Bisnis & Kerja Sampingan

Potensi Peluang Usaha Restoran Seafood di Zaman Milenial

restoran seafood

Ajaib.co.id – Banyak orang menyukai makanan olahan laut atau biasa dikenal seafood. Oleh karenanya, bisnis restoran seafood sampai sekarang masih menjamur di mana saja. Lalu, bagaimana peluang bisnisnya untuk sekraang ini?

Setiap orang pasti suka yang namanya makan-makan atau jajan di luar. Selain untuk mencari suasana baru, makan di kedai atau restoran dapat mengakrabkan diri dengan orang lain. Maka, tak heran jika banyak bermunculan tempat makan baru yang menyediakan suasana atau menu yang unik dan menarik. Bicara soal restoran, salah satu yang jadi favorit kebanyakan orang adalah jenis makanan laut atau seafood.

Karena tidak banyak orang yang bisa memasak menu yang satu ini dirumah, maka pergi ke restoran seafood jadi alternatif yang paling pas.

Di zaman milenial ini, tak sedikit juga tempat makan yang menyajikan olahan seafood, mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima. Lalu pertanyaannya, bagaimana peluang usaha membuka restoran seafood zaman now?

Jika kita melihat potensinya, apapun bisnis yang akan dibangun semuanya punya peluang yang bagus dan menghasilkan tergantung bagaimana kamu menjalankannya. Namun, menjalankan bisnis yang satu ini tidak hanya sekedar menyajikan makanan yang lezat saja.

Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan, seperti mengelola keuangan, pengelolaan restoran, hingga pelayanan yang diberikan.

Nah, buat kamu yang kepikiran untuk mencoba membuka bisnis restoran seafood, ada beberapa tips bagaimana menjalankan dan mengembangkannya. Untuk itu baca dan pahami dengan seksama di bawah ini.

Tips Menjalankan Bisnis Restoran Seafood

Meskipun zaman telah berubah, peluang usaha restoran seafood ini tetap menjanjikan, asalkan kamu bisa menyesuaikannya dengan gaya hidup orang-orang saat ini. Misalnya, menyediakan satu menu yang dapat dinikmati ramai-ramai dan satu menu pilihan dengan porsi yang besar.

Meski begitu, kamu harus memperhatikan persiapan awalnya, menganalisis modal yang dimiliki, dan keuntungan yang didapat. Lebih jelasnya simak tips berikut:

1. Buat Rincian Bisnis

Apapun bisnisnya, membuat rencana bisnis adalah hal yang terpenting sebagai persiapan awal. Jika kamu memutuskan untuk memulai usaha restoran seafood, coba buat dengan matang rencana bisnisnya. Hal ini membantu kamu dalam melihat apa saja yang diperlukan untuk dapat mencapai target.

Mulailah merinci hal-hal yang paling mendasar, seperti biaya sewa, bahan baku, peralatan, furnitur, dan hingga menentukan harga jual. Dalam rencana bisnis ini kamu dapat memperkirakan berapa keuntungan yang didapat dan berapa lama perkiraan balik modal usahamu.

Selain itu, rencana bisnis yang kamu buat dapat dijadikan bahan evaluasi, mana yang bisa dikembangkan atau bahkan ditambahkan.

2. Tentukan Lokasi yang Tepat

Karena akan berbisnis di bidang kuliner, lokasi jadi salah satu yang terpenting dalam menentukan dan berpengaruh terhadap kesuksesan suatu tempat usaha. Maka dari itu, bagi kamu yang berniat menjalankan bisnis restoran makanan laut mulailah untuk mencari lokasi yang tepat dan ramai dilewati orang-orang untuk membangun restora tersebut.

Buat yang lokasinya dekat dengan pantai pasti menguntungkan. Tetapi, di lokasi lainnya juga tetap berpotensi mendatangkan keuntungan besar asal aksesnya mudah dijangkau pembeli. Setelah kamu menentukan lokasi yang tepat, buatlah restoran tampak mencolok supaya orang-orang lewat menoleh dan mampir ke tempat makan milikmu.

3. Tentukan Tipe Usaha Olahan Seafood

Makanan olahan laut itu banyak macamnya, untuk itu kamu harus menentukan tipe restoran seafood apa yang akan dijalankan. Misalnya saja, seperti restoran fish & co yang hanya fokus menyajikan olahan ikan khususnya ikan dori, atau restoran sushi. Atau restoran hidangan laut seperti Bandar Djakarta, dan sebagainya

Bisa juga kalau kamu menyajikan olahan seafood dengan berbagai jenis makanan laut, mulai dari kerang, kepiting, udang, dan lain-lain. Namun, yang paling penting adalah bagaimana cara kamu mengolahnya. Ciptakan bumbu masakan yang otentik dan jadi andalan sehingga konsumen merasa ingin lagi makan di tempat makan kamu.

4. Cari Supplier yang Tepercaya

Untuk mendapatkan supplier makanan laut bisa dibilang gampang-gampang susah. Kesegaran makanan laut harus jadi prioritas kamu, karena hal ini yang menentukan juga kesuksesan restoran kamu dalam menyajikan seafood.

Sebab, tak sedikit konsumen yang pintar mana ikan atau cumi segar dan yang tidak. Maka dari itu, pastikan kamu mendapat supplier yang menyediakan makanan laut segar dan kualitasnya baik.

Bisa saja kamu membelinya di pasar, tapi apakah menjamin kualitas dan kesegarannya. Belum lagi akan merepotkan karena bahan yang kamu beli pastinya sangat banyak. Selain itu, pikirkan juga harganya, waktu pengiriman, dan sebagainya.

5. Tentukan Budget dan Penghematan

Tentukan besarnya budget yang dibutuhkan untuk membangun restoran seafood. Pertimbangkan secara matang budget yang akan digunakan sebagai modal awal seperti yang sudah disebutkan di atas. Tipsnya sediakan budget lebih setidaknya untuk enam bulan ke depan. Bagi yang baru memulai bisnis, belum dapat dipastikan apakah akan pengunjungnya selalu ramai atau tidak.

Di samping itu melakukan penghematan juga penting. Untuk awal kamu tak perlu memikirkan balik modalnya, tapi fokus bisnis yang kamu jalankan. Kamu perlu membelanjakan uang seefektif mungkin, dan jika punya peralatan memasak atau perlengkapan lainnya maka tak harus beli yang baru.

Menjalankan restoran seafood ini tidak mudah, ada banyak pesaing yang mengancam. Maka dari itu, kamu harus bisa menonjolkan dua atau tiga menu yang bisa jadi andalan di restoranmu supaya dapat menghadirkan pelangganmu sendiri.

Sementara untuk promosinya, kamu bisa gunakan brosur dengan mendatangi perumahan atau menawarkan ke kantor-kantor terdekat. Manfaatkan juga media sosial sebagai alternatif promosi yang efektif saat ini. Semoga tips di atas dapat membantu.

Restoran Hidangan Seafood Terbaik yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnis

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis makanan laut atau seafood, kamu bisa coba menemukan beberapa inspirasi bisnis lewat restoran-restoran seafood terbaik yang sudah ada. Apa saja itu?

1. Bandar Djakarta

Bandar Djakarta adalah salah satu restoran seafood yang sudah dikenal di Jakarta sebagai restoran legendaris. Tempat ini menyajikan berbagai macam menu makanan seafood yang segar. Hal ini karena, semua menu yang tersedia masih dalam keadaan hidup sebelum dimasak, saat ada pesanan ikan dan seafood barulah ditangkap dan diolah. Makanan terkenal yang terkenal di restoran ini antara lain ada Udang Pancet Jumbo Bakar Keju, Ikan Bawal Bintang Bakar Pandan Wangi yang masing-masing punya rasa lezat. Harga menu di Bandar Djakarta dihargai mulai dari Rp25.000.

2. Pesisir Seafood

Restoran ini membawa konsep restoran yang menyediakan makanan seafood dengan bumbu khas Indonesia. Restoran ini masih satu grup dengan Bandar Djakarta dan berada di Jalan Meruya Ilir Raya Nomor 9, Kembangan, Jakarta Barat. Makanan andalan yang jadi rekomendasi di restoran ini adalah Gulai Kepiting, Udang Pancet Super Bakar Banjar, Brekecek Ikan Tenggiri, sampai Lobster Saus Kari. Kisaran harga menu di sini antara Rp 100.000-an. Bagi kamu yang ingin berkumpul bersama keluarga, restoran ini sangat cocok karena memiliki suasana yang sangat nyaman untuk tempat berkumpul dengan keluarga.

3. Pondok Laguna

Restoran ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner di daerah Pecenongan. Pondok Laguna juga menjadi destinasi wajib buat kulineran karena hidangan dari restoran yang sudah ada puluhan tahun ini dikenal enak. Ada hidangan gurame goreng dan udang bakar yang jadi menu andalan di sini. Semua menu dimasak dengan bumbu khas Indonesia. Harga menu di tempat ini mulai dari Rp 75.000.

4. Layar Seafood

Restoran ini juga berada di daerah Pesanggarahan Raya, Meruya. Di sini adalah salah satu cabang dari layar Seafood yang berada di Surabaya. Menu-menu seafood di sini terkenal memiliki rasa yang enak, salah satunya Cumi Goreng Saus Telur Asin. Ada juga menu Kepiting Saus khas Manado yang tidak kalah enak. Layar Seafood juga punya desain interior bertema Bali yang akan membuat pengunjungnya merasa nyaman. Harga menu seafood di restoran Layar Seafood cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000.

5. Nelayan Seafood and Restaurant

Restoran Seafood satu ini sudah ada sejak tahun 1984 dan memiliki duat tempat di Jakarta, yaitu di daerah Ancol dan Manggala Wanabakti. Tidak hanya menyediakan hidangan laut saja, di restoran ini juga menyediakan makanan China untuk tamu. Kisaran harga menunya mulai dari Rp 75.000. Kamu juga bisa mengadakan acara besar di tempat ini, karena tersedia hall untuk mengadakan event.

6. Rumah Makan Sulawesi

Rumah Makan ini memiliki tiga cabang di Jakarta, yaitu Kemang, Mega Kuningan, dan Panglima Polim. Restoran ini menyediakan aneka menu seafood dan hidangan pelengkap lainnya khas dari daerah Sulawesi dan Indonesia Timur, seperti Sukang Rica-Rica, Kakap Woku, Es Pisang Ijo dan masih banyak lagi. Restoran ini juga cocok untuk tempat makan bersama orang-orang terdekat atau keluarga dengan suasana restoran yang terkesan hangat dan nyaman. Menu-menu seafood di sini bisa dinikmati mulai dari harga Rp20.000.

7. Rasane Seafood

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 2002 dengan aneka masakan dari kepiting, kerang, udang dan ikan. Restoran ini menyajikan menu yang dimasak dengan bumbu khas Indonesia untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang. Kisaran harga menunya sendiri antara Rp75.000 sampai Rp200.000. Tempat ini juga menjual aneka ikan segar dan kepiting yang bisa kamu olah sendiri di rumah.

8. Aroma Sop Seafood

Restoran ini berada di Muara Karang, Jakarta Utara ini memiliki banyak pengunjung. Hal ini karena restoran ini terkenal dengan seafood segar dan sajian khas Nusantara serta peranakan. Salah satu makanan andalannya adalah Ikan Tim Nyonya. Porsi makanan di restoran ini terkenal besar, jadi ada baiknya kamu datang bersama keluarga.

9. Aroma Sedap

Restoran ini menyajikan hidangan seafood khas Pare-Pare dengan bangunan restoran yang terlihat sederhana dari luar namun kamu akan betah berada di dalamnya karena tempatnya yang bersih dan interiornya cukup artistik. Kamu akan melihat lukisan penampakan kota Jakarta pada dindingnya sebagai hiasan. Aroma Sedap jadi menjadi salah satu restoran seafood yang ada di Jakarta Pusat, yaitu kawasan Menteng Jalan Teuku Cik Ditiro No. 43.

10. Talaga Sampireun

Restoran berkonsep rumah makan tradisional Sunda ini menyediakan menu-menu khas Sunda dan aneka hidangan ikan air tawar dan laut yang sangat lezat. Sambil menikmati hidangan andalan mereka, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang dikelilingi kolam ikan dan pepohonan. Talaga Sampireun memiliki beberapa outlet, di Bintaro, Ancol dan Puri Indah. Suasana restoran ini sangat cocok untuk acara kumpul keluarga. Di sini, mereka juga menyediakan paket BBQ yang menggunakan seafood segar.

11. Wiro Sableng 212 Kelapa Gading

Restoran seafood ini terkenal di Jalan Boulevard Raya Nomor 12. Restoran ini terkenal karena porsinya yang besar dan penyajian yang cepat.  Restoran ini juga terlihat sering ramai saat malam hari dan akhir pekan. Sehingga, tidak ada salahnya kamu untuk makan di sana bersama keluarga dan menikmati cita rasa khas wiro sableng 212.

12. Kepiting Asap Cendrawasih

Restoran yang ada di dekat Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini memiliki hidangan kepiting sebagai menu yang terkenal di sana. Selain itu, ada juga seafood lain seperti tiram dan ikan. Semua seafood di sini dimasak jadi beragam masakan Indonesia. Di sini, kamu pun bisa memilih makan dengan suasana indoor atau outdoor dengan harga per porsi menu kepitingnya mulai dari Rp85.000, sepadan dengan rasanya yang enak.

13. Santai Malam 1001

Restoran yang berada di daerah Kelapa Gading Timur ini juga menyediakan aneka menu ikan, udang, kerang dan cumi yang dimasak dengan bermacam-macam saus di sini. Pilihan sausnya terdiri dari saus padang, saus lada hitam, saus pedas dan saus tiram. Kamu juga bisa request seafood goreng mentega atau kering. Restoran ini juga memiliki harga terjangkau, di mana semua menu dihargai mulai Rp50.000.

Itulah beberapa restoran seafood yang terkenal dan tips menjalankan bisnis restiran seafood yang bisa kamu jalankan. Jadi, sudah tau mau menjalankan bisnis hidangan laut seperti apa nanti?

Apapun bisnis yang kamu jalankan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian penghasilan kamu dengan berinvestasi di Ajaib. Di Ajaib, kamu bisa memulai investasi dengan mudah, kapan dan di mana saja. Hanya dengan Rp10 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi di Ajaib! Yuk investasi sekarang!

Artikel Terkait