Dunia Kerja

Bekerja Keras Bisa Sia-Sia Jika Melakukan 6 Kesalahan Ini

Ajaib.co.id – Ketika kamu ingin menata masa depan kamu sesuai dengan mimpi dan cita-cita kamu, tentunya bekerja keras menjadi sebuah hal yang wajib. Dengan bekerja keras tentunya harapan akan impian dan cita-cita kamu akan terwujud.

Bekerja keras juga bisa membuat karir kamu menanjak, penghasilan bertambah dan tentunya akan melancarkan mimpi kamu menjadi orang sukses dalam karier. Namun demikian, selain bekerja keras, kamu tentunya juga harus fokus pada cita-cita kamu. 

Walau terkadang dalam menata masa depan dan mengejar mimpi kamu hanya terus bekerja tak kenal lelah. Hal itu tentunya akan merusak mimpi dan cita-cita kamu yang telah kamu persiapkan dari awal.

Ada baiknya jika dibarengi untuk lebih fokus dalam menjalani pekerjaan kamu, dengan begitu rencana kamu akan lebih lancar ke depannya. 

Ada banyak orang yang bekerja keras hingga mereka sukses mencapai mimpi mereka, namun sayangnya justru mereka melupakan banyak hal yang cukup penting dalam hidup mereka.

Maka dari itu, pikirkanlah untuk menyeimbangkan kehidupan kamu dari mulai pekerjaan hingga kehidupan pribadi. Hal ini sangat berguna agar kerja keras kamu tidak sia-sia. 

Adapun enam kesalahan yang sering dilakukan dan membuat kerja keras kamu selama ini sia-sia, antara lain: 

Mengabaikan Kesehatan 

Apabila kamu terlalu lama dalam bekerja dan menguras tenaga kamu, tentunya kamu membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti tenaga kamu yang sudah terkuras. Hal ini terkadang sering diabaikan karena terlalu konsentrasi dengan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.  

Dengan mengabaikan kesehatan dan tidak memiliki pola hidup disiplin yang baik, seperti makan dan tidur teratur kamu tentunya akan lemas dan lapar. Dengan kondisi yang lemas dan lapar otomatis berdampak pada tingkat kesehatan yang menurun. Bahkan jika kondisi fisik kamu tidak kuat, kamu mungkin akan berada di rumah sakit. 

Tubuh yang lelah dengan asupan makanan yang minim, akan membuat kamu semakin sulit untuk menjalani rutinitas. Ini juga berdampak pada kinerja kamu di perusahaan.

Jika kamu terpaksa berbaring di rumah sakit, otomatis pekerjaan kamu akan terbengkalai. Ini tentunya tidak sebanding dengan kerja keras yang selama ini sudah kamu lakukan. 

Tidak Istirahat dengan Cukup dan Teratur 

Jika kamu bekerja keras tanpa adanya istirahat yang cukup dan teratur, ini artinya kamu sangat memaksakan diri. Dengan tidak mempedulikan kondisi tubuh kamu, tentunya merupakan sebuah kesalahan yang cukup fatal karena dapat berdampak pada munculnya berbagai penyakit. 

Pada dasarnya tubuh membutuhkan waktu beristirahat dari padatnya pekerjaan yang dilakukan setiap harinya. Hal ini dilakukan agar stamina tubuh kamu bisa tetap fit di tengah pekerjaan yang menumpuk. 

Kamu juga harus hati-hati jika terus menerus mengabaikan jam istirahat kamu. Ini bisa menyebabkan tubuh kamu drop dan mengalami kelelahan parah. Akhirnya kamu sakit dan membuat pekerjaan kamu kembali terabaikan. 

Kehilangan Waktu Bersama Keluarga

Kesibukan bekerja keras juga membuat kamu kehilangan waktu bersama keluarga. Dengan ambisi kamu mendapatkan uang, mengabaikan keluarga bukanlah alasan yang dapat ditolerir. Ini karena dalam mencapai cita-cita kamu, keluarga merupakan motivasi dan juga alasan terbesar kamu untuk sukses. 

Mungkin saat kamu sedang tertatih-tatih mencapai impian kamu, keluarga kamu memberikan semangat yang tidak henti, namun kenyataannya dalam proses meraih mimpi kamu, cenderung melupakan keluarga dan bahkan tidak memiliki waktu bersama. 

Dengan kesibukan kamu yang super padat, bahkan kamu rela melawatkan makan malam, sarapan, atau bahkan akhir pekan karena kamu terlampau lelah dengan kondisi jam tidur yang minim selama bekerja. Lalu untuk apa uang yang selama ini kamu hasilkan, jika bukan untuk membahagiakan keluarga kamu ? 

Memiliki Penghasilan, namun Tidak Menabung dan Berbagi

Ketika kamu asik bekerja keras, tentunya kamu berharap akan imbalan yang besar bukan. Namun imbalan yang besar tentunya tidak berarti apa-apa jika kamu tidak gunakan untuk menabung dan beramal.

Gaji yang masuk tiap bulannya hanya transit sementara saja dan habis di akhir bulan. Ada baiknya jika kamu berpikir masa depan untuk berinvestasi, menabung dan mengurangi pengeluaran konsumtif

Tak hanya itu, dengan tidak berbagi rezeki kepada yang membutuhkan tentunya akan mengurangi kenikmatan dari pendapatan kamu. Karena pada hakikatnya dengan memberi, maka tidak akan membuat kamu jatuh miskin. Maka dari itu jangan pernah lupa untuk berbagi berapapun gaji yang kamu peroleh. 

Lupa Bersosialisasi dengan Teman

Bekerja keras akan membuat kamu melupakan sosialisasi bersama teman-teman kamu yang biasanya merupakan tempat berbagi keluh kesah dalam hidup termasuk saat sedih, senang, dan berbagi mimpi dan cita-cita masa depan yang sedang kamu kejar.

Teman adalah tempat tertawa, menangis dan bahagia. Maka dari itu jangan lupakan jasa temanmu dengan hanya menghabiskan waktu untuk bekerja. 

Tidak Berolahraga 

Menjalani kegiatan yang teramat sibuk membuat kamu melupakan waktu untuk berolahraga. Padahal dengan berolahraga tubuh dan pikiran akan lebih fresh untuk menjalani pekerjaan kamu yang butuh konsentrasi dan fokus setiap harinya.  

Dengan berolahraga, tubuh kamu akan semakin fit dan energik sehingga mampu melakukan tuntutan pekerjaan yang dibebankan perusahaan kepada kamu.

Jika kamu malas berolahraga maka kelelahan kamu bisa berujung pada kondisi sakit. Ada banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan, misalkan jalan cepat, naik sepeda atau berenang.

Artikel Terkait