Bisnis & Kerja Sampingan

10 Orang Terkaya di Dunia, Berapa Nilai Kekayaannya?

Ajaib.co.id – Jika berbicara mengenai 10 orang terkaya di dunia, tentunya kamu tidak asing lagi dengan istialh miliarder seperti Bill Gates, Warren Buffett, Mark Zuckerberg dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu menjadi orang terkaya di dunia tentunya tidak mudah, butuh kerja keras untuk mewujudkan tersebut. 

Bahkan dalam daftar orang terkaya di dunia sekalipun, hanya ada lima orang terkaya di Indonesia yang masuk list tersebut, itupun di luar top 100. Misalkan saja keluarga besar Djarum, Budi Hartono, Michael Hartono dan Tan Siok Tjien. Selain itu ada juga pemilik Barito Pasific, Prajogo Pangestu dan bos tekstil Prakash Lohia.

Begitu sulitnya untuk masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia, maka dari itu bisa berada di urutan ratusan adalah sebuah pencapaian yang luar bisa. Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kelima orang Indonesia tersebut memiliki jumlah kekayaan puluhan triliun.

Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut 10 orang terkaya di dunia yang perlu kamu ketahui, antara lain: 

1. Jeff Bezos 

Di urutan pertama miliarder yang masuk top 10 orang terkaya di dunia adalah Jeff Bezos, seorang CEO perusahaan teknologi Amazon.com. Bezos hingga saat ini berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar USD147 miliar atau setara Rp 2.205 triliun (Kurs Rp15.000). 

Bezos berhasil melampaui kekayaan Bill Gates yang sempat bertahan cukup lama di posisi pertama. Bezos mengawali karirnya dengan mendirikan perusahaan e-commerce bernama Amazon.com pada tahun 1994 setelah resign dari pekerjaan sebelumnya di New York. 

Pada awalnya Amazon hanyalah sebuah toko yang dibuka oleh Bezos di garasi rumahnya di Seattle. Tak hanya memiliki bisnis Amazon saja, Bezos juga aktif dalam bisnis antariksa swasta dengan nama Blue Origin. Ia juga mengakuisisi saham The Washington Post pada tahun 2013 dan Whole Food. 

Namun demikian, sebagai 10 orang terkaya di dunia, Bezos juga sangat dermawan dan menjadi bagian dari filantropi untuk dana pendidikan. Filantropi ini dikelola oleh orang tua Bezos, Jackie dan Mike Bezos, dengan nama Bezos Family Foundation.

2. Bill Gates

Di posisi kedua dari 10 orang terkaya di dunia adalah Bill Gates. Gates merupakan pendiri Microsoft. Hingga saat ini Bill Gates berhasil mengumpulkan kekayaan senilai USD108 miliar atau Rp1.620 triliun. 

Dulunya Gates sempat beberapa tahun menduduki posisi pertama, namun seiring perkembangan zaman tampaknya Gates harus merelakan posisinya tersingkir oleh Bezos. Seperti yang kita ketahui bersama, Bill Gates adalah sosok di balik kesuksesan Microsoft, dengan sistem operasi komputer yang kita gunakan saat ini, Windows. 

Semasa muda, Bill Gates dan Paul Allen merupakan sahabat yang memiliki ketertarikan pada bidang komputer dan bersama mendirikan Microsoft pada tahun 1975. Semenjak itu, Bill Gates menjadi CEO Microsoft sampai tahun 2000.

Gates bahkan menjadi salah satu pemegang saham terbesar hingga tahun 2014. Saat ini, di usia senjanya, Bill Gates menjalani peran sebagai penasehat perusahaan. 

Sebagai satu dari 10 orang terkaya di dunia, Bill Gates juga menjadi bagian dari filantropi bersama istrinya Melinda Gates. Keduanya mendirikan Bill and Gates Foundation sebauah yayasan amal terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1999. Yayasan ini berfokus pada penurunan penyakit menular seperti HIV dan malaria. 

3. Mark Zuckerberg 

Posisisi ketiga dalam top 10 orang terkaya di dunia ditempati oleh Mark Zuckerberg. Bos Facebook ini sampai saat ini memiliki harta kekayaan sebanyak USD89,1 miliar atau Rp1.336 triliun. 

Mark Zuckerberg memulai keberuntungannya dengan membuat Facebook di tahun 2004 saat ia masih berkuliah di Harvard. Ternyata Facebook yang ia ciptakan tak hanya menjadi ajang komunikasi di kampus, tapi juga mempu menarik lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.  

Mark Zuckerberg juga berhasil menjadi orang termuda yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia, saat ia berusia 33 tahun.

Layaknya orang terkaya di dunia, Zuckerberg juga menjadi filantropi bersama istrinya Priscilla Chan. Keduanya berkomitmen mendonasikan 99 persen total kekayaan mereka melalui yayasan Chan Zuckerberg. 

