Banking

4 Produk Perbankan Populer yang Sering Digunakan

produk perbankan

Ajaib.co.id – Produk perbankan apa sih yang sering digunakan oleh masyarakat? Untuk menjawabnya, ada baiknya kamu simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

kamu sudah pasti sangat familiar sekali dengan bank, dari mulai melakukan setoran, pembukaan rekening dan banyak lagi. Data statistik perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juli 2019 mencatat saar ini ada 115 bank umum yang terdaftar, sedangkan jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sudah tercatat sebanyak 1.597 bank.

Adapun fungsi bank yang paling utama dan sudah dikenal masyarakat antara lain melakukan penghimpunan dan menyalurkan dana bagi nasabahnya. Disisi lain, Bank sendiri memiliki beragam produk perbankan. Produk perbankan  ini memiliki banyak manfaat dan keunggulan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial kamu.

Dari beragam produk perbankan  yang ditawarkan oleh bank, kamu tentunya sudah sangat paham bahwa setiap produk memiliki manfaat dan risikonya tersendiri. Maka dari itu, kamu perlu untuk mengetahui manfaat sekaligus risiko yang membayangi pilihan produk perbankan .

Tanpa berpanjang kata, inilah beberpa keuntungan dan kerugian dari beberapa produk perbankan  yang saat ini laris di masyarakat, antara lain :

Tabungan

Produk perbankan  yang sangat umum adalah tabungan. Produk keuangan ini tidak hanya terdiri dari satu produk, tapi juga berkembang menjadi banyak ragam jenis, mulai dari tabungan berencana, tabungan berjangka, tabungan haji dan lain sebagainya.

Selain itu, produk berupa tabungan yang populer di masyarkat juga dapat dijadikan sebuah wadah dalam menyimpan uang dengan lebih aman. Berbagai kantor juga menyediakan tabungannya kepada para karyawannya dalam hal melakukan beragam kepentingan lain. Sebab itu melalui tabungan, kamu juga dapat melakukan berbagai rencana pemindahan dana secara singkat dan aman. produk perbankan , tabungan memiliki beberapa karakteristik seperti :

Buku Tabungan

Setiap nasabah yang sudah memilih untuk menabung di bank, tentunya akan mendapatkan buku rekening tabungan. Adapun fungsi daripada buku tabungan adalah untuk mengetahui informasi dan rincian seluruh transaksi yang dilakukan.

ATM

Bank juga akan memberikan kamu, Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang mana kartu ini akan menjadi fasilitas dari produk tabungan dalam melakukan beragam transaksi perbankan yang dibutuhkan nasabah.

Setoran Awal 

Setoran awal merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan calon nasabah bank. Setiap bank juga memiliki aturan yang berbeda mengenai setoran awal ini. Setoran awal merupakan sejumlah dana yang wajib diberikan pada bank sebagai bentuk kepercayaan nasabah untuk menabung di bang yang bersangkutan.

Bunga

Bunga adalah sebuah keuntungan yang diberikan bank kepada nasabah. Meskipun nilainya sangat kecil nasabah umumnya sangat senang mendengar nominal bunga yang diberikan bank. Disisi lain, bunga ini tentunya akan dipotong oleh biaya administrasi dan pajak, sehingga bisa jadi bunga yang disebutkan tidaklah pas sesuai yang dikatakan pihak bank.

Biaya Bulanan 

Dalam tujuan utama bank yakni menghimpun dana masyarakat, bank juga bertujuan mengelolanya dana untuk profit perusahaan dan berkontribusi dalam pembangunan nasional. Maka dari itu, bank tentunya akan mengenakan beragam bentuk biaya bulanan atau yang lazim dikenal sebagai potongan biaya administrasi bagi tiap nasabah yang menabung. Besaran biaya bulanan ini juga berbeda-beda, bergantung dari bank mana yang kamu pilih dan produk perbankan  apa yang ingin kamu ambil.

Giro

Ada juga produk bank lainnya berupa giro yang tidak berbeda dengan tabungan. produk perbankan  ini sama-sama merupakan produk yang digunakan untuk menyimpan uang kamu di bank dan tidak ada bedanya dengan tabungan.

Adapun beberapa dari karakteristik giro yang membedakan dengan tabungan, antara lain :

Jenis Nasabah

Tabungan seperti diketahui bisa dimiliki oleh seluruh kalangan. Bedanya dengan giro yang hanya bisa dimiliki oleh orang tertentu dan badan usaha.

Jenis Penarikan

Dalam produk perbankan  giro, kamu tidak dapat melakukan penarikan melalui ATM ataupun teller. Ini tentunya berbeda dengan tabungan, yang mana dana pada giro hanya dapat dicairkan dengan cek ataupun bilyet giro.

Cek merupakan metode pembayaran yang diterbitkan oleh pihak bank sebagai pengganti uang tunai dimana kamu dapat mencairkan dana yang tertera dalam cek ke dalam bentuk tunai selama dana itu tersimpan dalam giro kamu dan juga mencukupi.

Sementara bilyet giro merupakan bentuk atau alat transaksi pembayaran nontunai yang pencairannya tidak dapat dilakukan secara tunai. Sementara dana yang tertera dalam bilyet giro cuma bisa dicairkan dengan melakukan pindah buku ke rekening pihak tertentu. Uumumnya bilyet giro hanya bisa digunakan perusahaan dalam pembayaran gaji terhadap karyawan.

Syarat Pembukaan Rekening

Jika kamu berencana membuka rekening giro maka kamu perlu melampirkan data diri berupa kartu identitas dan juga mengisi formulir yang disediakan oleh pihak perbankan. Namun demikian jika kamu berencana membuka rekening giro, ada satu dokumen yang mutlak harus kamu miliki, yaitu berupa nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Deposito

Satu lagi produk perbankan  yang wajib kamu ketahui, antara lain deposito. Yang membedakan deposito dengan produk lainnya adalah masa pencairannya yang memiliki tenggat waktu tertentu. Penarikan ini tentunya berada di luar waktu tersebut yang hanya akan menimbulkan risiko, berupa penalti atau pemotongan dana daripada uang yang kamu simpan dalam deposito.

Jika kamu penasaran, berikut beberapa karakteristik deposito yang wajib kamu ketahui :

Jatuh Tempo

Dana yang ada di deposito tentunya hanya bisa dicairkan setelah masa atau jangka waktu perjanjian berakhir (jatuh tempo). Selanjutnya dana deposito yang sudah jatuh tempo juga bisa kamu perpanjang secara otomatis.

Batas Waktu Penyimpanan

Pada umumnya deposito mempunyai jangka waktu dari mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan sampai dengan 24 bulan. kamu juga bisa memilih bakal melakukan deposito dana kamu dalam bentuk mata uang rupiah ataupun mata asing atau valas.

Melalui jangka waktu yang berlaku tersebut, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat kamu membuka rekening deposito yang tentunya akan lebih besar dibandingkan dengan giro ataupun tabungan.

Kredit

Satu daripada tiga fungsi bank yang sangat membantu masyarakat adalah pemberian kredit. produk perbankan  ini tentunya memungkinan seseorang ataupun badan usaha melakukan produk dan membayarnya dalam jangka waktu yang disepakati.

Setiap kredit pasti memiliki karakteristik yang mengikat dari mulai jangka waktu, suku bunga yang telah disepakati, jaminan, cara pembayaran biaya administrasi, sampai dengan asuransi jiwa dan tagihan yang dibuat sebagai antisipasi apabila terjadi kredit macet ataupun debitur meninggal dunia. Karakteristik tentunya dilakukan guna memaksimalkan manfaat yang bisa diperoleh dari produk perbankan  ini.

Jika kamu masih penasaran, berikut beberapa manfaat kredit bagi masyarakat:

  • Mendorong pertumbuhan dan perluasan ekonomi,
  • Mengurangi tingkat pengangguran,
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat,
  • Memberikan rasa aman,
  • Menjadi modal usaha,
  • Mengembangkan usaha.

Bacaan menarik lainnya:

Hasibuan, S.P. Melayu. (2007). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : Bumi Aksara


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait