Banking

Sejarah Euro, Saat Mata Uang Uni Eropa Resmi Disahkan

Ajaib.co.id – Tahun 1999 merupakan awal dari pemberlakuan mata uang Uni Eropa, yaitu euro. Ya, euro ditetapkan secara resmi sebagai mata uang tunggal Uni Eropa, namun secara fisiknya mata uang tersebut baru disahkan pada tahun 2002.

Saat itu warga Eropa menyambut dengan penuh antusias dengan berbagai atraksi kembang api di malam hari yang mewarnai kota Frankfurt, Jerman. Ditunjuk sebagai kota untuk markas baru European Central Bank, seluruh warga kota Frankfurt merayakan tahun baru lebih meriah. Mereka bersuka ria sambil menyaksikan “jam euro” yang merupakan tanda peluncuran euro sebagai mata uang Uni Eropa tunggal yang sah.

Tepat pada pukul 22.00 GMT, negara pertama yang mengadopsi mata uang euro tersebut adalah Finlandia. Satu jam kemudian, 10 negara lainnya menyusul dengan menggunakan euro menjadi mata uang tunggal yang resmi di wilayah Eropa. Sementara Irlandia dan Portugal jadi negara terakhir yang bergabung pada pukul 00.00 GMT. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 20 tahun lalu atau tepatnya pada 1 Januari 1999.

Ketika itu, ratusan juta warga Eropa mulai beramai-ramai meninggalkan mata uang di negaranya masing-masing dan beralih ke euro. Seperti mata uang franc yang berlaku di Perancis, Belgia dan Luxemburg. Lalu ada marka Finlandia, skema Austria, lira Italia, mark Jerman, hingga peseta Spanyol.

Terdapat 11 negara dari 27 negara yang berada di wilayah Eropa telah memberlakukan euro sebagai mata uang baru. Selama dua tahun, keberadaan euro hanyalah sebagai mata uang elektronik atau moneter non-tunai yang digunakan oleh perbankan di kawasan Eropa.

Baru pada 2002 mata uang Uni Eropa itu secara fisik hadir yang terdiri dari pecahan uang koin dan kertas untuk euro muncul di 11 negara tersebut. Setelah masa transisi pergantian mata uang hingga 28 Februari 2002, euro yang diberi simbol € telah resmi menjadi mata uang tunggal 12 negara yang tergabung sebagai anggota Uni Eropa.

Kegagalan Euro sebagai Mata Uang

Perang Dunia II jadi pelajaran yang sangat berharga bagi negara-negara di Eropa. Oleh karena itu, Jean Monnet yang berasal dari Perancis dan dianggap sebagai pendiri Eropa modern menyerukan pendapatnya, bahwa integrasi ekonomi jadi faktor penting untuk menghilangkan konflik antarnegara usai perang besar yang terjadi pada abad 20 tersebut.

Perjanjian Roma 1957 jadi langkah besar menuju integrasi Eropa. Dalam perjanjian ini diperoleh keputusan mendirikan pasar bersama dan masyarakat ekonomi Eropa (EEC). Tujuannya adalah menghilangkan tarif perdagangan antara negara-negara anggota untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi. Jerman, Perancis, Italia, Belanda, Luxembourg dan Belgia adalah negara pendirinya.

Di bulan Desember 1969, para pemimpin negara-negara Eropa membuat sebuah lompatan besar yang pernah terjadi dalam sejarah, yaitu usulan untuk menggunakan mata uang tunggal. Sebagai pertimbangan, pengesahan mata uang tunggal akan membuat para pelaku bisnis dan juga pelancong tidak harus menukarkan mata uang antar negara Eropa setiap saat.

Di sisi lain, dengan adanya bank sentral Eropa, wilayah atau zona euro akan mempunyai kebijakan moneter yang sama. Kebijakan ini juga tidak dapat ditentang oleh pemerintah masing-masing negara anggota. Maka dari itu, demi mencegah terjadi inflasi domestik serta mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah seluruh negara anggota memiliki tanggung jawab secara fiskal.

