Milenial

8 Game Mabar Seru yang Bisa Dimainkan di Rumah saat Covid-19

game mabar

Ajaib.co.id – Di tengah wabah virus corona yang terjadi di Indonesia, hal ini membuat kamu harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Namun, bersyukurlah bagi kamu yang hidup di tengah-tengah perkembangan zaman seperti saat ini. Sebab, kamu masih bisa menggunakan ponsel pintarmu untuk bermain game mabar secara online bersama teman-temanmu.

Bermain game mabar melalui ponsel pintarmu bisa menjadi pilihan terbaik untuk saat ini, guna menghilangkan kejenuhan dan kebosananmu saat harus menghabiskan banyak waktu hanya di rumah saja. Berikut beberapa game mabar terbaik yang bisa kamu mainkan di ponsel pintar milikmu antara lain:

Ludo King

Game online terbaik yang bisa dimainkan secara mabar adalah Ludo King, permainan ludo sangat populer bagi generasi milenial di Indonesia sebagai salah satu game mabar favorit yang sering dimainkan oleh mereka. Di mana, kamu bisa memainkan permainan Ludo King melalui perangkat Android, iOS, Windows Phone, Windows 10 Mobile, dan Macintosh operating system.

Bagi kamu pengguna Android, kamu bisa unduh aplikasi Ludo King di Google Play Store, aplikasi game online ini bisa kamu mainkan bersama-sama sebanyak 4 orang. Kamu bisa memilih untuk bermain dalam satu device ataupun secara online.

Mobile Legends: Bang Bang

Kalau game multiplayer yang satu ini, kayaknya tidak mungkin asing lagi di telinga generasi anak-anak muda Indonesia. Saking populernya game ini, saat ini game Mobile Legends: Bang Bang sudah menjadi salah satu game esports yang di kompetisikan secara nasional ataupun internasional di Indonesia, bahkan dunia.

Game ini bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), game ini bisa mengingatkan kita pada zaman-zaman saat kita masih sering bolak-balik ke warnet, salah satu game warnet yang booming kala itu adalah Dota.

Di mana, konsep permainan Mobile Legends: Bang Bang tidak jauh berbeda dengan permainan Dota. Di aplikasi game MOBA ini, kamu bisa bermain 5 vs 5 secara online melalui masing-masing device pemain.

PUBG Mobile

Player Unknown’s Battlegrounds atau PUBG, merupakan salah satu game terbaik di zaman now. Di balik kesuksesan game ini ada nama besar perusahaan milik Alibaba Group, yaitu Tencent.

PUBG berkonsep game open world, di mana kamu bisa masuk ke rumah untuk mengambil senjata dan lain sebagainya. Kamu bisa bermain PUBG bersama teman-temanmu dengan 4 vs 4 team deathmatch dan zombie, ataupun pertarungan klasik.

Free Fire

Walaupun terlihat sama dengan game PUBG, ternyata Free Fire memiliki perbedaan dengan PUBG yakni dari segi server yang dimiliki, grafis, dan gameplay. Server Free Fire sudah menggunakan server Indonesia, sedangkan PUBG belum.

Sedangkan untuk detail lingkungan seperti rerumputan di Free Fire sangat terlihat jelas, untuk gameplay PUBG lebih terlihat real karena tidak memiliki bantuan untuk menembak secara otomatis dan harus perlu diarahkan, kalau Free Fire memiliki kendali yang otomatis.

8 Ball Pool

Game mabar online ringan bagi Android yang bisa kamu unduh dan mainkan adalah 8 Ball Pool, mungkin game ini lebih familiar bagi kamu saat memainkannya di sosial media, Facebook.

Saat ini, game ini bisa kamu mainkan di Android dan iOS. Kamu bisa memainkan game ini secara multiplayer dengan mengundang temanmu untuk bermain ke dalam game ini.

Selain itu, kamu juga bisa membeli peralatan billiard untuk semakin membuat pukulanmu lebih akurat, lebih bertenaga, dan lain sebagainya. Tergantung dari peralatan-peralatan yang kamu beli nantinya.

Chess Live

Jika kamu suka mengasah kemampuan otakmu dengan bermain catur, kamu bisa bermain catur secara virtual di aplikasi Chess Live. Kamu bisa memilih melawan komputer atau orang lain secara online dari penjuru dunia.

Kalau kamu hanya memilih untuk bermain catur melawan komputer, level atau tingkat kesulitan dari lawan yang akan dihadapi dari tingkat 1 hingga tingkat 5. Sedangkan, dengan melawan orang lain secara online dari penjuru dunia, kamu jadi tahu tingkat kemampuan yang kamu miliki saat harus menghadapi lawan human vs human.

Ular Tangga Raja

Selain game ringan seperti Ludo King, kamu juga bisa bermain mabar secara online di aplikasi Ular Tangga Raja. Kamu bisa memilih ingin melawan komputer ataupun player dalam permainan ular tangga secara virtual ini. 

Permainan ular tangga memang sudah dikenal oleh kita sejak masih kecil sebagai permainan yang bisa melepas penat dan stres, dan bisa dimainkan oleh banyak orang sekaligus.

Badminton 3D

Suka bermain bulutangkis secara real di lapangan indoor? Mengapa tidak kamu coba alternatif lainnya untuk menyalurkan hobimu tersebut melalui aplikasi Badminton 3D, yang bisa kamu unduh gamenya di Android.

Kamu bisa bermain game Badminton 3D dengan gameplay melawan komputer dan ikut berpartisipasi dalam turnamen ataupun melawan player lainnya secara online.

Kamu bisa membeli peralatan bulutangkis seperti raket dan sepatu untuk menambah kekuatan pukulan atau smash. Sedangkan sepatu bisa menambah kecepatan saat bermain game ini.

Itulah beberapa game mabar yang bisa kamu mainkan untuk mengisi waktu luangmu di rumah, yang mana aplikasi game mabar di atas termasuk game online ringan hingga berat untuk device-mu.

Oleh karenanya, kamu perlu menyiapkan perangkat atau ponsel pintar yang memang kompatibel dengan spesifikasi dari aplikasi game tersebut, agar kamu bisa menikmati dan merasa nyaman saat bermain game tersebut di selah-selah waktu luangmu di rumah.

Dari beberapa aplikasi game mabar online terbaik di atas, game mana yang saat ini sangat ingin kamu mainkan di ponsel pintarmu?

Bacaan menarik lainnya:

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait