Dunia Kerja

Konsultan Keuangan: 5 Kiat yang Perlu Kamu Lakukan

konsultan keuangan

Ajaib.co.id – Untuk menjadi konsultan keuangan yang lebih baik, kamu perlu melakukan lebih dari mengelola uang, karena kamu harus pandai juga dalam mengelola hubungan. 

Sementara bagian uang itu memang penting, namun bagian dengan hubungan antar seseorang adalah hal yang paling penting. Hubungan adalah darah kehidupan dari praktik investasi yang efektif oleh seorang konsultan.

Menjadi orang yang baik dengan orang lain adalah apa yang mengubah prospek menjadi klien dan membuat klien merasa cukup nyaman untuk merujuk teman, keluarga, dan kolega kamu kepada kamu.

Di bawah ini adalah daftar lima hal yang dapat kamu mulai lakukan hari ini untuk menjadi konsultan keuangan yang lebih baik.

1. Kenali Klien, Prospek, dan Mitra Rujukan Kamu

Sebagai konsultan keuangan atau penasihat keuangan, kamu harus terbiasa dengan aturan “kenali pelanggan kamu”, yang dirancang untuk melindungi dari pencucian uang dan untuk memastikan kesesuaian investasi klien. 

Meskipun aturan ini mengharuskan kamu untuk memverifikasi dan mempertahankan beberapa informasi klien yang cukup mendasar, ini dapat dilihat sebagai ajakan untuk bertindak. Bertanyalah pada diri sendiri:

  • Seberapa baik kamu mengenal klien kamu?
  • Bagaimana dengan prospek dan mitra rujukan kamu?

Kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan hubungan yang mendalam dengan banyak orang. Jika kamu belum melakukannya, terhubung dengan klien kamu dan mitra rujukan di platform jejaring media sosial

Ketika kamu terhubung di media sosial, kamu akan memiliki jendela kehidupan mereka dan diundang ke percakapan sehari-hari mereka. Semakin banyak kamu mengenal klien, semakin baik kamu dapat melayani mereka.

Ini mungkin terlihat sangat jelas. Tetapi terkadang itu adalah tempat pertama untuk memulai! Jadilah penasihat keuangan yang lebih baik dengan bekerja ekstra dengan jaringan yang kamu miliki.

2. Tetap dalam Kendali

Memiliki klien dan prospek di buku alamat kamu atau di daftar teman kamu hanyalah awal. Untuk klien, penting bahwa mereka mendengar dari kamu secara teratur. Mereka ingin tahu bahwa kamu terus bekerja di belakang layar dan tetap memegang kendali. Mereka juga ingin tahu bahwa kamu peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup mereka.

Adapun prospek kamu, pastikan kamu tetap di dalam pertimbangan mereka. Tidak semua orang berada di pasar untuk layanan yang kamu berikan saat ini, tetapi pada akhirnya banyak dari mereka akan membutuhkannya. Ketika momen itu terjadi, kamu ingin mereka memikirkan kamu terlebih dahulu.

Memiliki sebuah email profesional dan membuat posting media sosial yang terjadwal secara teratur adalah salah satu cara paling efisien untuk tetap mengingatkan jaringan kamu. 

3. Fokus pada Kesamaan

Menentukan pelanggan adalah aturan pertama dalam bisnis. Namun beberapa konsultan keuangan lebih sering meluangkan waktu untuk mengembangkan target pasar utama. 

Ketika ditanya, banyak konsultan akan mengatakan, “kami hanya bekerja dengan keluarga kaya,” atau “kami hanya melayani klien yang bernilai tinggi.” Sayangnya, sangat sulit untuk menargetkan prospek berdasarkan pada berapa banyak uang yang mereka miliki. Itu bukan jenis informasi yang cenderung ditampilkan terang-terangan kepada dunia.

Berfokus pada kesamaan antara klien denganmu di titik tertentu, seperti alumni almamater kamu atau kesamaan minat dan hobi, hal itu tentunya dapat memiliki banyak keuntungan untuk kamu. Beberapa diantaranya:

  • Itu lebih mudah untuk menemukanmu dan terhubung dengan prospek baru.
  • Kamu dapat menyesuaikan pesan pemasaran kamu dengan kebutuhan spesifik target pasar kamu.
  • Kamu akan dapat melayani klien kamu dengan lebih baik karena banyak dari mereka memiliki kesamaan denganmu.

4. Berkomunikasi dengan Jelas

Hilangkan pengertian atau penjelasan konsep yang rumit sebanyak mungkin untuk memastikan bahwa semua pihak memahami masalah atau proses yang ada. 

Untuk menjadi konsultan keuangan yang lebih baik, klien kamu harus memahami strategi keuangan yang kamu rekomendasikan dan sarankan untuk mencapai tujuan mereka.

Banyak konsultan membuat kesalahan dengan mencoba untuk tampil memukau di hadapan klien dengan grafik yang kompleks dan jargon ‘orang dalam’. 

Sementara klien kamu ingin merasa yakin bahwa kamu mengetahui inti masalah yang dimiliki, mereka perlu memahami apa yang kamu rekomendasikan dan bagaimana itu akan membantu mereka berhasil. Buat itu mudah bagi mereka dengan penjelasan yang jelas dan langsung.

5. Jadilah Teman dan Konsultan yang Profesional

Uang menciptakan kecemasan bagi banyak orang. Bahkan klien kamu sudah bertahun-tahun mungkin merasa sedikit khawatir membahas keuangan pada waktu-waktu tertentu. Ini hanya meningkat ketika pasar bergejolak atau ada peristiwa kehidupan yang penuh tekanan terjadi seperti kematian, masalah kesehatan, kehilangan pekerjaan atau perceraian.

Klien sangat membutuhkan kamu ketika mereka merasa stres. Kamu bisa menjadi konsultan keuangan yang lebih baik dengan mengembangkan reputasi karena mudah diajak bicara. Klien kamu akan tinggal lebih lama dengan kamu, membawa lebih banyak aset mereka dan bersedia merujuk klien baru kepada kamu.

Jadilah Konsultan Keuangan Yang Lebih Baik, Hari Ini

Mengintegrasikan kelima elemen iniakan memberikan keuntungan untuk tahun-tahun lamanya untuk praktik kamu. Selamat mencoba. 

Artikel Terkait