Milenial

Ingin Jadi Atlet Indonesia? Ini Tips dari Bambang Pamungkas

Atlet Indonesia
Atlet Indonesia

Ajaib.co.id – Bambang Pamungkas atau biasanya disapa BEPE adalah seorang atlet Indonesia terkenal yang banyak menghabiskan karirnya di klub Persija. Seperti diketahui, Bambang Pamungkas hingga saat ini sukses meraih rekor alias satu-satunya sebagai penyerang tertajam yang pernah dimiliki timnas Indonesia dengan torehan 38 gol dari 86 penampilannya di ajang internasional.

Bahkan, torehan gol yang berhasil diciptakan oleh Bambang Pamungkas ini lebih baik dibanding pemain-pemain timnas lainnya seperti Gareth Bale (Wales) dan Radamel Falcao (Kolombia). Setelah Bambang Pamungkas memilih gantung sepatu pada 2019 lalu, hal ini tentunya suatu kehilangan yang besar bagi sepak bola nasional.

Selain dianggap sebagai panutan di atas lapangan, sosok pemain yang identik dengan nomor punggung 20 ini juga sangat disegani oleh para pemain lainnya baik itu di lapangan maupun di luar lapangan. Ada banyak orang yang menggemari Bambang Pamungkas salah satunya karena perjuangannya menjadi putra Indonesia yang membanggakan.

Sebagai atlet Indonesia yang memiliki nama besar, Bambang Pamungkas tentunya memiliki penghasilan yang dinilai fantastis untuk seorang atlet. Namanya digadang-gadang masuk ke dalam daftar atlet Indonesia terkaya dan sejajar dengan atlet-atlet lainnya dari cabang olahraga yang berbeda seperti Taufik Hidayat (bulutangkis) dan Chris John (Tinju). Bahkan pada 2019, kekayaan Bambang Pamungkas mencapai Rp 72 miliar.

Sumber Kekayaan Bambang Pamungkas

Mungkin hal ini menjadi inspirasi bagi banyak orang. Tak hanya menjadi yang terbaik untuk Indonesia, menjadi atlet juga memiliki nasib yang menjanjikan. Apalagi tak hanya dikenal secara nasional saja tetapi juga kancah dunia. Mungkin kamu penasaran sebenarnya apa saja sumber kekayaan dari pemain satu ini?

1.    Endorsement

Sebagai public figure yang banyak dikenal oleh publik, tak jarang para perusahaan yang menjadikan dirinya sebagai bintang iklan maupun brand ambassador seperti AIA, Biskuat, KukuBima, Nivea Men, dan Brodo.

2.    Mentoring

Kehebatannya dalam mencetak gol sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh karenanya, ia ingin menciptakan Bambang Pamungkas lainnya dengan memberikan pelatihan berdasarkan pengalamannya selama berkarir dalam dunia sepak bola melalui kegiatan mentoring di sekolah-sekolah bola yang ada di Indonesia.

3.    Merchandise

Sosok Bambang Pamungkas bisa kita sejajarkan dengan atlet dunia seperti Valentino Rossi, bila kamu suka menonton pertandingan Persija di televisi. Pastinya, kamu sering melihat ada banyak sekali jersey Persija yang dibeli oleh The Jak Mania (suporter Persija) bertuliskan nama Bambang Pamungkas. Hal ini merupakan bukti bahwa merchandise terkait Bambang Pamungkas laku keras di pasaran.

Ia pun memiliki bisnis merchandise sendiri dengan brand TS3, merupakan singkatan dari Tetap Semangat Sukses Selalu yang menjual berbagai kebutuhan fashion seperti kaos, hoodie, sweater, dan berbagai produk fashion lainnya.

4.    Royalti Buku

 Kisah perjalanan karir Bambang Pamungkas juga diangkat dalam sebuah buku berjudul “BEPE20 Ketika Jari Jemariku Menari” dan “BEPE20 PRIDE”. Melalui kedua buku ini Bambang Pamungkas banyak bercerita tentang karirnya dari nol hingga menjadi seorang atlet Indonesia terkenal seperti saat ini.

