Investasi

7 Kiat Investasi Modal Minim dengan Edukasi dari BNP Paribas

bnp paribas

Ajaib.co.id – Modal minim bukan alasan untuk tidak berinvestasi. Justru dari modal sedikit demi sedikit itu lama-lama memperoleh keuntungan selangit. BNP Paribas memiliki kiat mudah investasi.

BNP Paribas Asset Management merupakan perusahaan yang memberikan layanan pengelolaan investasi kepada nasabah institusi maupun ritel di seluruh dunia. Di Indonesia, perusahaan yang menjadi bagian dari BNP Paribas Group ini berdiri sejak 1992 dan menjadi salah satu perusahaan Manajer Investasi (MI) berpengalaman.

Berdasarkan informasi pada laman perusahaan di bnpparibas-am.co.id, perusahaan mempunyai total dana kelolaan dan advis senilai Rp 30,27 triliun. Selain itu, perusahaan juga berkomitmen untuk mengedukasi investor pemula melalui kampanye Aku Bisa Investasi dan program BNP Paribas AM Investment Academy.

Edukasi Investasi

Dalam mengedukasi, masih berdasarkan laman perusahaan, BNP Paribas Asset Management mengatakan bahwa setiap orang dapat berinvestasi. Bahkan berapapun gajinya, seseorang bisa melakukannya. Karena pada dasarnya, investasi tak membutuhkan banyak dana. Jadi investor pemula dengan modal minim dapat menanamkan modalnya.

Saat ini, investasi bukan hal mewah yang harus menggelontorkan dana ratusan juta. Dana ratusan ribu pun bisa dimanfaatkan untuk investasi. Apalagi sekarang, investasi mempermudah investor dalam proses pembukaan rekening, mencari referensi produk, transaksi, hingga pencairan melalui platform digital.

Salah satu instrumen investasi dengan kriteria di atas adalah reksa dana. Reksa dana merupakan wadah yang menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau investor dan setelah terkumpul, dana akan diinvestasikan oleh MI pada beberapa instrumen investasi.

Berdasarkan jenisnya, reksa dana dibedakan menjadi empat yaitu pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Masing-masing memiliki profil risiko dan alokasi investasi berbeda. Namun semua jenis tersebut dikelola secara profesional oleh MI. Dalam menjalankan perusahaan, MI harus mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kiat Investasi Modal Minim

Nah buat kamu yang tertarik berinvestasi, BNP Paribas AM memiliki enam kiat mudah. Terutama buat kamu pemilik modal minim.

Menentukan Tujuan Investasi

Tujuan investasi dapat mempermudah investor dalam menghasilkan target sekaligus motivasi menyisihkan uang. Jadi apa tujuanmu berinvestasi? Tentukan tujuan, tetapkan waktu kapan merealisasikannya, dan cari tahu profil risikomu. Ketiga hal tersebut penting dalam memilih jenis reksa dana.

Mengidentifikasi Profil Risiko

Setiap instrumen investasi memiliki jangka waktu serta profil risiko berbeda. Begitu juga dengan reksa dana. Seperti yang sudah disinggung di atas, mengidentifikasi profil atau toleransi risiko merupakan hal penting sebelum memilih jenis reksa dana yang cocok dengan tujuanmu.

Profil risiko ini disebut juga kemampuan investor untuk menerima kehilangan sebagian atau seluruh pokok investasi. Dengan tujuan meraih potensi imbal hasil maksimal.

Reksa dana pasar uang cocok untuk investasi jangka pendek dan profil risiko konservatif, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran lebih baik digunakan untuk jangka menengah dan profil risiko moderat.

Sedangkan reksa dana saham untuk jangka panjang plus profil risiko agresif. Ingat, setiap investasi ada risikonya. Jadi jangan tergiur investasi besar tetapi risiko rendah dan bisa mendatangkan untung melimpah. Kemungkinan besar, hal itu adalah investasi abal-abal.

Jangka Waktu Investasi

Mari kita bahas jangka waktu investasi reksa dana lebih lanjut. Jangan sampai kamu salah memilih portofolio.

Jika tujuan investasimu jangka pendek atau kurang dari setahun, pilih reksa dana pasar uang. Portofolio pasar uang memiliki risiko rendah dan cenderung stabil.

  • Jangka waktu satu-tiga tahun, pilih reksa dana pendapatan tetap.
  • Jangka waktu tiga-lima tahun, miliki reksa dana campuran
  • Jangka waktu lebih dari lima tahun, investasi pada reksa dana saham.

Membaca Prospektus Reksa Dana

Setelah itu menentukan hal di atas, langsung cek portofolio reksa dana incaranmu. Namun sebelum bertransaksi, ada baiknya membaca prospektus dan fund factsheet reksa dana.

Di sana terdapat informasi detail mengenai produk, kinerja, serta alokasi dana. Lalu bandingkan dengan portofolio lain yang masih satu jenis. Hal ini bisa membantumu dalam memilih produk reksa dana.

Mengetahui Biaya Lain-lain

Masing-masing MI memiliki ketentuan berbeda mengenai biaya. Tetapi pada umumnya, pembelian reksa dana disertai biaya lain. Seperti biaya transaksi, yaitu pembelian, penjualan, dan switching.

Pilih MI Terpercaya

Hal yang tak kalah penting adalah memilih MI terpercaya. Kenapa? Karena MI akan mengelola sekaligus menginvestasikan modal para investor. Sehingga pilih MI yang berpengalaman dalam mengoperasikan bisnisnya, memiliki reputasi baik, proses investasi terstruktur, dan mendapatkan izin dari OJK. Jadi jika ada masalah, MI akan bertanggungjawab dan segera menyelesaikannya.

Reksa Dana Syariah Tiongkok

BNP Paribas Asset Management telah menerbitkan reksa dana syariah dengan jenis saham. Sehingga portofolio akan berinvestasi pada saham perusahaan yang berdomisili di Tiongkok, CNBCIndonesia.com (16/01/2020).

Menurut Maya Kamdani Siboe, Direktur BNP Paribas Asset Management, reksa dana bernama Reksa Dana Saham Syariah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD ini berdenominasi dolar Amerika Serikat. Dipilihnya, perusahaan asal Tiongkok karena perusahaan ditopang sektor inovasi dan teknologi dengan pertumbuhan ekonomi negara yang baik.

Produk terbaru tersebut memiliki karakteristik: perusahaan telah melalui penilaian efek syariah, menerapkan strategi berkelanjutan, alternatif investasi di tengah volatilitas nilai tukar, dan didukung afiliasi BNP Paribas tingkat global. Produk akan dipasarkan melalui agen penjual reksa dana (aperd), bank, dan sekuritas.

Tertarik berinvestasi di reksa dana dengan cara mudah? Unduh aplikasi Ajaib di Play Store atau App Store. Aplikasi ini mempermudah investor pemula dalam mendaftar, berinvestasi, hingga mencairkan dana bebas biaya. Investasi dapat dimulai dari Rp10.000.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait