Milenial

Jenis Permainan Gratis Untuk Anda Mainkan Selama Masa Isolasi

Ajaib.co.id – Pandemi COVID-19 memaksa seseorang untuk mengisolasi diri di rumah. Keputusan ini bagus, tetapi membuat orang menjadi jenuh dan bosan. Untuk menghilangkan kebosanan ini, salah satu solusinya adalah bermain permainan gratis.

Meskipun itu game gratis, bukan berarti permainannya tidak menarik. Faktanya, permainan ini menawarkan tantangan di setiap jenjangnya. Bahkan bisa dimainkan dengan orang lain sehingga Anda tetap bisa bersosialisasi walaupun melalui game tersebut.

Yang terpenting, Anda tidak sampai kecanduan. Karena bila kecanduan, ini juga berbahaya bagi produktivitas Anda ke depannya.

Manfaat Game di Masa Isolasi

Keputusan Anda untuk isolasi mandiri sangatlah bernilai. Anda sudah membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang kian meningkat jumlah kasusnya. Toh, Anda bisa menghindari infeksi ini sehingga Anda tetap sehat.

Ketika mengisolasi diri, tentu Anda memiliki banyak waktu kosong. Ada baiknya jika waktu ini diisi dengan berbagai kegiatan. Meskipun bukan kegiatan wajib, Anda bisa mengisinya dengan bermain game.

Apa manfaatnya? Manfaatnya ialah mengurangi tingkat stres. Stress ini terjadi akibat perubahan hidup yang sangat drastis. Anda yang tadinya bisa leluasa pergi ke tempat ramai, kini Anda perlu membatasinya agar terhindar dari virus mematikan.

Perubahan ini membuat Anda semakin tertekan. Apalagi ditambah dengan minimnya penghasilan. Padahal, Anda perlu memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Sembari menunggu, tidak ada salahnya untuk menghilangkan tekanan ini dengan bermain game. Pilihannya sangat banyak. Permainan ini sudah tersedia di Google Playstore sehingga tinggal unduh dan pasang ke dalam smartphone.

Tak perlu mengunduh game berbayar. Cukup unduh permainan gratis saja. Karena permainan ini juga menghadirkan berbagai trik yang menantang. Pastinya, waktu menunggu Anda akan terasa sebentar sehingga kejenuhan ini akan hilang.

Jenis Permainan Gratis Untuk Dimainkan

Ratusan hingga ribuan aplikasi game online sudah tersedia. Anda bisa mengunduh salah satunya untuk dimainkan selama masa isolasi. Dan salah satunya tidak membutuhkan uang alias gratis. Nah, apa saja jenis permainan yang dimaksud?

Angry Birds Friends

Ini merupakan salah satu game gratis yang mana cukup menghebohkan pada awal kemunculannya. Karakternya adalah seekor burung yang diterbangkan dengan semacam ketapel. Pemain perlu melemparkan ke suatu target agar bisa menyelesaikan tantangan.

Permainan ini bisa dimainkan tanpa bantuan internet. Artinya, Anda bisa memainkannya tanpa kuota. Dan ini bisa dimainkan oleh anak-anak, remaja hingga dewasa.

Fortnite

Fortnite mengusung konsep Battle Royal. Konsepnya ialah menempatkan sekitar 99 pemain dalam satu map. Dan pemain terakhir yang mampu bertahan hidup di map tersebut akan dinyatakan sebagai pemenang.

Fortnite sendiri tergolong sebagai salah satu permainan gratis terbaik. Betapa tidak, game ini selalu mendapatkan pembaharuan. Artinya, tantangannya semakin sulit sehingga player menjadi lebih penasaran untuk menyelesaikannya.

Call of Duty: Warzone

Permainan ini mengharuskan player untuk masuk ke sebuah medan pertempuran. Dalam satu map, ada sekitar 150 player yang bisa menggunakannya dalam satu waktu.

Setiap pemain akan menghadapi musuh. Tujuannya ialah bertahan sampai akhir. Dengan begitu, Anda akan dinyatakan lulus dari tantangan yang diberikan.

Tenang saja, game ini tersedia dalam versi gratis. Yang paling penting, Anda perlu menyediakan smartphone yang bagus agar bisa memainkannya dengan lancar.

Cara Menghindari Kecanduan Game Online

Sebenarnya, bermain permainan gratis merupakan aktivitas seru yang bermanfaat. Tetapi di balik itu, ada sisi negatifnya. Terlebih bila seseorang memainkannya secara berlebihan.

Produktivitasnya di dunia kerja atau pendidikan bisa terganggu. Untuk itulah, Anda perlu melakukan langkah antisipasi untuk menghindari kecanduan game. Nah, bagaimana caranya?

Batasi Penggunaan Smartphone

Faktanya, banyak sekali masyarakat yang kecanduan dengan smartphone. Hampir tiap waktu, smartphone ini tidak pernah lepas dari tangannya. Bahkan, seseorang tetap menggunakannya meskipun sedang diisi daya.

Fenomena ini jelas kurang bagus. Pasalnya, seseorang akan lebih malas untuk melakukan kegiatan positif. Misalnya belajar atau bekerja sebagaimana mestinya.

Sebagai langkah antisipasi, sudah semestinya Anda lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Membatasi penggunaannya adalah pilihan yang bijak. Contohnya ialah hanya menggunakannya ketika benar-benar dibutuhkan.

Sekedar untuk mengisi waktu, Anda perlu membuat batasan waktu pemanfaatannya untuk bermain game. Anda bisa tetapkan berapa lama menggunakannya. Misalnya hanya sekitar 20-30 menitan dalam sehari.

Alihkan Pada Kegiatan Positif

Smartphone memang menjadi candu yang cukup sulit untuk dihilangkan. Seseorang akan merasa bahwa kehidupannya tidak menyenangkan tanpa memegang smartphone. Akhirnya, setiap waktunya akan dihabiskan untuk memegangnya.

Tidak mau mengalami kondisi seperti ini, solusi terbaiknya ialah menemukan aktivitas baru. Memulai hobi menyenangkan di luar rumah sangatlah baik. Contohnya berolahraga atau berkebun.

Hentikan Secara Bertahap

Ketika seseorang telah kecanduan, melepas benda akan sangat sulit. Karena bila terlepas, seseorang akan merasa galau atau tidak enak pikiran.

Ini tentu saja menjadi masalah yang serius. Meskipun begitu, Anda tetap harus melepasnya. Caranya dengan membulatkan tekad untuk menyingkirkannya.

Untuk melepasnya, Anda memang tidak bisa sepenuhnya bisa melepas begitu saja. Ibarat terapi, Anda memang perlu melakukannya secara bertahap. Artinya, Anda masih bisa memainkan game dengan batasan yang wajar.

Kurangi Kebiasaan Membeli Game

Tips terakhir ialah mengurangi pembelanjaan uang pada permainan. Kalaupun memiliki uang, usahakan agar uang ini ditahan untuk membeli perlengkapan dalam permainan.

Sebaliknya, alokasikan uang ini untuk membeli benda/produk yang berfaedah. Selain tidak menyia-nyiakan uang, Anda bisa terlepas dari jerat permainan online.

Kesimpulannya, banyak sekali permainan gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi waktu di masa isolasi. Tetapi, batasi penggunaannya agar tidak menimbulkan kecanduan. Karena Anda akan kesulitan sendiri dalam melepaskannya.

Artikel Terkait