Milenial

Kelebihan YouTube Premium, Cek Dulu Sebelum Langganan

youtube premium

Ajaib.co.id – Kelebihan YouTube Premium adalah bisa menikmati konten tanpa iklan, memutar video background play, dan akses ke YouTube Music Premium. Apa hanya itu? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Siapa sih yang gak tau YouTube? Platform pemutar streaming video milik Google yang dikenal di seluruh dunia ini memang tak pernah berhenti berinovasi.

Belasan tahun beroperasi, YouTube akhirnya meluncurkan YouTube Premium, yang dulunya bernama YouTube Red, sebuah layanan spesial berbayar bagi kamu yang ingin mengakses berbagai konten dengan berbagai kelebihan yang tentunya berbeda dengan pengguna YouTube reguler.

Apa saja kelebihan YouTube Premium? Apakah layak dicoba? Cek dulu sebelum langganan lewat daftar yang sudah dirangkum redaksi Ajaib di bawah ini.

Kelebihan YouTube Premium

Tanpa Iklan

Salah satu hal yang mungkin mengganggu pengguna YouTube reguler adalah keberadaan iklan yang bisa muncul di awal, tengah, atau akhir video. Beberapa jenis iklan tidak bisa di-skip sehingga penonton harus sabar menonton iklan sebelum menonton video yang ingin ditonton. Ada juga jenis iklan yang menutupi 20% layar sehingga mengganggu kenyamanan menonton konten dari kreator favorit.

Kalau kamu langganan YouTube Premium, beberapa jenis iklan yang biasanya kamu lihat akan hilang: iklan overlay video, iklan banner, dan iklan penelusuran.

Kamu mungkin masih akan terpapar branding atau promosi dalam video kreator dan link promosi, galeri, dan fitur yang diaktifkan kreator. Biasanya, link ini berisi ajakan untuk mengunjungi situs, beli merchandise, ajakan subscribe, penjualan tiket acara, dan tidak menutup kemungkinan juga link ke brand yang mereka endorse.

Cukup melegakan sih buat yang pengen banget nonton video favorit tanpa gangguan iklan yang menutupi layar atau memotong konten.

Memutar Video dan Lagu di Latar Belakang

Pernahkah kamu ada di kondisi sedang memutar video klip musisi favoritmu di YouTube reguler namun di saat yang bersamaan harus membalas chat penting sehingga video yang sedang kamu tonton tertutup?

Nah, YouTube Premium punya kelebihan bisa memutar video dan lagu favorit kamu di latar belakang (background play). Jadi kamu bisa multitasking: menonton video atau mendengarkan musik sambil membuka aplikasi lain di perangkat pintarmu!

Akses ke YouTube Music Premium

Seiring perkembangannya, YouTube tidak hanya dijadikan sebagai tempat menonton video, tapi juga mendengarkan musik, dibuktikan dengan banyaknya musisi yang melejit namanya berkat YouTube. Memahami hal itu, YouTube akhirnya meluncurkan YouTube Music lewat aplikasi yang berbeda dengan YouTube.

Kalau kamu langganan YouTube Premium, semua fitur YouTube Music Premium juga bisa diakses seperti bebas iklan, offline, dan background play. Tak hanya itu, YouTube Music Premium juga bisa memutar video klip musisi kesayangannmu.

Punya Fitur Download

Terkadang kita ada di kondisi tidak bisa menonton video secara online karena keterbatasan koneksi seperti dalam penerbangan. Selain itu, ada beberapa jenis video yang lebih baik diunduh terlebih dulu agar lebih nyaman ditonton. Jika kamu berlangganan YouTube Premium, ada fitur download di YouTube atau YouTube Music, bisa diakses kapan saja di mana saja.

Nonton Konten Eksklusif di YouTube Originals

Jika kamu berlangganan YouTube Premium, kamu bisa mendapatkan fitur bebas iklan, akses ke semua episode dalam serial YouTube Originals bahkan saat ditayangkan perdana, fitur download konten YouTube Originals, dan akses eksklusif ke konten bonus seperti directors cut dan adegan ekstra.

Kamu bisa melihat konten YouTube Originals untuk pelanggan YouTube Premium dengan melihat badge YouTube Premium di bawah video. YouTube Originals sebetulnya bisa ditonton tanpa langganan YouTube premium, namun aksesnya sangat terbatas, hanya episode tertentu dalam jangka waktu yang pendek, dan tentunya kamu akan melihat iklan.

Beberapa serial yang ada di YouTube Originals adalah The Age of A.I, dokumenter ilmiah yang dipandu oleh Robert Downey Jr., Coachella: 20 Years in the Desert, Justin Bieber: Seasons, TWICE: Seize the Light, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Biaya Langganan YouTube Premium

YouTube Premium bisa kamu nikmati dengan membayar Rp59 ribu, diperbarui per bulan. Selain itu, ada juga paket keluarga dan paket pelajar yang menawarkan harga yang lebih ekonomis. Paket keluarga bisa diaktifkan seharga Rp89 ribu per bulan untuk 5 anggota keluarga.

Syarat keluarga dalam paket ini adalah tinggal di satu alamat KTP, berusia lebih dari 13 tahun, dan menunjuk satu orang sebagai manajer keluarga (orang yang melakukan pembelian paket keluarga dan mengatur aturan grup).

Paket pelajar bisa dibeli dengan harga Rp34.990 per bulan untuk pelajar yang memenuhi persyaratan dan verifikasi dari SheerID. Hanya pelajar dari sekolah yang terdaftar di SheerID yang bisa mengakses paket pelajar YouTube Premium.

Pembayaran YouTube Premium bisa dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit VISA/MasterCard atau potong pulsa kartu prabayar.

Cara Berlangganan YouTube Premium

Kamu bisa langganan YouTube Premium lewat desktop maupun aplikasi smartphone. Jika kamu malu melakukan aktivasi di desktop, klik YouTube Premiumdi daftar navigasi sebelah kiri bawah atau kunjungi youtube.com/premium.

Berikutnya, klik GET YOUTUBE PREMIUM, kemudian isi semua data yang diperlukan mulai dari nomor kartu atau nomor handphone, nama pemegang kartu, dan alamat penagihan, lalu klik BUY. Kamu bisa membatalkan pembelian kapan saja di settings YouTube.

Kamu juga bisa mengaktifkan langganan YouTube Premium di aplikasi YouTube. Caranya, buka aplikasi YouTube, login ke Akun Google yang akan digunakan untuk berlangganan, pilih gambar profil kamu, klik Mulai uji coba gratis (kalau kamu memenuhi syarat) atau klik Dapatkan YouTube Premium. Ikuti langkah berikutnya mirip seperti cara berlangganan di aplikasi.

Jadi bagaimana? Apakah kamu sudah tertarik untuk langganan YouTube Premium?

Artikel Terkait