5.    Youtube

Di akhir-akhir karirnya sebagai pemain sepak bola di Persija, Bambang Pamungkas sudah mulai terlihat aktif sebagai Youtuber melalui akun Youtube BEPE20 miliknya. Dalam channel Youtube-nya, jenis video konten yang dibawakan oleh Bambang Pamungkas seperti kuliner dan sebagainya. Hingga saat ini, akun Youtube BEPE20 telah memiliki lebih dari 50,000 subscriber.

Kelima hal di atas adalah sumber pendapatan yang didapatkan oleh Bambang Pamungkas pada 2019 dan memiliki kekayaan hingga Rp 72 miliar menurut TopRichest. Tak lama setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, manajemen Persija langsung mengangkat Bambang Pamungkas sebagai Manajer Persija hingga saat ini.

Tips Sukses Ala Bambang Pamungkas

Dalam buku yang diterbitkan oleh Bambang Pamungkas berjudul “BEPE20 PRIDE”, setidaknya kita bisa banyak belajar bagaimana cara menjadi seorang pemain sepak bola sukses seperti Bambang Pamungkas dengan menerapkan tips-tips. Dalam dunia sepak bola, kita harus saling menghargai pemain lainnya dan tidak mengenal adanya perbedaan usia, ras, agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial.

Sebagai pemain sepak bola, kita memiliki tanggung jawab kepada karir, keluarga, dan juga masa depan sepak bola itu sendiri. Sepak bola tidak boleh sedikitpun dicampur oleh kepentingan politik, golongan, dan pribadi. Sebab, hal itu akan menghilangkan aspek sportifitas dalam dunia olahraga.

Selain itu, atlet juga diharapkan menjaga harkat dan martabat sebagai pemain sepak bola baik itu secara pribadi maupun mewakili klub.  Sepanjang karirnya, Bambang Pamungkas selalu membela kesetaraan dalam sepak bola di mana hal ini menyangkut gaji, kebebasan untuk berbicara dan membela timnas.

Kelima tips di atas adalah contoh sukses yang telah dilakukan oleh seorang Bambang Pamungkas sepanjang karirnya sebagai pemain sepak bola profesional. Bukan hanya itu saja, bila kamu ingin menjadi seorang atlet Indonesia, kamu juga perlu menyiapkan mental dan fisikmu sebaik mungkin.

Dengan mempersiapkan dirimu melalui cara-cara menjadi atlet juara dunia. Pertama, terus mengasah kemampuan percuma saja bila kamu memiliki bakat dan kemampuan tetapi tidak kamu tekuni secara konsisten. Di mana, tentunya hal ini akan membuat kamu sulit untuk berprestasi.

Berikutnya tekun latihan, sebagai calon atlet Indonesia berprestasi kamu perlu memiliki jadwal latihan yang rutin dan dilakukan secara konsisten setiap waktu. Sosok atlet juga harus disiplin. Kedisiplinan dalam hal waktu, dan juga menuruti seluruh nasihat pelatih dan tim terkait makanan yang boleh dikonsumsi, serta jam tidur menjadi bentuk tanggung jawab dan kedisiplinan dari seorang atlet agar bisa menorehkan sebuah prestasi.

Tak lupa kamu harus fokus dengan apa yang telah kamu targetkan sebelumnya dan tidak terpengaruh dengan hal-hal lainnya yang bisa memadamkan semangatmu saat akan bertanding. Terakhir jangan lupa bahagia. Rasa senang dapat memicu seseorang untuk melakukan hal yang lebih baik dibanding orang lain pada umumnya. Bila kamu senang dalam menjalani profesi sebagai atlet, tentunya kamu tidak akan keberatan bila harus melakukan latihan rutin setiap harinya dengan jadwal yang padat sekalipun.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib sampaikan terkait tips sukses menjadi atlet Indonesia berprestasi layaknya Bambang Pamungkas. Kunci sukses menjadi atlet berprestasi adalah disiplin, konsisten, dan pantang menyerah. Karena pada dasarnya, tidak ada atlet yang dianggap terbaik di dunia ini, melainkan hanya ada atlet yang lebih baik dan lebih siap dalam mempersiapkan fisik dan mentalnya untuk menyambut pertandingan yang sesungguhnya.

Artikel Terkait