Bisnis & Kerja Sampingan

10 Tips Ini Akan Membuat Bisnis Fashion Kamu Sukses

Bisnis Fashion

Ajaib.co.id – Memulai bisnis fashion tidak hanya mengandalkan bakat dalam merancang atau mendesain sebuah pakaian. Itu tidak secara otomatis membuat kamu menjadi pebisnis fashion yang sukses.

Banyak perancang busana yang memulai bisnis dengan membuat beberapa kesalahan dan akhirnya menutup toko mereka. 

Sebagai desainer pakaian yang ahli, kamu mungkin bisa membuat desain yang luar biasa. Tetapi untuk menjualnya, kamu perlu mempelajari beberapa keterampilan bisnis juga.

Sebagian besar bisnis gagal hanya karena mereka tidak mematuhi beberapa hal mendasar yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan dengan sukses.

Jika kamu tidak memiliki atau sedikit pengalaman dalam menjalankan bisnis, ada baiknya perhatikan 10 tips penting berikut ini untuk membuat bisnis fashion kamu sukses. 

1. Kenali Bidang Keahlian (Niche) Kamu dengan Baik

Pertama, tentukan bidang keahlian kamu dalam industri fashion. Misalnya, jika kamu memiliki pengalaman membuat desain tas, fokuskan terlebih dahulu hanya pada penjualan barang-barang ini.

Demikian pula, jika kamu ahli dalam desain kaos, mulailah bisnis percetakan kaos dengan desain yang kamu buat.

Hindari memasarkan barang-barang pakaian dan busana yang belum kamu desain sebelumnya saat memulai bisnis fashion. Karena kemungkinan kamu yang harus mendesain sendiri sebagian besar produknya pada awal mendirikan bisnis.

2. Identifikasi Pelanggan yang Menjadi Target Kamu

Banyak usaha gagal karena mereka tidak tahu banyak tentang pelanggan yang menjadi targetnya. Hindari membuat kesalahan ini.

Pelajari target konsumenmu, mulai dari latar belakang sosial, keuangan, pendidikan, dan lainnya. Informasi ini akan membantu kamu dalam mendesain dan memproduksi pakaian, memasarkan produk, juga menentukan harga, sehingga sesuai pilihan dan kebutuhan pelangganmu.

Misalnya, jika kamu mengidentifikasi remaja sebagai target konsumenmu, maka kamu harus membuat item fashion dengan warna, tren, dan bahan yang sesuai selera remaja.

3. Mengatur Manajemen Keuangan yang Tepat

Menurut sebuah studi oleh bank di Amerika 82% dari bisnis kecil gagal karena manajemen keuangan mereka. Kurangnya pendanaan yang jelas merupakan salah satu alasan banyak bisnis tutup lebih awal tanpa menyadari potensi mereka.

Ketika memulai bisnis, perhitungkanlah dengan matang berapa anggaran yang kamu butuhkan untuk mengatur dan menjalankan perusahaan kamu.

Tuliskan semua pengeluaran penting kamu seperti pembayaran gaji karyawan, pembelian perabot dan peralatan kantor, bahan baku dan persediaan lainnya, ongkos kirim, dsb.

Jangan lupa pengeluaran yang kamu butuhkan untuk membuat materi pemasaran seperti kartu nama yang akan dbagikan kepada klien kamu.

Sisihkan sebagian dana untuk memenuhi pengeluaran yang tidak terduga. Karena perusahaan kamu mungkin tidak dapat menghasilkan keuntungan dengan cepat, atau bisa jadi beberapa pelanggan kamu juga menunda pembayaran.

4. Tetapkan Harga yang Tepat

Pastikan harga barang pakaian kamu sesuai dengan pasar dan pelanggan yang menjadi target kamu. Jadi kamu butuh riset tentang berapa harga yang tepat untuk produk pakaian kamu.

Misalnya target market kamu adalah pelajar, pastikan harga yang kamu terapkan pada produk pakaian kamu sesuai dengan isi kantong mereka.

Tentunya kamu juga harus memperhitungkan biaya produksi yang sudah kamu keluarkan.

