Perencanaan Keuangan

Tabungan Digital Ala Milenial Serta Jenis-jenisnya

tabungan digital

Ajaib.co.id – Apa sih maksud dari tabungan digital dan apa saja jenisnya? Bagi kamu yang belum memahaminya, yuk simak ulasan berikut ini agar kamu juga bisa mencobanya.

Pernakah kamu mendengar “hemat pangkal kaya” saat masih muda? Lalu, para orangtua atau guru akan mengajarkan cara menabung di kaleng atau celengan yang berbentuk binatang (kebanyakan ayam) dan memasukkan koin satu per satu.

Menabung adalah hal yang diajarkan sejak dini, dari orangtua atau lingkungan sekolah. Dari masa ke masa, cara kita menabung kian berubah. Dari yang lebih tradisional hingga yang lebih modern.

Jika kamu pernah merasakan menabung di celengan dengan uang koin saat masih kecil, mungkin sekarang kamu menyimpan uang tabunganmu di rekening atau tabungan digital, sesuai dengan kebutuhan dan kenyamananmu.

Tabungan digital saat ini juga berhubungan dengan pengalaman banking secara digital, banyak cara untuk menabung yang dapat kamu lakukan. Dan keamanan yang terjamin juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki.

Di dalam satu genggaman dan satu aplikasi, kamu dapat mewujudkan tabungan digital yang terpercaya. Dan memulainya dengan mudah setelah mengunduh aplikasi tersebut.

Menabung berarti memiliki tujuan tersendiri, entah itu untuk memiliki barang atau menikmati hari tua. Kamu harus memiliki tujuan saat menabung dan jangan menabung tanpa tujuan, karena nantinya tabunganmu tidak memiliki arti saat uangnya telah terkumpul.

Ini dia, lima jenis tabungan digital ala milenial yang bisa kamu lakukan atau pilih sesuai dengan keinginanmu.

1. Tabungan Impian

Memulai menabung dengan tujuan adalah langkah pertama yang harus kamu pilih. Menentukan tujuan menabung berarti memberimu arah dan tujuan selama proses menabung berlangsung.

Salah satu jenis tabungan impian adalah jenis menabung dengan cara menyisihkan penghasilan sedikit demi sedikit untuk mencapai tujuan finansial tertentu.

Misalkan, jika kamu ingin memiliki rumah impian dan ingin mengumpulkan biaya muka pembayaran, maka mulailah dengan merencanakan tabungan untuk masa yang akan mendatang.

Memiliki tabungan impian adalah cara terbaik untukmu yang memiliki cita-cita besar di jangka waktu tertentu. Bahkan dengan cara ini, kamu dapat mengatur keuanganmu dengan lebih mudah dan tertata setiap bulannya.

2. Dana Darurat

Memiliki dana darurat di dalam genggamanmu adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan untuk menjaga keadaan finansialmu tetap stabil, sewaktu-waktu ada keadaan darurat yang membutuhkan banyak biaya.

Bahkan jika kamu kehilangan pekerjaanmu, memiliki dana darurat berarti menjamin kehidupan tanpa pekerjaanmu lebih terjamin dan biaya pengeluaran yang dapat ditutupi oleh dana darurat yang sudah kamu tabung.

Pastikan untuk memilih aplikasi yang memiliki layanan untuk mengumpulkan dana darurat dalam satu rekening atau aplikasi, jangan biarkan dana darurat berada di aplikasi yang berbeda yang akan membuatmu ribet saat sedang membutuhkannya.

3. Dana Pensiun

Mungkin bagi kebanyakan orang akan terdengar aneh untuk memiliki dana pensiun di saat usia muda, namun di usia mudalah yang tepat untuk mulai menabung untuk dana pensiun, apalagi jika kamu bekerja di perusahaan swasta.

Dana pensiun sering diabaikan bagi kebanyakan orang dan dianggap tidak terlalu penting, namun buktinya, banyak orang di usia lanjut, tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Dengan dana pensiun yang kamu mulai seawal mungkin, kamu dapat dengan mudah untuk hidup di usia lanjut usia dengan keadaan finansial yang stabil dan tertata. Jangan dengarkan orang-orang yang berkata jika dana pensiun tidak terlalu penting, justru jadikan prioritas yang wajib kamu lakukan.

4. Reksa Dana

Jika kamu memutuskan untuk menabung di rekening bank yang sama dengan rekening pemasukanmu, mungkin sudah saatnya kamu memikirkan untuk berinvestasi. Di dalam investasi, kamu dapat menumbuhkan tabunganmu seiring waktu,

Menabung berarti menginginkan uang secara utuh dalam beberapa tahun ke depan atau di saat jangka waktu tabunganmu telah terpenuhi, namun apa salahnya jika tabunganmu malah memiliki nilai yang lebih dari seharusnya?

Salah satu investasi yang cocok untuk pemula adalah investasi reksa dana. Di investasi reksa dana, kamu hanya perlu setor dengan jumlah tertentu setiap bulannya, dan jangan khawatir jika ada naik-turun pasar, karena dapat dipastikan jika kamu tidak akan rugi jika kamu tetap konsisten untuk berinvestasi di reksa dana.

5. Saham

Salah satu tabungan digital yang dapat menambah nilai uangmu adalah berinvestasi di pasar saham. Kamu dapat membeli saham sedikit demi sedikit untuk memilikinya dalam jangka waktu panjang, dan menjualnya saat harganya sedang naik.

Atau, kamu juga dapat trading saham dengan cepat, ini cocok untuk jangka waktu investasi yang pendek. Kamu ingin pengalaman menabungmu secara digital tidak hanya berhenti pada satu variasi saja.

Maka, kamu harus mencoba untuk menginvestasikan uangmu secerdik mungkin dan sepintar mungkin. Karena dengan investasi, kamu dapat melipatgandakan uangmu atau setidakmnya mendapatkan return yang bagus.

Apakah kamu percaya jika semua jenis menabung di atas berada di dalam satu aplikasi? Semua jenis tabungan digital di atas bisa kamu jelajahi dan gunakan dalam satu aplikasi yaitu aplikasi Ajaib.

Di Ajaib, kamu bisa berinvestasi dengan cara yang berbeda. Mulai dari reksa dana hingga trading saham. Dengan fitur-fitur yang diberikan dalam satu aplikasi, kamu akan mendapatkan keuntungan dan informasi terkini tentang dunia saham.

Tenang saja, Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi pengalaman investasi sekaligus menabungmu menjadi sangat aman dan nyaman. Kamu dapat mengunduh aplikasi Ajaib di Play Store untuk smartphone Android dan App Store untuk smarphone iOS.

Dengan kemudahan berinvestasi di Ajaib, kamu tidak akan menyesal untuk menabung sekaligus berinvestasi di sana. Jadi, selamat mencoba dan selamat berinvestas! Semangat!

Artikel Terkait