Bisnis & Kerja Sampingan

Definisi Akuntansi Syariah, Sudah Tahu?

Definisi akuntansi syariah punya perbedaan dengan akuntansi konvensiona yang meliputi perbedaan prinsip dasar, tujuan hingga standar implementasi.

Ajaib.co.id – Kamu pasti sering mendengar kata akuntansi, tapi mungkin sulit untuk menerangkan definisi akuntansi dalam kata-kata sederhana. Yang jelas: pokoknya hitung-hitungan deh! Akuntansi pasti menjadi bagian dari setiap bentuk usaha, ada di setiap perusahaan, tapi nggak semua orang menguasainya karena hanya sebagian individu dengan bakat kognitif tertentu saja yang punya kemampuan dan passion pekerjaan ini.

Selain akuntansi konvensional, ada pula akuntansi syariah yang memiliki prinsip-prinsip dasar sedikit berbeda. Definisi akuntansi Syariah diwarnai prinsip moral keagamaan, dalam hal ini agama Islam. Untuk mengetahui lebih dalam tentang keduanya, yuk telusuri artikel Ajaib ini.

Prinsip Syariah Mewarnai Definisi Akuntansi

Dalam keberlangsungan ilmu akuntansi, terutama di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya adalah muslim, akuntansi syariah memiliki peran penting. Ikatan akuntan Indonesia (IAI) telah, merancang standar akuntansi keuangan syariah, dan mendasarkan aturan baku yang mengatur pengoperasiannya pada fatwa Majelis Ulama Indonesia.

Memang sulit pada awalnya untuk menerima gagasan bahwa ilmu akuntansi dihubungkan dengan prinsip agama, karena para akuntan yang telah menempuh pendidikan formal sepakat bahwa akuntansi adalah ilmu yang universal dan objektif.

Namun faktanya, saat menjalankan suatu bisnis yang menerapkan akuntansi syariah, masyarakat Islam menjalankan bisnis dibawah prinsip dan asumsi yang sedikit berbeda, dan memiliki cara yang lebih peduli terhadap pelanggan, karyawan dan kompetitor.

Dengan telah digunakannya sistem kerja tersebut oleh beberapa bank internasional terkemuka, kini akuntansi syariah sudah diterima dengan baik di seluruh dunia.

Definisi Akuntansi Menurut Keputusan Menteri Keuangan

Melalui Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 476 KMK 01 tahun 1991, Menteri Keuangan RI juga memberikan definisi atas akuntansi, yaitu: suatu proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan memberikan laporan terhadap suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi, untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut, yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Definisi Akuntansi Menurut American Accounting Association (AAA)

Sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang riset, pengembangan serta pengajaran akuntansi di Amerika Serikat, American Accounting Association (AAA) menetapkan definisi akuntansi secara umum sebagai: proses identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi pengguna informasi tersebut.

Mirip dengan definisi dari Menteri Keuangan RI, dalam pengertian ini akuntansi berfungsi sebagai alat analisa data atau transaksi keuangan yang berguna untuk proses pengambilan keputusan untuk kepentingan penggunanya.

Contoh Perbedaan Prinsip Syariah

Lalu dimana letak titik pembeda akuntansi syariah dari akuntansi konvensional? Jawabannya adalah: tujuannya. Tujuan akuntansi syariah berbeda dari akuntansi konvensional, yang terlihat dalam 2 perihal ini:

1.   Sifat transaksi bank-bank syariah berbeda dari bank konvensional, sehingga menerapkan kerangka syariah.

2.   Kebutuhan para pengguna informasi yang dihasilkan oleh lembaga keuangan Islam berbeda dengan kebutuhan para pengguna informasi yang dihasilkan oleh lembaga keuangan konvensional.

Definisi Akuntansi Syariah

Banyak pakar keuangan yang telah memberikan pendapat profesionalnya mengenai definisi akuntansi syariah. Tapi, definisi akuntansi syariah secara umum adalah: proses akuntansi yang dalam siklus maupun pencatatan bagi transaksi-transaksi syariahnya seperti murabahah, musyarakah, mudharabah dan lainnya didasarkan pada prinsip-prinsip syariah.

Prinsip Akuntansi Syariah

Akuntansi syariah memiliki beberapa prinsip dasar yang membedakan prakteknya dengan akuntansi konvensional, yaitu:

1.   Prinsip pertanggungjawaban

Prinsip pertanggungjawaban merupakan salah satu bentuk implementasi, karena dasar yang digunakan dalam akuntansi syariah adalah ilmu syariah dimana setiap hal yang dilakukan oleh setiap individu harus dipertanggungjawabkan.

