Asuransi & BPJS

Asuransi Mobil Terbaik 2020 dan Jenisnya, Mana yang Cocok?

Asuransi Mobil Terbaik

Ajaib.co.id – Seberapa penting mobil bagi kamu? Apakah hanya sekedar alat transportasi saja? Jika mobil yang kamu miliki itu sangat penting bagimu, maka tentu perawatan saja tidaklah cukup. Apalagi saat mengendarai mobil tersebut di jalanan, mungkin kamu merasa membawanya cukup hati-hati.

Tapi bagaimana dengan pengendara lainnya? Mereka belum tentu melakukan hal yang sama sehingga bisa saja mobilmu tertabrak atau kecelakaan. Untuk membetulkan mobilmu pasti butuh biaya yang tidak sedikit, maka asuransi mobil terbaik bisa melindungi kamu dan kendaraanmu.

Dengan adanya perlindungan asuransi tersebut akan membantu kamu meminimalkan kerugian secara finansial yang dialami saat terjadi situasi yang tidak diharapkan. Tapi kan harus bayar premi! Itu sudah pasti, tapi coba pikirkan manfaat yang akan kamu terima. Nilainya akan sebanding ketimbang kamu tidak punya asuransi mobil sama sekali.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum paham tentang ini. Bahkan, terkadang asuransi yang didapatkan ketika membeli mobil baru biasanya asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang telah bekerja sama dengan perusahaan mobil tersebut. Karena itulah banyak pemilik mobil yang belum paham betul apa saja manfaat dan keunggulan dari asuransi kendaraan yang mereka dapatkan.

Alangkah baiknya perusahaan mobil atau leasing untuk memberikan penawaran dan juga pilihan asuransi kepada pemilik mobil baru. Ini sangat penting mengingat mobil termasuk aset yang cukup menguras kantong saat membelinya dan juga perawatannya. Jadi, untuk menjaga aset tidak berkurang nilainya dan dapat memberikan perlindungan, memiliki asuransi mobil terbaik adalah salah satu caranya.

Jenis Asuransi Mobil

Sebelum memilih asuransi yang terbaik untuk mobil kamu, ketahui dulu jenis-jenis asuransi mobil yang ada sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya ada dua jenis asuransi mobil, yaitu all risk dan total lost only (TLO). Memang bedanya apa? Berikut ini penjelasannya.

1.    Asuransi Mobil All Risk

Untuk jenis asuransi mobil all risk, pihak perusahaan asuransi akan membayarkan klaim terhadap segala jenis kerusakan yang dialami mobil kamu, baik itu kerusakan ringan hingga berat, bahkan kehilangan. Dengan premi yang dibayarkan secara rutin sesuai kontrak yang tercantum dalam polis asuransinya, kamu akan menerima seluruh program proteksi terhadap mobil milikmu.

Soal tarif preminya sendiri berbeda-beda tiap perusahaan, maka sebelum menentukan jenis asuransi sebaiknya kamu sudah tahu dengan jelas mengenai kewajiban dan besaran biaya asuransinya.

2.    Asuransi Mobil Total Lost Only (TLO)

Manfaat dari jenis asuransi TLO ini hanya menanggung kerugian yang nilainya diperkirakan sama atau lebih dari 75% dari harga mobil. Apabila terjadi kerusakan ringan yang kerugiannya di bawah 75%, pihak asuransi tidak akan menanggungnya.

Kenapa 75%? Nilai tersebut merupakan patokan sebagai asumsi jika kerusakan yang dialami pada mobil membuat mobil tersebut tidak lagi bisa digunakan. Contohnya, jika suatu waktu mobilmu dicuri ketika sedang terparkir, asuransi mobil TLO akan menanggung kerugian biayanya. Akan tetapi, jika mobil hanya tergores karena terserempet dan kerugiannya dipastikan kurang dari 75% dari harga mobil, maka kamu tidak akan menerima ganti rugi.

Apabila ingin jaminan secara menyeluruh, biaya premi asuransi mobil all risk jelas lebih mahal dibandingkan asuransi TLO. Jika kamu menginginkan perlindungan yang lengkap terhadap mobilmu, asuransi mobil all risk pilihan terbaiknya. Namun, kalau kamu merasa tidak mampu membayar lebih dan ingin berhemat, asuransi TLO saja sudah cukup tapi dengan catatan kamu harus berhati-hati dalam berkendara jika tak ingin mobilmu terlihat lecet.

Pilihan Asuransi Mobil Terbaik

Selanjutnya setelah kamu tahu secara jelas mana jenis asuransi yang sesuai kebutuhanmu, berikut ini ada rekomendasi asuransi mobil terbaik untuk dipertimbangkan.

1.    Garda Oto

Di peringkat pertama ada asuransi mobil Garda Oto. Asuransi ini memberikan kemudahan dalam penggunaan layanan lebih maju daripada asuransi lainnya. Bahkan, kamu tidak perlu datang langsung ke kantor atau cabang Garda Oto untuk pembelian hingga proses pembayaran polisnya. Karena kini hampir semua asuransi mobil dapat diakses dengan mudah secara online melalui aplikasi di smartphone kamu.

Aplikasi Garda Mobile Otocare memungkinkan pemakainya memantau kondisi mobilnya, serta proses klaimnya yang mudah dari berbagai akses. Untuk pengajuan klaimnya bisa melalui aplikasi, Garda akses 24 jam ke nomor 15000112, situs resmi Garda Oto, sampai unit pelayanan strategis yang ada di area pusat perbelanjaan.

2.    Jasaraharja Putera

Perusahaan asuransi yang sudah ada sejak 1993 ini menawarkan lima produk unggulannya, yakni JP-Astor, JP-Bonding, JP-Aspri, JP-Graha, dan JP-Asked. Pilihan terbaik untuk perlindungan terhadap mobilmu, JP-Astor bisa jadi andalan karena sudah menjamin semua risiko kerugian yang pertanggungannya meliputi All Risk dan TLO tadi.

Jasaraharja Putera juga menyediakan jaminan tambahan untuk para pemegang polis kendaraannya, seperti jaminan saat terkena bencana (banjir, gempa bumi, tanah longsor, badai topan), sabotase, huru-hara, kecelakaan pengemudi, kecelakaan penumpang, dan jaminan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga. Untuk informasi lanjut, bisa kamu dapatkan di website resminya.

3.    Sinarmas

Ada tiga pilihan jenis perlindungan yang ditawarkan asuransi mobil Sinarmas, di antaranya gabungan dan TPL, TPL dan TLO, atau hanya TPL saja. Jenis asuransi gabungan menjamin kerugian karena terjadinya kecelakaan, tindakan kriminal, kebakaran, akibat pengangkutan, hingga penarikan ke bengkel atau tempat lain.

Sementara TPL memberikan jaminan tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga, biaya pengobatan, cedera badan, dan kematian. Lalu untuk TLO risiko jaminannya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu masih ada Allianz MobilKu, dan juga Autocillin Auto Insurance yang bisa dilihat di website resminya. Jadi, sudah tahu kan pentingnya memiliki asuransi mobil terbaik sebagai perlindungan bagi salah satu aset kamu.

Artikel Terkait