kamu dapatkan.

Membuat Tutor Online

Jika kamu memiliki kemampuan di mata pelajaran tertentu, bisa membuat tutor online. Dengan cara tersebut, kamu bisa membantu anak-anak untuk mengerjakan tugas secara online.

Saat ini, layanan tutor online yang membuka lowongan adalah Ruang Guru dan Quipper. Kalau sudah mahir, kamu bisa mendapatkan uang di internet tanpa modal.

Bisnis Online 

Jika kamu berminat untuk membuka sebuah bisnis kecil-kecilan di masa perkuliahan, kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis/toko secara online.

Misalnya, mungkin saja kamu punya hobi untuk masak atau membuat kue, kamu bisa menjual masakan atau kue-mu melalui sosial media seperti Instagram.

Tidak hanya mendapat penghasilan tambahan, namun kamu juga bisa mengasah skill marketing-mu melalui pengelolaan toko online ini.

Jasa Titip Beli Barang

Cari uang melalui internet berikutnya adalah membuka jasa titip beli barang melalui marketplace atau situs jual beli luar negeri. Kemudahan untuk mendapatkan barang-barang merek luar negeri saat ini mungkin terus meningkat.

Akan tetapi, biaya ongkos kirim yang dibebankan terkadang menjadi masalah. Apalagi jika barang yang kamu beli mungkin hanya sedikit atau bahkan 1 barang jasa.

Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka layanan jasa titip beli barang. Di mana, kamu bisa mengumpulkan orang-orang yang ingin membeli barang dengan menggunakan kuota. Jadi kamu cukup membayar satu kali ongkos kirim yang jelas lebih murah dan menentukan biaya dari jasa titip barang tersebut.

Cari uang melalui internet pada saat ini memang cukup mudah dilakukan. Dari beberapa penjelasan mengenai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet ini bisa menjadi referensi.

Hal ini terjadi berkat kecanggihan teknologi yang terus meningkat di setiap bidang termasuk dalam menghasilkan uang.

Cari uang melalui internet dengan berinvestasi juga bisa menjadi pilihan. Salah satu investasi yang dapat menghasilkan keuntung besar adalah saham.

Saat ini kamu juga bisa berinvestasi saham secara online melalui aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen saham.

Dengan berinvestasi saham di Ajaib, kamu dapat merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa maendatang secara aman dan nyaman pastinya. Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mulai berinvestasi dan menghasilkan keuntungan.

Artikel Terkait