4. Bernard Arnault 

Posisi keempat ditempati oleh pengusaha fashion, Bernard Arnault yang merupakan bos perusahaan fashion Bulgari dan Louis Vuitton. Bernard saat ini mempunya kekayaan dengan total USD8,04 miliar atau Rp 120,6 triliun.  

Miliarder berkebangsaan Prancis ini memulai kariernya sebagai insinyur teknik sipil. Namun ia mengambil alih kepemilikan perusahaan fashion milik orang tuanya, Groupe Arnault. Di tahun 1980-an, Bernard mengakuisisi brand fashion Christian Dior, untuk mencegah kebangkrutan perusahaan tersebut. 

Pada tahun 2017, Forbes menyebut bahwa Bernard mengambil kuasa penuh atas perusahaan Christian Dior. Bernard juga memiliki yayasan amal, Foundation Louis Vuitton, yang mendukung pembuatan barang seni yang berbasis di Paris, Perancis. 

5. Warren Buffett

Warren Buffett merupakan seorang investor ulung yang sangat terkenal di dunia pasar modal internasional. Warren Buffet saat ini berada di posisi keempat sebagai top 10 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan USD69,2 atau Rp1.206 triliun. 

Warren Buffett yang kini menjabat sebagai CEO Berkshire Hathaway mengawali karir sebagai investor saham saat berusia 11 tahun. Berbekal pengalaman dan pembelajaran, kini Warren Buffet memiliki lebih dari 60 perusahaan dibawah naungan Berkshire Hathaway. 

Walau merupakan miliarder, Buffett memiliki sikap dan pembawaan yang sederhana. Di sisi lain, Warren Buffet juga seorang yang sangat dermawan. Ia bahkan sempat menyumbangkan lebih dari separuh hartanya untuk kegiatan amal. 

6. Larry Page

Larry Page merupakan bos mesin pencari Google. Llarry Page masuk dalam top 10 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan berjumlah USD67,1 miliar atau Rp1.006 triliun. 

Page memulai karirnya dengan membuat mesin pencari bersama rekannya Sergey Brin. Keduanya mulai membangun mesin pencari Google, yang dioperasikan pada tahun 1998.  

Page dan Brin menjabat sebagai Presiden Direktur Google sampai dengan tahun 2001. Keduanya lantas merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google.  

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Page juga memiliki yayasan amal yang berkonsentrasi untuk mengembangkan vaksin flu, bernama Carl Victor Page Memorial Foundation. 

7. Steven Anthony Ballmer

Ballmer merupakan CEO Microsoft Corporation yang masuk dalam peringkat ke 7 dalam top 10 orang terkaya di dunia. Ballmer berhasil mengumpulkan harta kekayaannya hingga saat ini sebesar USD66,5 miliar atau Rp997 triliun. 

Steve Ballmer kini menggantikan posisi Bill Gates yang telah memutuskan pensiun. Ballmer merupakan sarjana matematika dan ekonomi dari Harvard dan juga salah satu dari sahabat Bill Gates kala mengelola tim football Havard. Ballmer sempat bekerja sebagai assistant product manager di Procter & Gamble. 

8. Sergey Brin

Sergey Brin merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang bekerja sama denga Larry Page dalam mendirikan mesin pencari Google. Hingga saat ini, Sergey berhasil masuk pada posisi 8 untuk top 10 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai USD65,1 miliar atau Rp976 triliun.  

Sergey merupakan ahli matematika lulusan Moscow State University. Semasa berkuliah ia bertemu dengan Larry Page dan kemudian menjalin persahabatan hingga sukses membangun situs nomor satu pencari di dunia dan menjadi kiblat pencarian segala macam hal. 

9. Larry Ellison

Peringkat 9 orang terkaya di dunia, ditempati oleh Larry Ellison, yang merupakan bos perusahaan software Ooracle. Hingga saat ini Larry berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar USD59,6 miliar atau Rp894 triliun. 

Larry mendirikan Oracle pada tahun 1977, dengan minim pengetahuan ilmu komputer. Namun ketekunannya membawa ia terus belajar programing komputer, termasuk pembuatan database CIA yang sempat ia bantu. 

10. Rob Walton

Rob Walton merupakan bos usaha retail Walmart. Rob menempati posisi nomor 10 orang terkaya di dunia, Rob hingga kini berhasil memiliki kekayaan senilai USD55,1 miliar atau Rp826 triliun. 

Rob Walton merupakan anak tertua dari The Waltons, ia mulai bergabung dengan usaha ayahnya kala ia berusia 25 tahun.

Di Walmart Rob sempat memegang beberapa jabatan seperti wakil presiden direktur, sekretaris perusahaan, dan banyak lagi. Pada tahun 2015, ia pensiun setelah 37 tahun menjadi direktur.

Artikel Terkait