Banking

Mastercard Syariah Platinum, Produk Juara CIMB Niaga Syariah

cimb niaga syariah

Ajaib.co.id – Salah satu produk keuangan CIMB Niaga Syariah berupa kartu kredit dengan prinsip syariah bisa menjadi pilihan,yakni Mastercard Syariah Platinum. Seperti apa produk ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Keberadaan kartu kredit kini perkembangannya terus meningkat khususnya bagi masyarakat urban yang mulai jarang menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran.

Mereka lebih memilih menggunakan kartu debit dan kartu kredit sebagai alat pembayaran untuk membeli makan di restoran, membeli pakaian, membayar tiket nonton bioskop, dan masih banyak lainnya.

Selain sebagai solusi menjelang akhir bulan dengan pembayaran tagihan yang dapat diangsur, kartu kredit seolah menjadi gaya hidup. Akan tetapi, bagi kamu yang menerapkan produk keuangan dengan sistem syariah, kartu kredit bukanlah hal yang cocok untuk digunakan. Mengingat, produk keuangan ini menggunakan sistem bunga yang masuk ke dalam istilah riba pada penggunaanya.

Hal ini yang coba dimanfaatkan CIMB Niaga Syariah untuk mengeluarkan salah satu produk keuangan berupa kartu kredit dengan hukum syariah. Menurut data State of the Global Islamic Economy pada tahun 2017 hingga 2018, pangsa pasar Muslim mencatatkan kontribusi pengeluaran keuangan global di tahun 2016 yang mencapai 2,006 miliar USD.

Hal ini jelas menjadi peluang bagi bank syariah, salah satunya CIMB Niaga Syariah untuk mendapatkan nasabah muslim dengan hukum syariah. Lewat produk keuangan berupa kartu kredit dengan nama CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum.

CIMB Niaga Mastercard Syariah Platinum

Produk keuangan berupa kartu kredit dari CIMB Niaga Syariah ini diperuntukkan bagi nasabah yang ingin memiliki kartu kredit dengan hukum syariah.

Salah satu produk kartu kredit syariah pertama di Indonesia, kamu harus memiliki pekerjaan dengan penghasilan setidaknya Rp7.500.000 per bulan. Setiap transaksi yang dilakukan dengan Mastercard Syariah Platinum ini akan menerapkan prinsip syariah.

Prinsip syariah yang dimaksud adala Akad Kafalah atau penjaminan, Ijarah atau pembiayaan jasa, serta Qardh atau pinjam meminjam. Istilah bunga yang diterapkan oleh kartu kredit pada umumnya digantikan dengan kafalah fee.

Yang mana, kafalah fee adalah biaya fasilitas penjaminan bagi pemegang kartu terhadap Merchant di setiap kewajiban pembayaran atas transaksi dengan menggunakan kartu.

Kafalah fee yang ditetapkan pada setiap kartu kredit biasanya dipengaruhi oleh jumlah limit yang diterima oleh pemegang kartu. Semakin tinggi limit dari pemegang kartu, maka kafalah fee yang harus dibayarkan juga semakin besar. CIMB Niaga Syariah sendiri menyediakan limit kartu kredit pada Niaga Mastercard Syariah Platinum hingga Rp1 miliar.

Selain itu, kafalah fee yang ditetapkan oleh bank juga berdasarkan kesepakatan biaya di awal antara bank dan calon nasabah. Kafalah fee ini juga didukung dengan kemudahan bagi pemegang kartu melalui mekanisme rebate yaitu apresiasi yang diberikan pihak bank atas kepatuhan membayar pemegang kartu secara full sebelum jatuh tempo atas transaksi penggunaan kartu sebelumnya.

Apresiasi ini berupa pengurangan jumlah kafalah fee atas kepemilikan kartu kredit CIMB Niaga Syariah. Nah, selain menerapkan prinsip syariah, keuntungan dari kartu kredit Mastercard Syariah Platinium dari CIMB Niaga Syariah ini juga masih banyak. Kamu bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.

Pemegang Kartu Dibebaskan Iuran Tahunan serta Cicilan Tetap

Setiap pemegang kartu kredit apapun akan dibebankan biaya atau iuran tahunan. Hal ini tidak dibebankan oleh setiap nasabah kartu kredit CIMB Niaga Syariah.