5. Buat Logo Bisnis yang Berkesan

Pelanggan potensial kamu akan mendapatkan kesan pertama tentang bisnis fashion milikmu dengan melihat logo perusahaan kamu. Logo bukan hanya simbol bisnis perusahaan, tetapi juga merupakan tanda identitas.

Logo yang dirancang secara profesional memiliki kekuatan untuk mengarahkan pelanggan. Ini karena orang bereaksi secara emosional terhadap warna, tipografi, tagline, elemen gambar dll.  

Logo tergantung pada jenis produk pakaiaan yang dibuat dan dijual. Logo yang dirancang dengan baik menyampaikan pesan merek perusahaan.

Jadi, buatlah desain logo kamu dengan mempertimbangkan warna, tipografi, tagline, elemen gambar, dll, yang sesuai dengan pesan bisnis yang ingin kamu sampaikan.

6. Penting Untuk Memilki Website dan Media Sosial

Persyaratan utama lain untuk memulai sebuah bisnis pakaian dengan sukses adalah memilki sebuah website toko online. Sebagian besar konsumen saat ini mencari produk fashion secara online.

Situs website toko online kamu harus memberikan informasi kepada konsumen secara jelas, seperti produk atau layanan fashion, harga, gambar produk, deskripsi produk, dan informasi kontak dll. 

Buatlah toko online yang ramah pengguna (user friendly), agar mereka nyaman berkunjung ke toko online kamu.

Pikirkan membangun strategi pemasaran media sosial juga. Konsumen potensial kamu saat ini ada di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Peran media sosial saat ini sangatlah tinggi, terutama untuk produk yang terlihat bentuk fisiknya. Karena banyak orang saat ini melihat tampilan sebuah produk melalui media sosial.

Jika kamu dapat memaksimalkan foto produkmu di media sosial, kemungkinan akan berpengaruh dalam mendatangkan calon pelanggan.

7. Temukan Mitra Bisnis

Cara untuk menjalankan bisnis kamu dengan lancar adalah menemukan seseorang yang dapat bekerja berdampingan dengan kamu. Dengan kata lain, temukan mitra bisnis yang dapat berbagi beban menjalankan perusahaan.

Mitra kamu harus memiliki pengalaman dalam bisnis di bidang fashion. Temukan seseorang yang bisa kamu percayai untuk membangun bisnis bersama.

8. Bangun Merekmu

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk menarik pelanggan yang loyal adalah membangun merek fashion kamu. Kamu perlu mencurahkan banyak waktu untuk latihan membangun merek fashionmu.

Bisnis menjadi merek besar ketika orang mulai mempercayai produk atau layanannya. Sebarkan kabar tentang produk fashion perusahaan kamu dengan menggunakan semua platform.

Bicaralah dengan klien secara pribadi tentang usaha kamu dan ceritakan keunikan produkmu dari usaha serupa lainnya di pasar.

9. Buat Strategi Pemasaran

Kamu tidak dapat berharap untuk mulai menjual pakaian tanpa terlebih dahulu memiliki strategi pemasaran yang baik. Bisnis fashion kamu akan sangat tergantung pada rencana kamu untuk menjangkau target pelanggan.

Untuk membuat rencana pemasaran, pertimbangkan untuk menjelajahi semua platform, baik itu offline maupun online.

10. Belajar dari Kesalahan dengan Cepat

Kamu mungkin akan melakukan beberapa kesalahan saat memulai peluang bisnis. Belajarlah dari kesalahan itu dengan cepat dan jangan ulangi.

Jika beberapa strategi bisnis kamu tidak membuahkan hasil, maka abaikan dan buat rencana baru. Seorang yang mampu belajar dengan cepat akan selalu berada di depan pesaing mereka di pasar.

Demikianlah 10 hal penting yang harus kamu cermati dalam membangun bisnis fashion. Jika kamu serius untuk menjalankan usaha fashion tentu 10 hal tersebut bisa menjadi landasan untuk membangun bisnis kamu.

Banyak bisnis yang mungkin akan sama dengan yang kamu milki, akan tetapi kamu akan menjadi salah satu yang terdepan jika mampu membangun landasan bisnis dengan benar.

Artikel Terkait