Komoditas, Milenial

Bagaimana Menjadi Kaya dengan Koleksi Air Jordan?

Air Jordan bisa menjadi komoditas investasi

Ajaib.co.idSneakers kini tidak hanya dipandang sebagai produk fashion, tapi kini meluas dan dianggap sebagai barang seni yang memiliki ikatan emosional, bahkan dianggap sebagai investasi. Tidak heran jika sneakers dianggap seperti saham oleh para kolektornya. Sejak tren mode hypebeast dipopulerkan oleh berbagai brand dan public figure di seluruh dunia, sneakers mengambil peran penting di budaya ini dan perlahan-lahan menjadi barang mewah. Air Jordan dan Yeezy merupakan beberapa contoh sneakers yang dianggap sebagai investasi.

Dilansir dari wealthsimple.com, jika kamu tidak mengetahui seberapa mahalnya sebuah sepatu bisa dijual dan dibeli, kamu bisa mengeceknya secara online di situs StockX (situs yang menampilkan histori harga sepatu), mirip seperti saham, tetapi sepatu yang menjadi emitennya.

Berdasarkan situs tersebut, kamu bisa melihat daftar lima investasi sneakers terbaik dalam beberapa tahun terakhir, di antaranya Air Yeezy 2 Solar Red yang harga ritelnya hanya Rp3,6 juta kini dihargai Rp72 juta, Nike Dunk SB Low “NYC Pigeon” dari 2,9 juta menjadi 84 juta, dan Air Jordan 1 OG Chicago yang diproduksi tahun 1965 dan dijual sekitar Rp942.569 kini harganya melesat naik seharga Rp145 jutaan atau menghasilkan return lebih dari 15000%.

Hal ini membuktikan bahwa di luar sana banyak orang yang memperjual belikan sneakers dan menganggapnya sebagai investasi. Jika memang salah satu produk fashion tersebut merupakan instrumen investasi yang menguntungkan, bagaimana para sneakers enthusiast menghasilkan uang dari menjual Air Jordan, Yeezy, atau sneakers langka lainnya? Josh Luber selaku pemilik StockX dan yang mengungkapkan portofolio sneakers Mark Wahlberg senilai Rp1,4 miliar punya jawabannya.

Mereka Paham Sneakers Adalah Bisnis yang Besar

Di antara produk fashion yang lain, sepatu merupakan barang yang memiliki tingkat obsesi paling tinggi bagi masyarakat. Tingginya permintaan mendorong sejumlah untuk meningkatkan pemahaman bahwa sneakers adalah salah satu barang mewah di kalangan masyarakat luas, melalui buku, pameran, konten, hingga situs khusus.

Bisnis sneakers juga menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan bagi brand mode. Nike yang kini memiliki kapitalisasi pasar lebih dari $106 miliar menghasilkan lebih dari $55 miliar atau setara dengan Rp797 triliun di tahun 2016. Michael Jordan yang merupakan merek dagang dari Nike Air Jordan pun menghasilkan pemasukan sebesar $100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun jauh lebih tinggi dari pemasukan yang ia kumpulkan selama bermain basket di angka $94 juta atau sekitar Rp1,3 triliun.

Hal ini terjadi karena perusahaan sneakers berbeda dari perusahaan lain yang dengan kapitalisasi pasar mencapai miliaran dolar. Sneakers merupakan barang pribadi yang berbeda dari perusahaan McDonald atau oli. Koleksi sneakers menjadi salah satu medium ekspresi diri bagi kolektornya.

Sneakers Bukan Sekadar Investasi

Akibat tingginya penawaran dan permintaan ditambah dengan meningkatnya kesadaran bahwa sneakers adalah barang mewah karena dipakai oleh public figure, mulai dari Justin Bieber hingga Drake, kolektor sneakers menciptakan pasarnya sendiri dengan menjual sepatu langka dan populer di harga yang mahal.

Satu perkiraan menunjukkan bahwa penjualan sekunder di eBay menghasilkan laba hingga $60 juta atau setara dengan Rp869 juta untuk pengecer sneakers pada tahun 2013. Luar biasanya, angka tersebut merupakan seperempat dari total penjualan di tahun tersebut.

Namun perlu disadari meski menghasilkan return yang tinggi, sneakers bukan tidak ada risiko. Layaknya investasi saham atau investasi emas yang memiliki profil risiko, beberapa nilai sepatu nilainya meningkat setelah dibeli dan beberapa sepatu bahkan nilainya tidak meningkat atau jatuh. Hal ini terjadi karena volatilitas pasar sneakers sangat tinggi.

Tingginya volatilitas pasar sneakers disebabkan oleh faktor penawaran dan permintaan. Misalnya, Air Jordan Retro Travis Scott yang harga ritelnya sekitar Rp2,5 juta kini dihargai Rp19 juta, sementara Air Jordan1 Retro XQ yang pernah dijual di angka Rp57 juta rupiah kini hanya dihargai Rp25 juta. Singkatnya, harga sneakers ditentukan dari permintaan pasar dan juga ketersediaannya. Harga sebuah sneakers bisa tiba-tiba anjlok dikarenakan perusahaan sneakers tersebut memproduksi kembali sneakers dengan jumlah banyak yang menyebabkan permintaan menurun.

Beli di Harga Ritel

Menurut Luber, satu-satunya faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan dalam membeli sneakers untuk dijual kembali adalah dengan membelinya di harga ritel. Jika kamu mau memulai investasi sneakers, membeli di kolektor banyak biaya tersembunyi yang malah akan mengikis return keuntungan jika membelinya di harga kolektor, mulai dari pajak, biaya pengiriman, hingga margin yang tipis pasca pembelian.

Untuk menghindari ini, kolektor sneakers rela menunggu berjam-jam di toko ritel favorit mereka atau mengikuti undian raffle untuk mendapatkan sneakers populer atau langka di harga ritel dan menjualnya di harga kolektor di kemudian hari. Sole Collector bisa menjadi situs referensi bagi kamu yang ingin membeli sneakers model terbaru untuk dijual kembali di kemudian hari.

Beli Nike

Mengenai merek, Nike menjadi salah satu merek yang diasosiasikan dengan sneakers. Perusahaan olahraga ternama asal Oregon, Amerika Serikat tersebut menyumbang lebih dari 50% penjualan sneakers di luar harga ritel pada tahun 2013. Selain Air Jordan, Nike memiliki koleksi sneakers populer lainnya seperti Air Force 1, Air Max 1, hingga Nike Dunk SB.

Merek lain seperti Adidas juga menyumbang koleksinya di pasar sneakers, seperti Yeezy, NMD, dan Ultra Boost. Tidak hanya merek olahraga saja yang meluncurkan sneakers, merek-merek fashion ternama, mulai dari merek desainer hingga merek streetwear juga ikut meramaikan pasar sneakers dengan meluncurkan sneakers dengan harga yang fantastis. Meskipun begitu, tidak pernah ada yang protes sebuah sneakers bisa dijual dengan harga yang tidak masuk akal.

Jika kamu merasa belum mampu untuk menjadi bagian investor sneakers, tenang. Bagi kamu yang masih kolektor kecil-kecilan, kamu bisa belajar mendapat keuntungan dari produk investasi yang cocok untukmu. Untuk membeli produk investasi yang aman dan terjangkau, coba cek Ajaib yang menyediakan berbagai investasi yang berbeda-beda. Mulai dari Rp10 ribu kamu bisa investasi reksa dana dan saham tanpa minimal deposit, dijamin aman karena terdaftar dan diawasi OJK dan IDX. Ayo investasi sekarang!

Artikel Terkait