Setiap nasabah yang memiliki kartu kredit tidak akan dibebankan biaya tahunan alias gratis selama menjadi pemegang kartu. Selain itu, kamu juga bisa bertransaksi dan berbelanja dengan menggunakan fasilitas cicilan tetap. Kamu bisa memilih jangka waktu pembayaran dengan angsuran 3, 6, 12, sampai 36 bulan tanpa adanya skema beban bunga di setiap cicilannya.

Tambahan Cashback hingga 5% Setiap Bulan

Salah satu keuntungan yang ingin didapat saat bertransaksi menggunakan kartu kredit adalah cashback. Hal ini yang akan kamu dapat saat bertransaksi menggunakan Mastercard Syariah Platinum dari CIMB Niaga Syariah. Cashback yang akan didapat ini diatur berdasarkan ketentuan berikut

  1. Transaksi minimal Rp500.000-Rp1.000.000 mendapatkan cashback sebesar 1%.
  2. Transaksi melebihi Rp1.000.000-Rp2.000.000 mendapatkan cashback sebesar 2,5%.
  3. Transaksi melebihi Rp2.000.000-Rp3.000.000 mendapatkan cashback sebesar 3,5%.
  4. Transaksi melebihi Rp3.000.000 mendapatkan cashback sebesar 5%.
  5. Maksimal dari cashback yang diterima ini adalah Rp150.000 per bulan dan per kartu utama yang dimiliki.

Fasilitas Transaksi Tarik Tunai

Kartu kredit Mastercard Syariah Platinum dari CIMB Niaga Syariah ini juga dilengkapi dengan fasilitas transaksi berupa tarik tunai melalui ATM CIMB dan bank lain berlogo Mastercard atau Cirrus di seluruh dunia.

Fasilitas Poin XTRA

Keuntungan lain dari transaksi menggunakan kartu kredit ini adalah raihan poin yang bisa kamu kumpulkan dari setiap transaksi dengan kelipatan Rp5.000 dan ditukarkan hadiah menarik. Berikut ketentuannya:

  • 1 Poin Xtra untuk setiap transaksi kartu kredit Mastercard Syariah Platinum.
  • 1 Poin Xtra untuk setiap transaksi kartu kredit CIMB Niaga Infinite Preferred.
  • 2 Poin Xtra untuk setiap transaksi kartu kredit CIMB Niaga World.
  • 9 Poin Xtra untuk setiap transaksi kartu kredit CIMB Niaga Ultimate.

Transaksi ini tidak berlaku pada tarik tunai, transfer balance, cashback, katalog, cash plus, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan atau membership.

Mendapatkan Nilai Tukar Kompetitif

Keuntungan ini akan kamu dapatkan pada transaksi dengan perbandingan mata uang asing. Biasanya bagi kamu yang melangsungkan ibadah haji dan umroh sehingga transaksi dan berbelanja di luar negeri akan lebih hemat,

Fasilitas Perlindungan Diri berupa Asuransi

Keuntungan lainnya yang akan didapat ketika menjadi pemegang kartu kredit CIMB Niaga Syariah adalah fasilitas asuransi. Asuransi yang didapat ini digunakan sebagai proteksi diri, perlindungan jiwa atas kecelakaan, perlindungan pembelian, biaya perbaikan dan penggantian peralatan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan yang menerapkan prinsip syariah, kartu kredit Mastercard Syariah Platinum dari CIMB Niaga Syariah ini bisa menjadi pilihan. Tentunya dengan banyaknya keuntungan yang akan kamu dapatkan. Akan tetapi, penggunaan kartu kredit ini sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dulu.

Kamu juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan berupa tabungan dan investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu gunakan. Salah satu instrumen investasi yang dimaksud adalah investasi reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi khususnya pada reksa dana. Dengan menggunakan Ajaib, kamu bisa menemukan jenis reksa dana mana yang cocok dan sesuai kebutuhan seperti reksa dana pasar uang, reksa pendapatan tetap, reksa dana saham, dan jenis reksa dana lainnya.

Tentunya dengan nilai reksa dana yang menghasilkan keuntungan besar dan risiko turun yang rendah. Kini kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti biaya pernikahan, membuka usaha atau bisnis, membeli kendaraan, dan kebutuhan lainnya dengan berinvestasi di aplikasi Ajaib.

Yuk, download aplikasinya di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait