Milenial

Sosial Media dan Manfaatnya yang Akan Mengubah Hidupmu

sosial media

Ajaib.co.id – Kehidupanmu saat ini tidak bisa lepas dari sosial media. Bisa dikatakan jejaring sosial sudah menjadi hiburan pertama yang banyak orang manfaatkan untuk melepaskan penat. Mungkin kamu adalah salah seorang yang hidupnya tidak bisa dipisahkan dari jejaring sosial.

Ada orang-orang yang tidak memiliki sosial media karena alasan tertentu. Bisa jadi karena mereka beranggapan bahwa memiliki jejaring sosial itu toxic karena jadi cenderung pamer. Atau main media sosial itu buang-buang waktu. Atau jejaring sosial bisa membuat stres karena bisa memicu cyber bullying.

Terlepas dari itu, sebenarnya sosial media memiliki banyak manfaat yang bisa mengubah hidupmu. Di bawah ini adalah manfaat jejaring sosial yang patut kamu perhitungkan.

Bisa Berkenalan dengan Orang Lain yang Punya Hobi Sama

Misalnya kamu hobi bersepeda, sementara itu teman-teman kerjamu tidak ada yang hobi bersepeda, kamu pasti akan merasa kesepian. Namun, hal itu bisa kamu atasi dengan mencari komunitas mereka yang senang bersepeda di jejaring sosial.

Kamu mungkin akan menemukan komunitas yang berada di dekat domisilimu. Tinggal memanfaatkan kata kunci dan mesin pencarian, kamu pasti akan dengan mudah menemukannya.

Akan sangat menyenangkan jika kamu bertemu dengan mereka yang memiliki hobi yang sama. Mengobrol akan lebih nyambung. Kamu pun bisa mengisi waktu luangmu bersama dengan mereka. Dan yang terpenting koneksimu makin luas.

Membangun Toko Online Paling Efektif

Jika kamu ingin membangun usaha, sosial media adalah tempat paling efektif untuk membangun bisnismu. Kamu tidak perlu menyewa toko fisik lagi karena jangkauan jejaring sosial itu cukup luas.

Kamu akan lebih mudah mencari calon pelanggan karena pengguna jejaring sosial pun ada yang mencari barang yang diinginkannya di sana. Jika kamu ingin membangun bisnis, sekarang jadi lebih mudah karena jejaring sosial mana pun sudah memiliki fiturnya.

Selain itu biaya promosi yang dikeluarkan pun bisa ditekan. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan kampanye produknya. Hal itu karena banyak orang Indonesia yang menggunakan internet dalam kesehariannya.

Tempat Personal Branding

Saat ini profesi sebagai influencer cukup digandrungi karena kamu hanya memanfaatkan jejaring sosial untuk menunjukkan eksistensimu. Misalnya, jika kamu senang menggambar, kamu bisa memposting karyamu di media sosial. Dari sana kamu bisa mempromosikan diri tanpa perlu keluar uang.

Jika kamu senang menulis, kamu juga bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk mempromosikan tulisan-tulisanmu. Ketika followers-mu bertambah banyak, kamu bisa membuka kesempatan untuk orang lain melakukan promosi di akun media sosialmu. Dari sini saja kamu bisa mendapatkan penghasilan

Media Belajar Hal yang Disukai

Sosial media bisa kamu jadikan tempat belajar yang efektif. Misalnya saja kamu ingin belajar bahasa asing, kamu akan mudah mendapatkan materi pembelajaran bahasa asing itu. Sekarang banyak sekali akun jejaring sosial yang memberikan materi belajar secara cuma-cuma. Kamu bisa memanfaatkan hal yang mudah didapatkan ini.

Lalu, jika kamu ingin belajar memasak, kamu juga bisa memanfaatkan Youtube untuk menonton video-video tutorial memasak. Tidak hanya resep, mereka juga secara sukarela membagikan bagaimana caranya tahapan memasak.

Kamu akan mudah menemukan berbagai macam resep. Pokoknya media sosial saat ini bukan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Justru banyak manfaat di dalamnya jika memang kita mengharapkan manfaat itu.

Mendapatkan informasi paling update

Media sosial pun bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi berita paling cepat. Misalnya kamu ingin tahu saat ini di mana saja lokasi banjir di Jakarta, kamu akan mudah menemukannya. Informasi dari netizen biasanya akan sangat cepat. Kecepatannya tidak ada yang mengalahkan. Hanya saja agar tidak kemakan sama hoaks, kamu harus bisa memilih akun jejaring sosial yang kredibel yang hanya menyampaikan berita yang benar.

Saat ini kecepatan informasi di media sosial masih belum bisa dikalahkan oleh berita yang dimunculkan di televisi atau di koran.

Mencari Seseorang yang Sudah Lama Tidak Ditemui

Jika kamu berpisah selama bertahun-tahun dengan sanak saudara atau teman, kamu bisa mencarinya dengan bantuan jejaring sosial. Jangan meremehkan kekuatan jejaring sosial karena dengan bantuan orang-orang yang menyebarkan informasi itu, pesan darimu bisa jadi akan sampai ke orang yang kamu tuju.

Sudah banyak cerita tentang mereka yang mencari sanak saudara, keluarga, dan temannya yang hilang, akhirnya bisa ditemukan.

Menemukan Sesuatu yang Diinginkan

Kamu akan lebih mudah menemukan barang yang diinginkan dan di mana membelinya melalui jejaring sosial. Misalnya saja ketika kamu ingin membeli baju hangat untuk di musim dingin dengan kata kunci tertentu, kamu akan mudah menemukan toko yang menjualnya. Lalu, kamu ingin mencari seorang MUA handal untuk hari pernikahanmu, kamu juga akan mudah menemukannya di sosial media.

Jika kamu adalah seorang pencari kerja, kamu sangat beruntung karena banyak perusahaan yang menyebarkan lowongan kerjanya melalui media sosial. Kamu akan langsung terhubung pada orang yang tepat. Jadi, jangan patah semangat sampai kamu menemukan tempat yang seharusnya.

Tidak mengherankan jika jejaring sosial memiliki tempat yang spesial bagi banyak orang karena manfaatnya pun banyak. Untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan, amankan sosial mediamu dari serangan dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Selain itu bijaklah dalam bermain di jejaring sosial. Gunakan jejaring sosial sebagai sesuatu yang akan mengubah hidupmu, bukan malah membuatmu tambah pusing. Pilihannya memang hanya ada di tanganmu.

Artikel Terkait