Investasi

Segala Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Terkait Arti Inflasi

arti inflasi

Ajaib.co.id – Tahukah kamu arti inflasi? Mungkin beberapa memang pernah mendengar istilah inflasi tetapi kurang begitu memahami maknanya. Oleh karena itu, redaksi Ajaib akan membagikan arti inflasi secara lengkap. Simak ulasan ini.

Syarat suatu negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah melalui pertumbuhan dan peningkatan kualitas perekonomian di negara tersebut.

Peningkatan kualitas ekonomi disertai oleh stabilitas harga, karena dengan harga yang relatif stabil maka akan menjamin keberlangsungan kegiatan ekonomi dalam masyarakat dan juga iklim investasi menjadi semakin kondusif.

Namun bagaimana kondisi perekonomian suatu negara apabila terjadi inflasi? Penurunan daya beli karena meningkatnya harga barang dan jasa? Atau hal yang lebih buruk dapat terjadi?

Inflasi memang bukan hal yang asing di telinga masyarakat, terlebih kata ini sering disebut dalam berbagai pemberitaan di surat kabar, radio, dan televisi. Walaupun bukan kata yang asing, banyak yang belum benar-benar mengetahui apa itu inflasi?

Dan juga apakah laju inflasi selalu berimbas buruk dalam kondisi perekonomian suatu negara? Berikut Ajaib telah merangkum hal-hal terkait inflasi yang perlu kamu ketahui.

Arti Inflasi

Arti inflasi sering disebut sebagai tingkat perubahan harga pada segala sesuatu mulai dari harga barang pokok, hingga ongkos angkutan umum. Kenaikan harga-harga pada inflasi bersifat umum dan berlangsung secara kontinu, jadi apabila hanya beberapa harga yang mengalami kenaikan ataupun ada kenaikan harga secara umum dalam waktu singkat, itu tidak bisa disebut sebagai inflasi.

Untuk mengukur inflasi, hampir seluruh dunia sepakat untuk menggunakan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Consumer Price Index. Menurut World Bank, Indeks Harga Konsumen diambil berdasarkan pada rata-rata keranjang barang dan jasa yang biasanya dibeli untuk kebutuhan rumah tangga.

Di beberapa negara, IHK juga sering digunakan untuk menentukan membayar menaikkan atau untuk menyesuaikan manfaat bagi pensiunan. Perubahan IHK tahun ke tahun merupakan apa yang kita sebut dengan tingkat inflasi.

Inflasi Moderat Berarti Perekonomian Sehat

Suatu tingkat inflasi yang berada di batas wajar umumnya dianggap sebagai tanda perekonomian yang sehat, karena ketika perekonomian tumbuh permintaan akan barang dan jasa akan meningkat. Peningkatan permintaan ini mendorong harga untuk naik sedikit lebih tinggi karena produsen akan mencoba untuk menciptakan hal-hal yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen.

Para pekerja akan diuntungkan dengan hal ini karena pertumbuhan ekonomi akan mendorong permintaan tenaga kerja untuk lebih meningkat, akibatnya upah pun akan ikut meningkat.

Kemudian berlanjut dengan para pekerja yang upahnya telah dinaikkan ini akan mengkonsumsi lebih banyak barang, sehingga permintaan akan barang kembali meningkat, dan begitu terus siklus tersebut berlangsung. Maka dari itu inflasi yang wajar merupakan ciri dari sehatnya kondisi perekonomian di suatu negara.

Namun, jika inflasi berada di titik yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi ada yang salah dengan kondisi perekonomian di suatu negara.

Tingkat Inflasi Rendah Berarti Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi

Inflasi yang rendah merupakan sebuah tanda dari berkurangnya permintaan akan barang dan jasa, hal ini memiliki kecenderungan untuk menghambat pertumbuhan ekonomi dan menekan kenaikan upah.

Hal lebih jauh yang dapat terjadi apabila permintaan menurun adalah terjadi resesi yang dapat menyebabkan penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas perekonomian seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan.

Jika hal tersebut terjadi dapat memicu terjadinya deflasi atau disebut juga disinflasi. Deflasi adalah kondisi ketika terjadi penurunan harga dengan sangat buruk, hal ini dikarenakan rasio uang yang akan dibayarkan oleh masyarakat sangat rendah.

Harga yang terus menurun akan membuat calon konsumen menunda pembelian karena harga barang yang dibeli akan jauh lebih murah dengan menunggu beberapa bulan. Deflasi menjadi berbahaya karena nantinya akan menghambat pemberian pinjaman dan mengarah pada tingkat suku bunga yang lebih rendah.

Inflasi yang Sangat Tinggi Juga Berbahaya

Sama seperti inflasi yang terlalu rendah, inflasi yang terlalu tinggi juga membahayakan perekonomian di suatu negara karena akan menimbulkan banyak masalah. Jika inflasi tingkat tinggi dibiarkan maka akan menyebabkan perekonomian melambat dengan sangat cepat dan akan menambah tingkat pengangguran di suatu negara.

Indonesia pernah mengalami inflasi yang sangat tinggi atau disebut juga hiperinflasi karena negara yang terus menerus mencetak uang untuk membayar hutang dan mendanai beberapa mega proyek di era Presiden Sukarno.

Inflasi pada saat itu mencapai 600% hingga pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan moneter pada tahun 1959 untuk menekan inflasi seperti mengeluarkan ketentuan pagu kredit bagi tiap-tiap bank secara individual.

Selain itu, pemerintah juga melakukan sanering uang pada tanggal 25 Agustus 1959 dengan menurunkan nilai uang pecahan Rp 500 dan Rp 1.000 menjadi Rp 50 dan Rp 100, serta membekukan simpanan giro dan deposito sebesar 90% dari jumlah di atas Rp 25.000 yang akan diganti menjadi simpanan jangka panjang.

Kebijakan ini terus berlangsung hingga awal 1960-an dengan melakukan pembatasan kredit perbankan secara kuantitatif dan kualitatif. Jadi untuk mencapai tingkat inflasi yang sehat, suatu negara harus terus meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya sambil menjaga tingkat inflasi.

Jika tidak melakukan apa-apa dan pertumbuhan ekonomi kian melambat, maka hal lain yang ditakutkan terjadi adalah resesi. Lalu untuk kamu investor yang tengah berinvestasi di tengah pandemi, kamu tidak perlu khawatir selama emiten yang kamu beli sahamnya merupakan emiten dengan tren pergerakan saham ke arah positif. Kamu tidak perlu menjual asetmu karena itu hanya merealisasikan kerugian saja.

Yang perlu kamu lakukan adalah bersabar, karena kamu akan menunggu efek compounding dari saham yang kamu punya untuk mengalahkan inflasi. Untuk kamu yang hendak berinvestasi saham dan reksadana, kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang segala tentang investasi di Ajaib, sebuah platform investasi online yang mudah dan terpercaya terutama untuk investor pemula seperti kamu.

Artikel Terkait