Investasi

Hati-hati! Kenali Modus Perusahaan Pialang Ilegal

Hati-hati! Kenali Modus Perusahaan Pialang Ilegal

Ajaib.co.id – Bursa Komoditas Berjangka semakin menarik untuk dijadikan ladang penghasilan dan target investasi. Kalau kamu tertarik dengan model investasi ini maka wajib untuk berhati-hati. Jangan sampai terjebak modus perusahaan pialang berjangka ilegal dan malah merugi.

Perusahaan pialang berjangka atau wakil pialang berjangka mungkin masih terdengar begitu asing untuk investor pemula. Namun, bagi trader, pialang adalah istilah yang lumrah dan sering ditemui dalam aktivitas investasinya.

Lalu, apa sebenarnya perusahaan pialang ini?

Pialang sendiri bisa diartikan sebagai broker yang bertanggung jawab untuk kegiatan perdagangan antara investor dan pasar modal. Untuk broker yang bergerak secara organisasi, biasa disebut sebagai perusahaan pialang berjangka. Sedangkan untuk yang bergerak perorangan biasa disebut wakil pialang berjangka.

Jadi broker adalah individu atau perusahaan yang akan menjadi penghubung kamu dengan pasar modal. Nantinya, broker ini akan mendapatkan komisi dari tiap aktivitas jual dan beli yang dilakukan. Umumnya, broker atau pialang saham sendiri memang berada di dalam perusahaan pialang.

Kenali Modus Penipuan oleh Perusahaan Pialang Ilegal Agar Tak Sampai Jatuh Korbannya

Minat masyarakat belakangan ini untuk berinvestasi cukup tinggi. Kalau sebelumnya pilihannya hanya sebatas properti dan emas maka kini instrumen seperti saham, reksa dana dan komoditas berjangka juga sudah dilirik. Alasannya apalagi kalau bukan keuntungannya yang amat menggiurkan.

Investor bisa mendapatkan profit, baik pada saat posisi buy-sell maupun sell-buy. Namun, seperti halnya prinsip high risk – high return dalam investasi, bursa berjangka yang memiliki imbal hasil tinggi ini juga memiliki risiko tinggi.

Namun pastikan kamu memiliki skill dan pengetahuan yang memadai untuk mulai berinvestasi di pasar ini. Sama seperti bursa lainnya, kamu perlu menggunakan jasa perusahaan pialang untuk mulai berinvestasi. Para pialang atau broker ini memberikan pelayanan sebagai perantara kita dengan pasar.

Karena itu kamu harus bisa memilih entitas yang benar-benar cocok untuk mengakomodir langkah investasimu. Biasanya perusahaan pialang ini juga akan menawarkan rekomendasi dari hasil analisis mereka. Jenisnya sendiri ada banyak mulai dari full service broker, retail broker, deep discount broker, individual broker, dan online broker.

Karena tingkat kesulitanya tinggi ini maka seseorang disarankan untuk memahami seluk beluk investasi ini. Selain itu, Selain itu, dana yang dibutuhkan juga cukup besar yakni sekitar US$1000, sehingga seseorang harus benar-benar memiliki kestabilan ekonomi.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak paham akan hal ini. Memang minat investasi di Indonesia belum diimbangi dengan tingkat literasi yang memadai. Akibatnya banyak yang menjadi korban investasi bodong. Termasuk pula dalam memilih perusahaan pialang yang akan digunakan.

Bukan hanya itu, kini para oknum tersebut juga semakin lihai dalam menerapkan modus penipuannya. Ada banyak modus yang kerap digunakan oleh perusahaan pialang berjangka ilegal untuk menjerat korbannya.

Tak mau bernasib sama? Cek berbagai modus yang sering dipakai oleh perusahaan pialang ilegal untuk menjaring mangsa.

Membuat Duplikas Web Pialang Berjangka Legal

Pialang berjangka ilegal tersebut menggunakan nama yang mirip dengan pialang berjangka legal. Bagi calon nasabah yang tidak jeli, perusahaan tersebut terkesan sebagai pialang berjangka yang legal. Karena itu cek benar-benar apakah situs yang kamu kunjungi legal atau hanya sekedar jebakan semata.

Menjanjikan Pendapatan Tetap

Modus kedua yang sering dipakai perusahaan pialang ilegal adalah menjanjikan pendapatan tetap yang tinggi dengan nilai persentase dalam jangka waktu tertentu dan/atau menawarkan bagi hasil (profit sharing). Masyarakat ditawarkan daftar paket investasi yang dibagi berdasarkan kemampuan keuangan calon nasabah. Paket investasi tersebut biasanya dibagi menjadi paket silver, gold, dan platinum.

Mencatut Legalitas

Untuk menyakinkan calon korbannya, para oknum ini biasanya mencatut legalitas dengan menampilkan logo dari lembaga-lembaga pemerintah seperti Kementerian Keuangan, BKPM, OJK, Bappebti, dan sebagainya.

Melakukan Transaksi Kontrak Palsu

Perusahaan ilegal tersebut akan berpura-pura melakukan aktivitas selayaknya pialang berjangka yang memiliki izin usaha dari Bappebti. Mereka menawarkan kontrak berjangka biasanya forex, index, dan komoditi kepada masyarakat dan biasanya dengan margin yang rendah. Perusahaan menjadi pihak ketiga (introducing broker) dari pialang luar negeri dengan mencantumkan legalitas dari regulator di negara asing.

Hanya Sekedar Menyedot Modal Masyarakat

Transaksi kontrak berjangka yang dilakukan oleh perusahaan pialang ilegal ini hanya digunakan sebagai modus mengelabui masyarakat untuk menanamkan modal kepada perusahaan tersebut. Dana yang terkumpul hanya berputar di antara anggota tanpa ditransaksikan di bidang PBK menggunakan skema piramida, ponzi, dan money game.

Contohnya International Financial Services Commission di Belize, The Financial Commission di Hongkong, Cyprus Securities and Exchange Commission di Cyprus, dan Financial Conduct Authority di London.

Tips Memilih Pialang Berjangka Agar Investasi Aman dan Menguntungkan

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyebutkan bahwa penipuan di komoditas berjangka masih banyak terjadi. Karena itulah lembaga ini rutin melakukan penindakan. Termasuk dengan memblokir 299 domain situs entitas ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK) sepanjang 2019.

Pemblokiran dilakukan untuk mewujudkan persaingan usaha yang sehat serta melindungi masyarakat dari invetasi perdagangan belanja ilegal yang merugikan. Tindakan ini merupakan amanat peraturan perundang-undangan di bidang PBK.

Dalam hal ini, Bappebti memiliki wewenang melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencegah kerugian masyarakat sebagai akibat pelanggaran terhadap ketentuan undang-undang di bidang PBK dan/atau peraturan pelaksanaannya. Namun masyarakat juga diminta untuk lebih berhati-hati agar tidak terjebak godaan perusahaan pialang berjangka ilegal.

Ajaib punya sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk memastikan broker pilihanmu legal dan aman untuk berinvestasi.

Legal

Untuk memastikan uang kamu aman, pastikan kamu memilih perusahaan yang legal. Legal di sini maksudnya sesuai dengan undang-undang dan diakui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Untuk mengetahui legalitas pialang berjangka, masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui situs web https://www.bappebti.go.id.

Memiliki Reputasi yang Baik

Perusahaan Pialang dewasa ini semakin banyak dibandingkan beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, kamu harus dapat memilah-milah mana yang memiliki reputasi cukup baik. Selain itu, pilih juga yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kamu.

Ada baiknya kamu mencari rekomendasi perusahaan pialang terpercaya dari berbagai sumber. Misalnya saja kenalan, kerabat atau konsultan keuangan. Hal ini untuk memastikan langkah investasimu ada di tangan yang aman. Saat ini ada 63 entitas perusahaan pialang berjangka yang terdaftar di Bappebti untuk dijadikan salah satu pilihanmu.

Demikianlah serba-serbi mengenai perusahaan pialang. Dengan uraian di atas, apa kamu tertarik untuk menggunakan jasa mereka dan terjun ke bursa komoditas berjangka? Kalau masih belum yakin tak ada salahnya memantapkan diri dengan instrumen lainnya seperti saham.

Kamu bisa berinvestasi saham lewat aplikasi Ajaib. Perusahaan tekfin kesayanganmu ini sekarang juga telah menambah layanannya lewat Ajaib Sekuritas. Dengan begitu kamu bisa berinvestasi saham dengan aman dan nyaman. Ada banyak fitur yang memudahkan bagi investor pemula sehingga kamu bisa tenang menanamkan uangmu.

Artikel Terkait