Banking

Mau Melancong ke Sydney? Jangan Lupa Mata Uang Australia

Ajaib.co.id – Jika Sydney adalah salah satu destinasi impianmu melancong ke luar negeri, persiapkan dirimu melancong ke sana mulai dari sekarang. Namun jangan lupa sempatkan menukar rupiah Indonesia ke mata uang Australia beberapa hari sebelum berangkat. Siapa tahu ada nilai tukar menarik, kan?

Sydney merupakan salah satu kota terbesar sekaligus kota metropolis pesisir Australia. Sydney juga dianggap melting pot, di mana berbagai budaya kumpul di sini. Salah satu cirinya adalah kamu bisa menjumpai kedai atau restoran yang menjual menu dari berbagai negara termasuk kuliner Indonesia.

Ibu kota New South Wales ini tak hanya menawarkan destinasi metropolitan, namun juga kegiatan outdoor di pantai yang menyenangkan (Bondi Beach, salah satunya), pertunjukan seni dan budaya, hingga berwisata kuliner sambil berinteraksi dengan warga lokal.

Apakah Sydney masuk dalam daftar destinasi liburan impianmu? Jika ya, persiapkan tujuh hal ini sebelum melancong ke sana, termasuk menyiapkan mata uang dolar Australia (AUD).

Tiket

Kalau ingin melancong ke Sydney dengan harga terjangkau, berburulah tiket ketika ada program great sale tiket atau membeli tiket satu tahun sebelumnya. Namun sebelum membeli tiket, tentukan dulu hari, tanggal, plus pertimbangkan musimnya.

Sydney memiliki empat musim. Musim panas, semi, dan gugur merupakan waktu terbaik untuk menikmati landscape serta kegiatan outdoor. Kecuali kalau kamu ingin merasakan musim dingin sambil melihat Festival Vivid Sydney. Dengan memperhatikan musim, kamu bisa mengantisipasi baju yang akan dibawa.

Aplikasi Visa

Pemegang paspor Indonesia harus memiliki visa jika ingin ke Australia. Kamu bisa mengajukan visa melalui perusahaan aplikasi visa resmi atau memanfaatkan fasilitas e-visa secara daring. Agar proses aplikasi berjalan lancar, siapkan dokumen sesuai persyaratan di laman kedutaan Australia.

Itinerary

Jika kamu ingin liburanmu terorganisir, buatlah itinerary atau rencana perjalanan. Misalnya, hari pertama city tour ke Sydney Opera House, Harbour Bridge, dan musim; hari kedua menikmati Bondi Beach dan wilayah pesisir; dan seterusnya.

Tak ada salahnya juga dalam liburan kali ini, kamu fleksibel dalam menyambangi destinasinya meski sudah menyusun itinerary. Jika tak ingin repot, ikut saja tur agen travel. Meski harganya mahal, tetapi cukup efisien soal waktu dan destinasi.

Akomodasi

Untuk akomodasi atau penginapan selama di Sydney, kamu bisa memilih hotel, hostel, dan apartemen. Gunakan aplikasi pemesanan akomodasi, karena biasanya mereka memiliki diskon.

Buat kamu yang hemat bujet, menginap di shared house atau gunakan jaringanmu di platform CouchSurfing. Jika kamu memiliki teman di Sydney yang menawarkan tempat tinggalnya, minta izin ke dia buat menginap.

Transportasi

Banyak pilihan transportasi publik di Sydney. Mulai dari bus, subway, tram, hingga kapal. Kondisinya sangat representatif dan bersih. Meski demikian transportasi publik di sini cukup mahal.

Jika kamu berlibur dengan teman-teman, alternatifnya adalah menyewa mobil. Namun sebelum melakukannya, hitung mengenai biaya bensin dan parkirnya.

Untuk destinasi jarak dekat –dekat penginapan– kamu bisa berjalan kaki. Pedestrian di Sydney cukup lebar, aman, serta asri. Kamu bisa mengamati budaya setempat melalui jalan kaki sambil menikmati landscape plus udara bersihnya. Jangan lupa untuk melengkapi perjalananmu dengan Google Maps atau aplikasi peta Sydney.

Internet

Ini yang tak kalah penting. Internet. Kehadirannya bisa untuk memperbarui informasi tentang lingkungan setempat, mengakses peta, dan posting hasil foto di media sosial. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan akses internet. Setidaknya ada empat cara memiliki akses internet.

Pertama, membeli paket roaming dari provider telekomunikasi. Lalu mengaktifkannya sebelum berangkat ke negara tujuan. Kedua, menyewa modem WiFi. Kedua cara tersebut bisa dilakukan di negara sendiri. Sehingga setiba di Australia, kamu tak perlu repot mengganti SIM Card.

Kamu juga bisa menyewa modem WiFi di Sydney, tetapi harganya cukup tinggi dibanding di Indonesia. Ketiga, membeli SIM Card. Provider telekomunikasi yang bisa kamu pilih selama di Australia adalah Telstra, Vodafone, dan Optus. Keempat, memanfaatkan WiFi gratis.

Mata Uang

Dari semua persiapan di atas, yang tak kalah penting adalah urusan uang. Ketika melancong ke Sydney, ada baiknya mengecek mata uang dolar Australia (AUD). Tak perlu banyak. Karena kamu dapat menggunakan mata uang Australia berbentuk fisik dan kartu kredit.

Sediakan uang secukupnya saja. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, seperti pencurian. Misalnya siapkan mata uang Australia sebesar AUD250 untuk kebutuhan sehari-hari selama seminggu, seperti makan, ngopi, atau sekadar jajan street food.

Jika ingin membeli oleh-oleh atau baju, gunakan kartu kredit. Namun sadari penggunaan yang dilakukan, jika tak ingin tagihan membengkak.

Nah, ada baiknya sebelum melancong perhitungkan dana secara rinci. Agar kamu tidak bangkrut setelah melancong. Cara pertama, perincian dana. Hitung dana yang dibutuhkan untuk hal primer, seperti biaya pesawat, visa, dan akomodasi.

Kedua, dana sehari-hari. Sambil memantau mata uang Australia, kamu harus menganggarkan dana sehari-hari, seperti transportasi, makan, dan internet selama di sana. Ketiga, dana dadakan. Siapkan dana dadakan sekiranya kamu akan membeli skincare, baju, atau oleh-oleh.

Keempat, disiplin. Ya, kamu harus disiplin dengan perhitungan tersebut. Kecuali hal buruk menimpamu. Jika ada sisa dana melancong, kamu bisa menginvestasikannya. Investasi tak sekadar menyimpan uang, melainkan menambah nilai uangmu.

Pilih instrumen investasi sesuai sisa dana. Misalnya sisa dana Rp1 juta untuk membeli obligasi atau saham. Di bawah Rp1 juta untuk investasi di reksa dana. Di reksa dana terdapat empat jenis, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Untuk mempermudah, kamu bisa masuk ke platform Ajaib, dan pilih yang sesuai profil risiko.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait