Bisnis & Kerja Sampingan

Ilmu Bisnis dari McDonald’s Ini Bisa Ditiru Agar Bisa Sukses

ilmu bisnis mcdonald's

Ajaib.co.id – Ingin bisnismu sukses? Kamu bisa belajar ilmu bisnis dari McDonald’s yang sudah terbukti kesuksesannya, termasuk McDonald’s Indonesia. Ayo belajar dari mereka!

Meski masih kecil-kecilan, bisnismu terus berkembang, keuntungan terus meningkat. Namun bukan berarti kamu berhenti belajar. Bersyukur harus, tetapi jangan pernah berpuas diri dan berhenti. Dunia terus berubah dan senantiasa berdampak pada iklim bisnis. Bisa jadi saat ini bisnismu sukses, di lain waktu bisa jadi merugi.

Belajar bisnis bisa dari mana saja. Lebih baik lagi bila kamu belajar dari bisnis-bisnis yang sudah lama sukses, misalnya McDonald’s. Ilmu bisnis dari McDonald pasti ada yang bisa kamu terapkan pada bisnismu.

Ilmu bisnis dari McDonald’s pun sebenarnya sering kita dengar dari kesuksesan siapa pun juga di bidang bisnis. Lihat juga bagaimana bisnis McDonald Indonesia mencapai kesuksesan yang sama. Lalu apa ilmu bisnis dari McDonald’s yang bisa kita petik?

Restoran Berpendapatan Tertinggi di Dunia

Tahukah kamu bahwa restoran makanan cepat saji McDonald’s yang terlihat sangat modern itu sudah sangat lama berdiri. Di bawah payung McDonald’s Corporation, perusahaan ini sudah berdiri sejak 1940 di San Bernardino, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah pemilik nama McDonald itu sendiri, yakni Richard McDonald dan Maurice McDonald.

Saat ini, McDonald’s yang berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat, sudah memiliki lebih dari 37.000 restoran di seluruh dunia. Pendapatan McDonald’s mencapai miliaran dolar dengan lebih dari 200.000 karyawan.

McDonald’s mulai masuk ke Indonesia pada 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin, yang kini sudah ditutup. PT Rekso Nasional Food memperoleh izin dari McDonald’s International Property Company (MIPCO) untuk membuka restoran-restoran baru dengan brand McDonald’s di seluruh Indonesia. Di Indonesia, kini sudah ada lebih dari 200 gerai McDonald’s dengan didukung 14.000 karyawan.

Kunci Sukses Bisnis McDonald’s

Pernahkah kamu merasa penasaran, bagaimana mulanya suatu bisnis dapat berkembang dengan sangat pesat, bahkan hingga tersebar ke seluruh dunia? Mungkinkah bisnis yang kamu jalankan saat ini juga bisa mencapai kesuksesan yang sama? Tidak ada yang tidak mungkin selama kita selalu berusaha, cermat membaca peluang, dan tidak takut mengambil risiko.

Bukan berarti bisnis kita harus berkembang sama persis dengan McDonald’s, tetapi setidaknya kita bisa memetik ilmu bisnis dari McDonald yang dapat diterapkan ke bisnis kita. Berikut ilmu bisnis dan kunci sukses McDonald’s hingga mampu berkembang seperti saat ini:

Tetap Konsisten

Apa pengalaman yang kamu dapatkan ketika berkunjung dan makan di McDonald’s? Kamu akan mendapati restoran yang bersih, pelayanan yang ramah dan cekatan, menu yang lezat, plus bisa duduk-duduk mengobrol ditemani internet cepat. Kapan pun kamu berkunjung, kamu akan menemui pengalaman yang sama. Pengalaman itulah yang membuatmu tak pernah bosan datang lagi ke McDonald’s.

Itulah pentingnya konsistensi dalam bisnis. Pelanggan akan datang lagi dan lagi karena sudah menaruh kepercayaan, bahwa mereka akan mendapatkan produk atau layanan terbaik. Sekali pelanggan dikecewakan, belum tentu mereka bersedia kembali lagi, dan kesan buruk pun akan terus melekat pada bisnismu.

Jangan Remehkan Visi Besar

Jangan pernah takut bermimpi setinggi-tingginya untuk bisnismu. Mimpi besar akan membuatmu tetap bersemangat dan pantang menyerah. Tuangkan visi-visi besarmu dalam perencanaan yang matang. Demikian juga yang dilakukan Ray Kroc, sosok yang membesarkan McDonald’s hingga ke seluruh dunia.

Ia melihat peluang yang baik dari bisnis McDonald’s dan yakin bahwa restoran ini bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang. Ia lantas membeli saham McDonald’s dari pemilik awalnya. Lihat yang terjadi sekarang, mimpinya menjadi kenyataan, bukan?

Gigih dan Pantang Menyerah

Perjalanan mengembangkan bisnis tidak akan selamanya berjalan dengan mulus. Begitu juga yang dialami Ray Kroc selama membesarkan McDonald’s. Ia bahkan harus kerap berbeda pendapat dengan sesama rekannya. Rekan-rekannya kala itu cepat berpuas diri. Namun Ray Kroc tidak berhenti di situ. Ia terus bergerak dan berinovasi.

Begitu juga ketika kita menjalankan bisnis. Jika ingin bisnis terus berkembang, jangan pernah puas dengan satu keberhasilan yang kamu capai. Terus kembangkan bisnismu dengan merambah jangkauan penjualan, variasi produk atau layanan, dan lain-lain.

Risiko Adalah Bagian dari Perkembangan

Tidak ada pebisnis sukses yang lepas dari risiko. Semua keputusan dan inovasi besar selalu diiringi risiko yang besar pula. Selama bertahun-tahun, McDonald’s terus berinovasi dengan menu-menunya, termasuk menu-menu yang hanya ada di negara tertentu.

Dari yang hanya menjual hamburger, McDonald’s menambahkan pula cheese burger, kentang goreng, aneka minuman, termasuk paket-paket khusus. Menu-menu baru pun pernah mengalami kegagalan, misalnya McLobster dan McPizza di sejumlah negara. Namun itu bukan berarti McDonald’s lalu berhenti. Lebih banyak lagi inovasi menu mereka yang menuai sukses besar.

Mencintai Apa yang Kamu Lakukan

Tujuan bisnis yang utama memang memperoleh pendapatan dan meraih keuntungan setinggi-tingginya. Namun bukan berarti pebisnis sukses hanya bekerja demi uang. Jika kita hanya melakukan sesuatu demi uang, pada akhirnya kita tidak akan mendapatkan apa-apa karena sebenarnya lebih banyak sesuatu yang jauh bernilai daripada uang.

Demikian juga cara Ray Kroc menjalankan bisnisnya. Ray Kroc sendiri berpendapat dan telah membuktikan bahwa kesuksesan bisnis akan tercapai jika kita menyukai apa yang kita lakukan dan mengutamakan pelanggan.

Uang adalah ukuran keberhasilan yang berwujud dan anggaplah itu bonus dan memang sesuatu yang sewajarnya mengikuti kerja keras. Sementara keberhasilan dalam wujud lain bisa jadi justru berpengaruh bagi hidup kita untuk seterusnya, dan mengarahkan kita pada keberhasilan-keberhasilan berikutnya.

Artikel Terkait