Tahun 1986 ekspansi negara Eropa mulai dilakukan dengan penandatanganan Undang-Undang Eropa Tunggal. Dasar hukum sebagai landasan untuk memfasilitasi pengembangan pasar internal negara-negara Eropa sehingga memungkinkan adanya pertukaran barang, sumber daya manusia dan bebas modal.

Kemudian pada tahun 1992, Perjanjian Maastricht disepakati sebagai rencana pemberlakuan mata uang Uni Eropa tunggal pertama kali. Penggunaan mata uang bersama ini merupakan bagian dari strategi yang lebih luas, yakni Uni Ekonomi dan Moneter (EMU).

Namun, ada aturan khusus dimana tiap-tiap negara Eropa harus memastikan tingkat inflasinya berada di bawah 1,5%, defisit anggaran tidak kurang 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB), kemudian rasio utang terhadap PDB di bawah 60%.

Supaya dapat memenuhi kriteria tersebut, banyak negara anggota Uni Eropa mengadopsi reformasi anggaran yang cukup ketat. Namun, dalam praktiknya, negara-negara Uni Eropa justru mengabaikan standar-standar ketentuan ekonomi yang telah ditetapkan.

Hasilnya, krisis pun melanda Eropa. Ditambah lagi dengan keinginan pejabat Uni Eropa mengembangkan zona wilayah dan euro membuat mereka tak menanggapi tanda-tanda peringatan terjadinya krisis.

Hanya dalam waktu tujuh tahun setelah euro resmi diterbitkan sebagai mata uang Uni Eropa, masalah mulai muncul. Pada April 2009, UE meminta Perancis, Spanyol, Yunani, serta Republik Irlandia mengurangi defisit anggaran mereka.

Lalu, November 2009, kekhawatiran utang yang yang terjadi di sejumlah negara Eropa mulai meningkat setelah krisis utang di Dubai. Yunani adalah negara yang mengakui secara terbuka telah memiliki utang sebesar 300 miliar euro, dan jadi yang tertinggi dalam sejarah di era modern.

Irlandia dan Portugal juga alami krisis moneter dan fiskal, dimana Irlandia mengalami resesi yang sangat parah dibandingkan negara lain di wilayah Uni Eropa. Tingkat pengangguran di Irlandia meningkat 13% pada 2010, yang sebelumnya hanya 4,5%. Hal itu membuat Uni Eropa dan IMF mengucurkan dana senilai 112 milar dolar Amerika Serikat sebagai penyelamat.

Keuntungan Mata Uang Tunggal Adalah Ilusi

Menurut Milton Friedman dalam makalah klasiknya yang berjudul “The Role of Monetary Policy” (PDF), menyebutkan bahwa fungsi utama dari kebijakan moneter yaitu untuk meminimalisir dislokasi ekonomi makro. Dengan kata lain kebijakan moneter berfungsi mencegah terjadinya ledakan ekonomi yang terlalu besar.

Akan tetapi, para petinggi negara-negara Uni Eropa tidak menyadari tentang teori Friedman bagaimana peran dan batasan dalam kebijakan moneter. Pada dasarnya, penggunaan mata uang Uni Eropa tunggal tidak akan memberikan kemakmuran dan kesejahteraan ekonomi.

Di sisi lain, keuntungan politik mata uang tunggal yang telah dijanjikan hanyalah ilusi semata. Kenapa demikian? Karena kenyataannya para pemimpin Uni Eropa enggan menyerahkan pendapatan pajak negara mereka untuk tujuan bantuan kepada negeri-negeri jiran yang sedang dalam kesulitan.

Bisa dibilang sejak diberlakukannya euro sebagai mata uang Uni Eropa yang tunggal, belum memberikan dampak positif yang signifikan bagi negara-negara Eropa.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait