Milenial

Cara Daftar Google Adsense Supaya Blog Lolos Review

ini dia cara daftar google adsense

Ajaib.co.id – Hampir setiap orang mulai familiar dengan AdSense. Ini merupakan layanan periklanan milik Google yang bisa diikuti oleh siapa saja. Layanan ini menawarkan bayaran tinggi sehingga membuat sebagian orang tertarik untuk mengikutinya. Lalu, bagaimana caranya untuk daftar Google AdSense?

Mendaftarkan diri pada layanan tersebut sangatlah mudah. Asalkan memiliki akun blog atau akun YouTube, setiap orang bisa membuat akun AdSense untuk menampilkan iklan dan mendapatkan uang. Bagian yang sulit ialah lolos review dari tim Google.

Pihak Google akan menyeleksi blog mana yang siap untuk menayangkan iklan. Dan inilah poin penting yang harusnya dipenuhi terlebih dahulu. Jika ini bisa dilakukan, permohonan untuk berpartner dengan Google akan segera diterima.

Persiapan yang Diperlukan Dalam Blog

Cara agar google AdSense untuk menyetujui monetasi dengan iklan yang ditampilkan dalam kontenmu sebagai blogger atau YouTuber. Kedua hal inilah yang nantinya bisa dikaitkan dengan layanan periklanan tersebut.

Di sini, kami hanya akan fokuskan pada blog/website. Blog ini akan melewati tahap review sebelum akhirnya bisa menayangkan iklan. Supaya lolos tahap review, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu persiapkan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Lengkapi Blog Dengan Halaman yang Dibutuhkan

Blog akan di review oleh tim google dengan memperhatikan banyak faktor. Salah satunya adalah kelengkapan halaman serta rapinya navigasi.

Mengenai halamannya sendiri, Kamu perlu memasang beberapa halaman. Di antara yang paling penting adalah halaman kontak, privacy policy, disclaimer, dan about.

Halaman tersebut akan memberikan kejelasan bahwa website dimiliki oleh orang yang profesional. Pemiliknya menjaga kualitas informasi. Dengan begitu, tim mengakui bahwa blog tersebut sesuai dengan kebijakan.

  • Blog Minimal Berusia 3 Bulanan

Sejauh ini, usia dari blog masih menjadi perdebatan. Nyatanya, ada yang belum sampai usia 3 bulanan sudah diterima. Tetapi, ada yang sudah melebihi usia namun sering ditolak.

Jalan tengahnya adalah memastikan bahwa blog memang sudah cukup umur. Alasannya adalah blog sudah memiliki traffic sehingga kemungkinan diterimanya akan sangat besar.

  • Kaya Akan Konten

Kamu akan sulit untuk diterima pihak Google ketika konten yang disajikan sedikit. Apalagi belum diisi sama sekali. Pada beberapa sumber menyatakan bahwa pemilik blog setidaknya sudah memiliki minimal 15 buah artikel yang aktif. Maksudnya adalah artikel yang sudah terindeks.

Bagian paling penting adalah membuat konten yang disajikan bersifat unik. Artikelnya tidak berupa konten plagiat yang didapatkan dari copy paste secara sembarangan.

Adanya konten original memungkinkan artikel lebih mudah untuk naik ke halaman google. Visitor akan mulai berdatangan. Akhirnya, ini bisa membuat tim Google tertarik untuk menerimanya.

Pada praktiknya, kamu perlu update konten secara rutin di tiap harinya. Tidak masalah jika kamu mengisinya 1 atau 2 buah perhari. Kerajinan kamu untuk menyajikan konten baru dapat membuat blog dinilai aktif dan siap untuk menayangkan iklan.

Cara Daftar Google AdSense

Apabila website atau blog sudah berumur dan navigasinya jelas, saatnya Kamu untuk mendaftar google AdSense. Nah, apa saja langkah yang dibutuhkan?

Langkahnya dimulai dengan masuk ke halaman google AdSense. Kamu cukup ketika AdSense dan masuk ke halaman utamanya. Pada tahap ini, Kamu perlu menggunakan alamat email yang aktif. Pastikan bahwa akun gmail ini sudah terhubung dengan blog.

Langkah selanjutnya adalah menekan menu sign up. Di sini, Kamu masukkan akun gmail. Setelah itu, isilah informasi yang dibutuhkan.

Informasi ini berupa alamat blog yang akan didaftarkan. Jika sudah memasukkannya, tekan ‘Yes’ lalu pilih negara Indonesia. Scroll ke bawah dan centang ‘Yes’ sebagai tanda menyetujui kebijakan Google. Baru tekan create account.

Langkah selanjutnya ialah menekan menu payment address. Isi nama kamu dengan lengkap, alamat, kode pos, dan nomor telepon aktif. Isi kolom dengan data yang valid. Pasalnya, alamat ini akan menjadi tujuan pembayaran.

Sekadar informasi saja, kamu juga akan menemukan account type. Kamu bisa mengisinya dengan tipe individual untuk pemilik blog biasa. Tetapi bila kamu menjalankannya untuk bisnis, silahkan isi tipe bisnis.

Apabila informasinya sudah diisi, tinggal submit. Tunggulah beberapa menit sampai kode dari Google diterima melalui SMS lalu isilah kode verifikasi di kolom yang disediakan

Proses selanjutnya adalah menghubungkan akun AdSense ke blog atau website dengan memasukkan kode yang diberikan Google AdSense. Paste kode tersebut ke dalam blog. Setelah itu, centang jika sudah menyalin dan memindahkannya ke dalam blog dan tekan selesai (done).

Di sini, tim google mulai mereview website. Lama review membutuhkan waktu sekitar 3 hari, tapi ada juga yang lebih dari satu bulan. Pada saat masa review, pastikan untuk rajin dalam menerbitkan artikel. Tujuannya untuk meyakinkan pihak google bahwa blog kamu memang aktif dan layak mendaparkan akses Google AdSense.

Itulah caranya untuk daftar Google AdSense. Usahakan untuk mempersiapkan blog secara matang dengan memenuhi kriteria dari Google. Dengan begitu, kamu memiliki peluang besar untuk diterima.

Artikel Terkait