Milenial

Destinasi Wisata Indonesia yang Populer hingga Luar Negeri

Ajaib.co.id – Orang Indonesia pastinya patut bangga dengan cukup banyaknya destinasi wisata Indonesia yang populer hingga luar negeri. Memang tidak akan pernah ada habisnya jika berbicara mengenai keelokan alam Nusantara. Bak Surga yang ada di bumi, keelokan Bumi Nusantara begitu populer hingga ke telinga masyarakat mancanegara.

Sektor pariwisata memang menjadi salah satu andalan sumber pendapatan negara Indonesia. Lewat program Visit Indonesia, Pemerintah mencoba terus menunjukkan keindahan alam yang ada di wilayah Indonesia. 

Tak ayal Indonesia pun dikenal sebagai salah satu negara dengan turis mancanegara terbanyak di dunia. Nah, dari semua tempat wisata yang ada di Indonesia, pastinya ada beberapa yang menjadi favorit para turis mancanegara. Misalnya saja seperti beberapa destinasi wisata populer Indonesia berikut ini. 

Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken berhasil menjelma menjadi salah satu objek wisata paling populer di Indonesia. Tidak hanya menjadi tempat favorit para turis dalam negeri saja, banyak turis luar negeri yang memilih tempat ini sebagai tujuan utama saat liburan ke Indonesia. 

Wajar saja demikian. Apalagi untuk mereka yang menyukai alam bawah laut. Hal ini disebabkan Taman Laut Bunaken dikenal memiliki taman bawah laut yang begitu menawan. Bahkan bisa dikatakan sulit sekali ditemukan di negara lain. 

Memangnya apa yang ditawarkan dari alam bawah laut Bunaken ini? Dikatakan jika terdapat paling tidak 13 jenis terumbu karang di sana. Yang kesemuanya rata-rata didominasi oleh bebatuan laut. 

Namun sebenarnya tidak sampai disitu saja pemandangan menarik yang disuguhkan oleh alam bawah laut Bunaken. Sebab ada salah satu pemandangan paling menarik yang sering membuat decak kagum setiap mata yang memandang. 

Mata Anda akan dibuat decak kagum dengan penampakan sebuah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25 hingga 50 meter. Selain dikenal dengan keindahan terumbu karangnya, Taman Laut Bunaken juga dihuni dengan berbagai jenis biota bawah laut yang sangat beragam. 

Misalnya saja untuk jenis ikannya sendiri. Paling tidak ada 91 jenis ikan yang menghuni Alam Bawah Laut Bunaken. Itulah kenapa tempat ini dikenal menjadi salah satu spot favorit untuk pecinta diving. Nah, untuk Anda yang memiliki hobi ini, di tempat wisata laut ini terdapat 20 titik penyelaman yang bisa Anda explore keindahannya.

Candi Borobudur di Jawa Tengah

Salah satu destinasi wisata Indonesia yang mendunia berikutnya adalah Candi Borobudur. Candi Borobudur bisa dikatakan sebagai Candi Budha terbesar yang ada di dunia. Candi Borobudur pun bisa dikatakan sebagai salah satu situs peninggalan sejarah terbaik di Indonesia, bahkan Dunia. 

Mungkin untuk masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata populer Indonesia yang satu ini. Namun untuk Anda yang belum pernah ke sana, Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah. 

Jika dilihat dari usianya, Candi Borobudur ini diperkirakan sudah berusia sekitar 12 Abad atau 1200 tahunan. Fakta ini didapatkan berdasarkan berbagai penemuan yang memperlihatkan jika pembuatan candi sendiri dimulai pada abad ke-8 atau ke-9 masehi. 

Candi Borobudur bisa menjadi bukti tentang begitu majunya ilmu pengetahuan dan teknologi arsitektur bangsa Indonesia di masa lalu. Candi ini sendiri total memiliki 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief yang terdapat pada dindingnya. 

Trio Gili di Lombok

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air ibarat magis yang mampu membuat para wisatawan terpesona oleh keindahannya. Tidak hanya populer di kalangan wisatawan dalam negeri, trio gili pun sangat populer di luar negeri. Utamanya Gili Trawangan. 

Setiap tahunnya, ada banyak sekali wisatawan mancanegara yang memilih trio gili ini untuk menghabiskan waktu liburannya selama berkunjung ke Indonesia. Selain dikenal dengan alam pantainya yang sangat eksotis, trio gili ini juga dikenal dengan alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan. 

Meskipun tiga destinasi wisata ini kondisi alamnya masih sangat alami, namun sudah didukung dengan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap. Misalnya saja seperti tempat makan maupun tempat penginapan. Selain itu akses menuju ke pulau-pulau tersebut pun bisa dikatakan cukup mudah. 

Gunung Bromo di Jawa Timur

Bagi masyarakat Indonesia pastinya sudah sangat familier dengan Gunung Bromo. Salah satu gunung berapi di Indonesia yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan. Baik yang dari Dalam Negeri sampai mancanegara. 

Apalagi ada cukup banyak pilihan tempat wisata yang bisa dijelajahi saat berlibur ke sana. Dan kesemuanya menawarkan keindahannya masing-masing. Wajar saja jika banyak yang memilih menghabiskan waktu liburannya ke tempat wisata ini. 

Paling tidak ada 7 destinasi wisata populer di Gunung Bromo yang selalu ramai oleh wisatawan. Atau bisa dikatakan sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Gunung Bromo. 

Nah, ketujuh destinasi wisata Gunung Bromo yang dimaksud adalah pertama Objek Wisata Penanjakan 1 Gunung Bromo. Kedua, Objek Wisata Gunung Widodaren Bromo. Ketiga, Objek Wisata Kawah Utama Bromo. Keempat, Objek Wisata Bukit Cinta. Kelima, Pasir Berbisik Bromo. Keenam, Objek Wisata Bukit Teletubbies. Dan yang terakhir adalah Objek Wisata Pura Luhur Poten. 

Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia Lainnya

Selain keempat destinasi wisata di atas, sebenarnya masih ada beberapa destinasi wisata populer lain yang sangat terkenal hingga ke luar negeri. Misalnya saja seperti Pulau Komodo, Nusa Penida, Danau Toba, Wakatobi, Kepulauan Raja Ampat, dan lain sebagainya. 

Namun yang lebih menakjubkannya lagi adalah di Indonesia sendiri ternyata ada cukup banyak destinasi wisata yang mirip dengan di mancanegara. Misalnya saja seperti Kawah Putih yang ada di Jawa Barat. Banyak yang mengatakan jika dana ini sangat mirip dengan Danau Rotorua yang ada di Selandia Baru. 

Itu baru satu saja contohnya. Padahal sebenarnya masih ada cukup banyak yang lainnya. Wajar saja jika Indonesia termasuk negara yang sering menjadi pilihan para wisatawan luar negeri saat ingin menghabiskan waktu liburannya.

Artikel Terkait