Milenial

Simak 7 Tips Membeli Mobil secara Online, Jangan Sampai Tertipu

Membeli Mobil secara Online

Ajaib.co.id – Mobil merupakan alat transportasi yang nyaman dan memiliki pasarnya tersendiri. Mengingat mobil kini menjadi kebutuhan tidak hanya untuk keluarga, tapi juga untuk melakukan kegiatan usaha.

Maka dari itu banyak orang yang melakukan pencarian, baik membeli mobil secara online maupun datang langsung ke toko. Di era digital ini, membeli mobil secara online bukanlah hal yang aneh.

Banyak orang memangkas waktu dan tenaga dalam melakukan berbagai hal, termasuk memanfaatkan kecanggihan internet untuk membeli mobil secara online.

Membeli mobil secara online juga mengubah pola hidup masyarakat yang sebelumnya membeli mobil secara langsung, saat ini beralih ke transaksi online.

Selain membeli mobil yang dilakukan secara online, masyarakat kini juga mulai terbiasa melakukan beragam pembelian barang-barang penting dengan harga mahal secara online.

Misalkan saja pembelian smartphone, sepeda motor atau bahkan telepon pintar. Maka dari itu dalam jual beli online dibutuhkan kepercayaan antara penjual dan pembeli.

Lalu, bagaimana agar membeli mobil secara online bisa berlangsung dengan aman dan nyaman? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai pertimbangan kala ingin membeli mobil secara online, antara lain :

1.   Cek kelayakan situs jual beli mobil online

Situs jual beli mobil online yang tersedia saat ini tentunya tidak hanya satu. Ada banyak situs jual beli mobil online yang bisa kamu temui di internet. Maka dari itu, kamu jangan langsung percaya dengan jual beli yang ditawarkan.

Kamu bisa melakukan identifikasi terhadap situs jual mobil tempat kamu ingin membeli mobil dengan cara online. Kamu bisa melihat apakah situs tersebut merupakan domain gratis atau berbayar.

Lihat kolom copywrite pada situs jual beli mobil online untuk memastikan situs tersebut benar dan bukan penipuan ataupun situs abal-abal.

2.   Memperhatikan kelengkapan identitas penjual

Ketika kamu mengunjungi salah satu situs jual mobil, kamu tentunya akan melihat ada banyak nama penjual yang muncul.

Jika kamu menemukan satu mobil yang sesuai dengan keinginan kamu, maka ada baiknya jika kamu melihat informasi terkait dengan nama penjual, identitas, lama bergabung dan lain sebagainya.

Beberapa situs juga menampilkan penjual yang telah terverifikasi. Akun yang telah terverifikasi meminimalisir penipuan.

3.   Menghubungi penjual mobil

Untuk memastikan bahwa informasi yang tertera dalam situs iklan jual beli adalah informasi yang valid, maka kamu harus menghubungi kontak yang tertera tersebut.

Kamu bisa langsung menghubungi penjual dan menanyakan apakah mobil yang kamu inginkan masih ada dan tersedia. Kemudian tanyakan kebenaran harga dan kelengkapan dokumen kendaraan.

Jika ada salah satu dokumen yang tidak lengkap, ada baiknya kamu berpikir lagi untuk membeli kendaraan tersebut, dan mencari pilihan mobil lain.

4.   Cek kondisi kendaraan secara langsung

Setelah memastikan harga dan kelengkapan. Kamu bisa langsung datang dan mengecek kondisi kendaraan secara langsung, terkait dengan kesesuaian model yang ada dalam foto.

Kamu bisa meneliti dengan detail dan cermat. Namun jika kamu tidak mengerti mesin, ada baiknya jika kamu mengajak salah seorang mekanik yang kamu percaya.

5.   Lakukan test drive

Jika kendaraan bagus di luar, belum tentu kendaraan tersebut juga bagus di dalam. Kami bisa mulai mencoba test drive untuk mengetahui performa mobil yang kamu pilih sebenarnya.

Dalam melakukan test drive, kamu tentunya harus menyesuaikan mobil dengan kesesuaian dan kenyamanan kamu.

Jika sebuah mobil memiliki tampilan yang bagus di luar, belum tentu juga memiliki kondisi mesin yang bagus pula. Untuk mengetahui performa mobil kamu, lakukan kelayakan jalan.

Jika memang performanya sesuai dengan deskripsi, kamu bisa langsung ke tahap negosiasi. Namun jika tidak, ada baiknya jika kamu berpikir ulang dan mengunjungi dealer lain.

6.   Negosiasi

Setelah beberapa hal sudah kamu pertimbangkan dalam membeli mobil dengan secara online, maka kamu bisa memulai cara negosiasi. Sebagai informasi, harga mobil yang ditampilkan dalam situs jual beli mobil online tentunya tidaklah baku dan masih bisa dinegosiasikan.

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu melakukan negosisasi terkait dengan harga mobil yang kamu sukai tersebut.

Dengan begitu maka kamu akan memperoleh harga terbaik dari mobil impian kamu, terutama jika kamu bisa memanfaatkan peluang penjual mobil yang ingin segera menjual mobilnya dengan cepat.

7.   Memilih metode pembayaran

Membeli mobil dengan secara online saat ini sangat mudah. Kamu bisa mendapatkan beragam jenis pembayaran mobil yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Misalkan saja dengan cara tunai dan kredit.

Kamu bisa menyesuaikan kondisi keuangan kamu dalam melakukan pembelian secara tunai dan kredit. Kamu juga bisa melakukan cicilan dengan tingkat suku bunga yang bervariasi untuk memiliki mobil impian.

Namun demikan dalam melakukan pembelian mobil secara online kamu tentunya harus lebih berhati-hati dalam hal transaksi.

Ketika kamu melakukan transaksi tentunya ada saja oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kelemahan kamu, seperti mobil dengan harga yang tidak manusiawi dan juga penggelapan uang.

Maka dari itu, lebih cermat dan teliti sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara online.

Artikel Terkait