Dalam bentuk nyatanya, penting untuk seorang pebisnis harus mempertanggungjawabkan transaksi yang dilakukannya, salah satunya melalui laporan keuangan atau laporan akuntansi yang dibuat akuntan secara sistematis.

2.   Prinsip keadilan

Prinsip keadilan di dalam akuntansi syariah adalah keadilan fundamental yang berkaitan dengan nilai etika dan praktek moral kejujuran, yang merupakan faktor dominan dalam upaya mencegah informasi akuntansi dalam jurnal/laporan keuangan bersifat menyesatkan dan merugikan masyarakat.

3.   Prinsip Kebenaran

Prinsip kebenaran akan menciptakan keadilan dalam mengakui, mengukur dan melaporkan transaksi-transaksi ekonomi secara berkesinambungan dengan prinsip keadilan.

Perbandingan Perbedaan Akuntansi Syariah dengan Akuntansi Konvensional

Akuntansi syariah memiliki perbedaan mendasar dari akuntansi konvensional dalam hal menyampaikan informasi itu dibagikan. Jika akuntansi konvensional hanya memberikan informasi pilihan (selected information) saja, maka akuntansi syariah menyediakan semua informasi secara jelas dan gamblang kepada prospek, baik itu informasi yang baik maupun yang buruk.

Perbedaan lainnya yaitu:

a.   Dalam akuntansi konvensional, aktiva terbagi menjadi aktiva tetap dan aktiva lancar. Sedangkan dalam akuntansi syariah, harta pokok terbagi menjadi harta uang (cash) dan harta barang (stock), selanjutnya barang terbagi menjadi barang milik dan barang dagang.

b.  Dalam akuntansi syariah, mata uang seperti emas, perak, dan barang lain yang sama kedudukannya, bukanlah tujuan, melainkan hanya perantara untuk pengukuran dan penentuan nilai atau harga.

c.   Akuntansi konvensional mempraktekan teori pencadangan, kecermatan dalam menanggung kerugian, serta mengesampingkan potensi laba. Sedangkan akuntansi syariah sangat memperhatikan hal-hal tersebut, dengan cara penentuan nilai/harga berdasarkan nilai tukar yang berlaku, serta membentuk cadangan untuk potensi resiko.

d.  Akuntansi konvensional mengimplementasikan prinsip laba universal yang mencakup laba dagang, modal pokok, transaksi, dan uang dari sumber yang bersifat haram. Sementara akuntansi syariah membedakan antara laba yang berasal dari aktivitas pokok, dan laba yang berasal dari modal pokok.

Laba yang berasal dari transaksi pun wajib menjelaskan sumber yang haram jika ada, dan berusaha menghindari atau menyalurkan ke kanal yang sesuai ketentuan para ulama. Laba yang berasal dari sumber yang haram tidak boleh dibagikan kepada mitra usaha atau dicampurkan pada pokok modal.

e.   Dalam akuntansi konvensional, laba hanya ada ketika ada jual-beli. Sedangkan dalam akuntansi syariah, laba akan ada ketika adanya perkembangan dan pertambahan pada nilai barang, baik yang telah terjual maupun yang belum, namun hanya bisa dibagikan saat jual-beli terjadi, sebagai suatu parameter wajib untuk menyatakan laba.

Jenis-jenis Akuntansi Menurut Fungsinya

Kalau akuntansi konvensional dan akuntansi syariah merupakan 2 kategori besar penggolongan akuntansi menurut prinsip dasarnya, berikut ini adalah penggolongan menurut fungsinya:

a.   Akuntansi Keuangan (General Accounting)

Merupakan akuntansi yang umum dikenal masyarakat.

b.  Akuntansi Perbankan

Pencatatan yang dilakukan berada di lingkup perbankan. 

c.   Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Merupakan akuntansi yang mengelola biaya perusahaan.

d.  Akuntansi Audit (Auditing)

Merupakan akuntansi yang bertugas melakukan audit.

e.   Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi yang mencakup kegiatan manajemen perusahaan.

f.    Akuntansi Pajak

Akuntansi yang meliputi perhitungan pajak.

Itu dia definisi akuntansi yang berhasil dirangkum redaksi Ajaib, rumit, namun itulah dia, akuntansi adalah seni. Pilih jenis akuntansi yang paling sesuai dengan bisnis usahamu, agar fungsinya dapat memberikan manfaat yang terbaik.

Tentunnya tak hanya artikel mengenai definisi akuntansi saja yang bisa kamu baca di blog Ajaib. Ayo baca artikel lainnya mengenai seluk beluk keuangan dan gaya hidup di blog Ajaib.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena telah mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Artikel Terkait