Properti

Berikut Tips Aman Beli Properti Rumah Saat Pandemi

Ajaib.co.id – Memiliki properti pribadi berupa rumah pasti impian banyak orang. Selain memang rumah adalah kebutuhan primer dalam hidup tapi bisa juga menjadi aset properti yang berharga. Namun, sudah menjadi rahasia umum juga kalau properti rumah memiliki harga jual beli yang sangat tinggi. 

Namun, tahukah kamu saat pandemi seperti ini kesempatanmu memiliki hunian menjadi lebih lebar. Karena sejak wabah virus corona melanda Indonesia sektor properti ikut terdampak. Di mana daya jual beli masyarakat jadi turun terhadap properti seperti rumah baru maupun bekas. Jadinya harga hunian rumah di beberapa kota juga ikut turun alias jadi lebih murah. 

Alasannya kenapa? Karena pandemi ini membuat banyak pekerja atau karyawan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan adanya pemotongan gaji karyawan sehingga penghasilannya turun.

Sehingga masyarakat banyak yang menahan untuk melakukan belanja termasuk untuk sektor properti. Dan sebagian besar uangnya dialihkan dari untuk tabungan rumah menjadi untuk memenuhi kebutuhan selama situasi tak tentu di tengah pandemi ini. 

Hal yang sama sempat diutarakan oleh Direktur Utama PT Inti Innovaco Michael Prawira, turunnya harga properti ini lantaran ada pengalihan biaya yang biasanya banyak dikeluarkan sekarang justru ditahan oleh masyarakat.

Dana-dana tertahan ini salah satunya bisa dalam bentuk alokasi dana untuk membeli rumah atau setidaknya untuk membayar uang Down Payment (DP). 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda  menilai kalau pandemi COVID-19 ini adalah waktu yang tepat untuk membeli rumah. Soalnya di situasi ini banyak sejumlah kemudahan seperti relaksasi kredit yang diberikan oleh perbankan bahkan pengembangnya sendiri. 

Misalnya dalam bentuk program suku bunga terjangkau yang diberikan oleh perbankan. Sementara kalau pengembang memberikan program menarik berupa biaya DP rumah yang dibayarkan oleh pengembang. Gimana merarik sekali kan?

Sehingga kondisi ini bisa dikatakan sebagai momen paling tepat bagi investor hingga masyarakat luas untuk membeli properti seperti rumah. Karena momentum sejumlah kemudahan saat pandemi ini belum tentu terulang kembali di masa depan. 

Berikut Ajaib akan membagikan tips aman kalau kamu akan membeli properti rumah saat pandemi COVID-19 ini :

Membeli Rumah Secara Online

Karena saat pandemi seperti ini segala aktivitas di luar rumah serba dibatasi. Hal ini untuk membuat kita lebih aman juga. Jadi ya kalau mau beli rumah juga bisa sekali digunakan lewat online

Apa yang harus kamu perhatikan? Saat kamu tengah melakukan riset alias liat-liat rumah pastikan jaringan internet kamu kenceng ya. Jadi saat proses komunikasi dengan pengembang properti bisa lancar dan aman.

Tentunya kamu juga bisa mendapatkan informasi dengan jelass. Pastikan kamu menggunakan provider yang tepat dan memiliki keterjangkauan sinyal yang baik di tempat tinggalmu. 

Pastikan Platform Jual Beli Rumah Terpercaya

Hal kedua yang harus diperhatikan dan tentunya penting sekali adalah kamu harus memilih platform properti rumah yang aman. Karena dengan platform yang aman kamu juga berarti menjamin rumah yang akan kamu beli akan aman nantinya. 

Tapi kamu nggak perlu bingung atau pusing dalam mencari platform properti yang aman. Kamu bisa mengunjungi beberapa platform jual beli rumah seperti, urbanindo.com, rumah.com, rumah123.com, rumaku.com, rumahdijual.com, dan lainnya. 

Kamu tinggal mengunjungi website tersebut. Kemudian kamu bisa mencari rumah beserta tipe yang diinginkan. Setelah itu, akan banyak pilihan rumah lengkap dengan berbagai informasi seperti deskripsi rumah hingga fasilitas yang didapat. 

Pastikan Memilih Pengembang Terdaftar di Sireng Kementerian PUPR

Selain memilih platform yang tepat, kamu juga perlu memilih calon pengembang yang tepat. Untuk memastikan pengembang yang akan kamu gunakan aman, kamu bisa lihat pengembang tersebut terdaftar atau tidak di Sistem Registrasi Pengembang (Sireng) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Kalau kamu sudah memeriksa pengembang yang terdaftar tersebut, selanjutnya lebih mudah. Kamu hanya perlu menghubungi pengembang properti untuk menanyakan perihal berbagai program penawaran rumah yang akan dijual tersebut. 

Mengapa harus pengembang yang tercatat di Kemen PUPR? Karena pengembang properti ini akan menjadi perantara kamu saat membeli rumah sampai dipastikan rumah tersebut akan resmi menjadi milik kamu secara resmi.

Sehingga kamu harus benar-benar memilih pengembang properti yang aman dan terpercaya. Supaya kamu bisa terhindar dari hal-hal semacam penipuan yang ujung-ujungnya bisa merugikan diri. 

Menggali Informasi Program Penawaran Rumah Secara Rinci

Sebagai informasi, dengan adanya penurunan daya beli rumah di tengah pandemi ini, para pengembang pastinya tak kehabisan ide dalam melahirkan strategi. Strategi ini bertujuan agar properti yang ditawarkan tetap dilirik konsumen. 

Oleh karena itu, kamu perlu sekali untuk bertanya dan menggali sejumlah program penawaran untuk membeli rumah. Karena para pengembang ini pasti akan menawarkan promosi yang menarik buatmu.

Contohnya, ada program penawaran rumah yang menawarkan uang DP ditanggung oleh pengembang. Maka setiap membeli satu unit rumah, pembeli akan mendapatkan bonus ataupun hadiah berupa motor atau alat elektronik dan lainnya. 

Mempertimbangkan Aspek Rumah

Untuk bisa dapat rumah sesuai yang kamu inginkan itu gak bisa sembarangan ya. Kamu harus benar-benar memerhatikan banyak aspek untuk menjamin pilihanmu yang paling sesuai dan tepat.

Adapun beberapa hal yang bisa menjadi pertimbanganmu di antaranya, aspek desain rumah yang diinginkan, lokasi yang strategis, kedekatan dengan fasilitas umum seperti terminal bus, halte, pusat perbelanjaan hingga told an lain sebagainya. 

Nah, kamu harus ingat untuk menanyakan aspek-aspek di atas. Meskipun memang tak bisa menjangkau semua fasilitas. Tapi kamu bisa pilih mana yang paling kamu butuhkan. 

Memanfaatkan Program KPR

Terakhir kamu bisa sekali memanfaatkan program Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang ada. Program ini sudah ditawarkan oleh banyak bank. Apalagi saat ini pemerintah memberikan sejumlah kemudahan seperti menurunkan suku bunga selama pandemi. Sehingga kamu bisa lebih ringan dalam membayar cicilan rumah pada setiap bulannya.

Artikel Terkait