Teknologi

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Secara Online

Ajaib.co.id – Tidak bisa dipungkiri, terkadang rencana perjalanan wisata yang sudah disusun rapi sampai dengan pembelian tiket, harus berakhir begitu saja karena satu dan lain hal.

Misalkan saja pembelian tiket kereta api jarak jauh yang sudah dipesan jauh-jauh hari harus batal, dan mau tidak mau harus dilakukan pembatalan tiket.

Sebut saja kondisi pandemi Covid-19 ini yang sempat membuat beberapa perjalanan harus dibatalkan karena kondisi yang tidak menungkinkan.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk melakukan pembatalan tiket kereta api? 

Pada artikel kali ini Ajaib akan menjelaskan tata cara ataupun cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access.

KAI Access merupakan sebuah bentuk atau terobosan baru dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang memberikan fitur pembatalan tiket, perubahan schedule keberangkatan dan sebagainya secara online.

Teknologi ini sekaligus menggantikan metode lama, di mana penumpang harus memesan tiket, membeli tiket atau membatalkan tiket dengan datang langsung ke stasiun kereta api.

Dengan metode online ini, penumpang bisa dengan mudah melakukan pembatalan tiket dengan mudah dan cepat.

Namun demikian, dalam metode pembatalan baik secara langsung maupun secara online tentunya kamu tetap dipotong 25 persen dari harga.

Misalkan saja harga tiket kamu Rp100.000, setelah kamu melakukan pembatalan, refund yang kamu peroleh adalah Rp75.000.

Munculnya terobosan online melalui KAI Access membuat kamu bisa memilih akan melakukan pembatalan tiket.

Namun muncul pertanyaan, bagaimana jika tiket yang kamu beli dilakukan melalui aplikasi ecommerce seperti Traveloka, Pegipegi, Tokopedia, Bukalapak, Tiket.com, dan sebagainya? Apakah tiket yang dibeli di platform tersebut bisa dibatalkan? Tentu saja jawabannya bisa.

Namun kamu harus melakukan proses pembatalan melalui KAI Access. Simak beberapa langkah berikut:

1. Pasang aplikasi KAI Access di smartphone milikmu. Aplikasi KAI Access bisa kamu peroleh di Google Play Store, atau kamu dapatkan di laman https://apps.kereta-api.co.id/.

2. Kamu bisa masuk dalam aplikasi KAI Access kemudian kamu pilih menu My Trips, lalu pilih kode booking yang akan dibatalkan. Selanjutnya tekan tombol pembatalan.

3. Pilih minimal satu penumpang untuk melakukan pembatalan, selanjutnya centang bagian atau kolom syarat dan ketentuan selanjutnya mulai proses pembatatalan lalu klik lanjut.

4. Masukkan nomor rekening bank kamu untuk pengembalian dana pembelian tiket kamu.

5. Selanjutnya pada halaman konfirmasi akan muncul sebagai tampilan review dari pembatalan tiket kamu, kamu tinggal melakukan cek pada review tersebut. Jika sudah benar, klik konfirmasi dan lanjutkan. Maka otomatis tiket kamu sudah dibatalkan.

Adapun syarat dan ketentuan dalam melakukan pembatalan tiket kereta api adalah :

1. Kamu merupakan salah satu dari calon penumpang yang memiliki tiket dan sudah terdaftar melalui aplikasi KAI Access, serta menggunakan akun KAI Access sebagai pemohon pembatalan.

2. Pembatalan tiket kereta api bisa dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan, selanjutnya tiket yang kamu miliki sudah terbayarkan. Jika tiket yang kamu miliki sudah tercetak kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan, maka selanjutnya pembatalan hanya dapat dilakukan melalui loket stasiun yang melayani.

3. Kemudian, pembelian tiket yang dilakukan via channel lain, dapat kamu batalkan secara online via KAI Access, adapun caranya adalah dengan melakukan input kode booking pada menu “My Trips”, kemudian, kamu sebagai pemilik akun harus melakukan pembatalan tiket.

4. Pembatalan yang kamu lakukan kemudian akan dikenakan biaya potongan atau administrasi sebesar 25 persen dari tarif kereta api yang kamu batalkan.

5. Selanjutnya pengembalian sisa harga tiket akan dilakukan maksimal 30 hari kerja sampai dengan 45 hari kerja setelah pembatalan melalu transfer atau nontunai dilakukan ke rekening bank kamu.

6. Namun, jika pada hari ke-45 uang pembatalan belum masuk ke rekening kamu, atau terjadi gagal transfer dibuktikan dengan SMS gagal transfer dari KAI, selanjutnya beberapa hal ini bisa kamu lakukan, antara lain :

a.    Datang langsung ke Customer Service on Station (CSOS), terdekat dari lokasi kamu saat ini.

b.    Melakukan pencetakan dan memperlihatkan bukti pembatalan dari aplikasi KAI Access kepada staf KAI yang bertugas.

c.    Selanjutnya, kamu tinggal memperlihatkan SMS gagal transfer tersebut dan kemudian, menunjukkan identitas asli kamu kepada petugas.

d.    Selanjutnya, kamu sebagai penumpang akan mendapatkan refund tiket kamu secara tunai.

7.    Namun demikian, jika pembatalan tiket kereta api lebih dari satu, maka kamu bisa melakukan refund secara tunai dengan menjadi wakil dari pemilik tiket-tiket tersebut di salah satu stasiun terdekat dengan lokasi kamu berada dengan menunjukkan identitas asli kamu.

8.    Jika refund diwakilkan, maka kamu harus membawa identitas salah satu dari penumpang tersebut, kemudian surat kuasa bermaterai dimana tercantum bukti pembatalan kepada pihak yang diberi kuasa untuk mengambil refund tunai.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalani prosedur pembatalan tiket kereta api secara online. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait