Perencanaan Keuangan

Kaya Raya Perlahan, Bagaimana Cara untuk Mencapainya?

kaya raya perlahan

Ajaib.co.id – Kaya raya tidak bisa terjadi dalam waktu semalam, tetapi membutuhkan sedikit kesabaran dan perencanaan keuangan yang matang secara berkala. Berikut strategi efektif untuk menjadi kaya raya perlahan tapi pasti.

Salah satu mimpi kebanyakan orang adalah menjadi kaya raya sekejap, entah karena menang lotre atau mendapatkan warisan mendadak kemudian keluar dari pekerjaan saat ini. Terdengar menyenangkan, tapi sayangnya kekayaan tidak datang dalam waktu semalam.

Untuk beberapa orang yang kini menjadi miliarder, mereka membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengakumulasikan kekayaan. Namun, sayangnya hanya sedikit orang yang memahami mindset kaya raya perlahan tapi pasti ini.

Memang terdengar tidak menarik atau malah membosankan sama sekali. Sedikit jumlah miliarder yang mengembangkan aplikasi lalu meraup keuntungan hingga jutaan dolar.

Kebanyakan dari mereka menjadi kaya raya karena rajin menabung, berinvestasi, dan mengakumulasikan aset dalam jangka waktu yang sangat panjang, mengingat hanya beberapa orang yang kaya raya karena mendapatkan warisan dari orang tuanya.

Untuk menjadi kaya raya, terdapat kesamaan perilaku di antara para miliarder tersebut yang mungkin bisa kamu contoh: mereka memulai mengatur ke mana arah kekayaannya dengan mengelolanya secara bijak, sehingga mereka tahu betul ke mana uang tersebut mengalir.

Berikut sejumlah strategi efektif bagaimana membangunkan kesuksesan finansial dalam waktu jangka panjang.

Rumus Kaya Perlahan tapi Pasti

Tergantung kapasitas finansialmu hari ini, menggunakan aset dan hutang untuk mengembangkan sistem manajemen finansial yang baru membutuhkan waktu sekitar enam bulan hingga satu tahun yang dimulai dengan terdiri dari 3 elemen, simplifying, streamlining, dan automating.

Simplifying

Pada tahap simplifying atau penyederhanaan, mulai dengan mengatur inventaris di mana saja uang kamu saat ini, ke mana saja perginya dan terdapat dua dokumen yang bisa membantumu di tahap ini.

Bukti total kekayaan. Menunjukkan aset apa saja yang kamu miliki (uang tunai, tabungan pensiun, atau surat tanah) dikurangi dengan utang (utang kartu kredit atau sisa cicilan KPR)

Rencana anggaran pengeluaran. Menunjukkan bagaimana pendapatan mengalir keluar masuk secara berkala. Dokumen ini akan membantumu menentukan pengeluaran dan pos mana saja yang perlu dilakukan penghematan secara signifikan, misalnya langganan aplikasi streaming video atau musik.

Streamlining

Streamlining atau mencatat aset, utang, dan pengeluaran rutin agar lebih mudah mengidentifikasi seluruh kekayaan yang kamu miliki: cek, tabungan, uang pensiunan, dan investasi. Kamu juga perlu mencatat seluruh hutang, pinjaman, kartu kredit.

Hal ini akan membantu kamu untuk merampingkan anggaran. Tanyakan beberapa pertanyaan ini ke diri kamu.

Apakah rekening ini berguna bagi kamu? Mungkin kamu memiliki rekening di bank lokal dekat rumah atau akun lama yang tidak terpakai sejak kuliah, apakah kamu masih harus membayar biaya apapun dari akun tersebut? Bisakah kamu mendapatkan akun dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan saat ini?

Berapa bunga yang kamu dapatkan dari rekening tabungan ini? Rekening tabungan biasanya memberikan suku bunga sekitar 4 hingga 6% saat ini. Temukan alternatif yang untuk meningkatkan keuntungan tidak hanya dari pasar uang, tetapi juga instrumen investasi yang lain, seperti saham dan reksa dana yang disediakan oleh Ajaib.

Bagaimana mengumpulkan dana pensiun? Bisakah kamu berkontribusi banyak untuk mengumpulkan dana pensiun? Apakah kamu di jalur yang tepat untuk menghemat 10 hingga 20% dari penghasilan kamu setiap bulannya untuk dana pensiun? Di mana kamu akan menyimpan dana pensiun agar keuntungannya bisa meningkat?

Apakah kamu harus memiliki investasi lain? Tanyakan pada diri kamu, apa tujuan dari investasi tersebut? Apakah kamu sudah menentukan investasi sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan? Apakah kamu membuat keputusan yang bijaksana dengan investasi tersebut? Apakah kamu harus memprioritaskan investasi ini atau dana pensiun?

Apakah kartu kredit kamu sesuai dengan kebutuhan? Apakah kartu kredit tersebut digunakan sesuai dengan fungsi awal? Berapa jumlah hutang ideal yang harus saya bayar untuk kartu kredit? Pengeluaran apa saja yang sekiranya tidak perlu memanfaatkan kartu kredit? Bagaimana pola kamu menggunakan kartu kredit?

Setelah kamu membuat penyesuaian pada seluruh aset, termasuk pinjaman, kamu dapat memulai melakukan salah satu hal yang paling menyenangkan dari semua tahap yang membuat pengelolaan finansial jauh lebih mudah: automate!

Automating

Atur fitur otomatisasi di seluruh aset yang kamu miliki, mulai dari rekening tabungan, dana pensiun, dan investasi. Kamu juga bisa mengatur pembayaran otomatis pada kartu kredit atau pinjaman sehingga tidak ada alasan lupa membayar lagi.

Pastikan kamu memiliki cukup uang di rekening tabungan yang kamu gunakan untuk membayar hutang kartu kredit setiap bulannya.

Jika kamu memiliki target finansial jangka pendek, seperti membeli rumah, mengganti mobil tua untuk dua tahun ke depan, atau mengambil liburan ke Eropa di tahun depan, kamu bisa menggunakan fitur penarikan otomatis ke setiap tabungan yang dikhususkan untuk target finansial tersebut.

Mengawasi dan Sesuaikan Secara Berkala

Ini masih belum selesai. Salah satu bagian terpenting dari rencana pembangunan kekayaan adalah bagaimana kamu mengawasi seluruh kekayaan dan membuat perubahan seperlunya sesuai kebutuhan dari waktu ke waktu, tergantung bagaimana situasi yang sedang dihadapi saat itu.

Kamu bisa melakukan beberapa hal diantaranya, meningkatkan jumlah dana pensiun, mengubah fungsi rekening jika kamu sudah menikah, periksa rekening target finansial jangka pendek, atau mengatasi masalah finansial yang muncul di momen besar seperti membeli rumah.

Pada umumnya, membangun kekayaan bukanlah hasil dari satu investasi dengan jumlah besar yang jenius, lalu tiba-tiba kamu menjadi kaya raya secara mendadak. Bagi kebanyakan orang, menjadi kaya raya merupakan rangkaian keputusan kecil selama jangka waktu tertentu dan pengelolaan finansial yang cerdas secara konsisten.

Bisa dibilang, kekonsistenan inilah yang membuat orang suksses bisa kaya raya perlahan tapi pasti.

Artikel Terkait