Dunia Kerja

10 Kunci Keberhasilan Sales Representatif yang Bisa Ditiru

sales representatif
Cropped shot of two businesspeople shaking hands during a meeting in the boardroom

Ajaib.co.id – Ingin menjadi seorang sales representatif yang hebat? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikan 10 kunci keberhasilan dari sales representatif. Disimak ya!

Tidak ada yang namanya terlahir sebagai penjual sejati. Tenaga penjualan yang hebat membuatnya terlihat mudah, tetapi kinerja yang superior biasanya menunjukkan bahwa seorang tenaga penjualan telah meluangkan waktu untuk mengasah keterampilan mereka dan terus-menerus mengulangi untuk lebih membantu prospek mereka.

Mulai dengan Tujuan Kamu

Jika kamu belajar untuk menjual sesuatu , mulailah dari akhir dan bekerjalah mundur. Mengetahui tujuan kamu dan mengukur kinerja kamu terhadap mereka adalah tempat yang paling penting untuk memulai.

Berapa banyak pelanggan yang kamu atau perusahaan kamu butuhkan, dan dalam jangka waktu berapa lama? Berapa banyak calon pelanggan yang kamu butuhkan untuk menutup target bulan ini? Berapa banyak koneksi yang kamu butuhkan untuk menghasilkan banyak peluang? Dan seterusnya. Lipat gandakan target pelanggan kamu dengan harga jual rata-rata produk perusahaan untuk mendapatkan jumlah pendapatan yang harus kamu tuju.

Pastikan kamu menetapkan tujuan penjualan pribadi juga. Kamu selalu dapat mengetahui kapan seorang tenaga penjualan berada di 2 teratas dari organisasi mereka. Mereka mengarahkan perhatian, bekerja pada keahlian mereka, memberikan pengalaman yang konsisten, dan mengeksekusi. Perilaku dan tindakan ini biasanya mendahului hasil.

Memilki tujuan untuk menjadi yang teratas dari organisasi kamu itu tidak akan terjadi besok, dan itu tidak akan mudah, tetapi selalu berusaha untuk yang teratas.

Mengakui Bahwa Penjualan Adalah suatu Proses

Penjualan bukan seni. Penjualan adalah sains dan teknologi.

HubSpot VP of Sales, Pete Caputa, dan profesor Harvard Business School serta mantan CRO HubSpot Mark Roberge adalah beberapa eksekutif penjualan paling sukses yang dikenal. Mereka adalah ilmuwan, dan mereka unggul dalam membuat proses penjualan klasik terukur. Jika kamu tidak melihat penjualan sebagai suatu proses, kamu kehilangan kapalnya.

Penjualan berubah dengan cepat, tetapi beberapa hal akan selalu sama. Untuk mendapatkan pelanggan, kamu harus menetapkan kebutuhan dan minat mereka pada produk kamu, mengatasi guncangan dalam bisnis mereka, dan menentukan jangka waktu untuk menjual.

Jika kamu memperlakukan setiap proses penjualan dengan cara yang sama, kamu dapat dengan mudah melewatkan sesuatu. Pahami bahwa setiap bisnis memiliki buku pedoman sendiri karena suatu alasan. Jadi sebelum kamu menelepon calon pelanggan, duduklah bersama manajer kamu untuk memahami proses perusahaan kamu secara menyeluruh.

Ini termasuk mempelajari cara memposisikan produk kamu, mendapatkan strategi untuk berbicara tentang prospek, memahami proposisi nilai kunci kamu, dan menemukan seperti apa pelanggan ideal kamu, hanya untuk menyebutkan beberapa faktor dari setiap proses penjualan yang sukses.

Identifikasi Kesulitan Bisnis

Kamu harus dapat mengidentifikasi kesulitan bisnis prospek kamu dan membedakannya dari masalah bisnis pabrik yang mereka jalankan. Jika langkah proses mereka sedikit mengganggu, siapa yang peduli?

Rasa sakit tidak mendapatkan luka di lengan kamu – rasa sakit adalah kaki kamu jatuh. Kesulitan bisnis sejati dibahas setiap hari di kantor eksekutif dan ruang rapat. Seseorang mungkin telah menyisihkan anggaran untuk menyelesaikannya. Jika itu merupakan faktor penting bagi kesuksesan bisnis mereka, kamu telah menemukan kesengsaraan bisnis yang nyata.

Sebagai tenaga penjualan, kamu perlu membangun kepercayaan dengan prospek kamu. Pembeli membutuhkan keyakinan bahwa kamu memahami masalah mereka dan memiliki sumber daya untuk menyelesaikannya. Tetapi hubungan kamu tidak berakhir setelah penjualan – kamu secara etis dituntut untuk memenuhi janji kamu. Persiapkan prospek untuk transisi ke produk kamu dan berikan mereka semua bantuan yang mereka butuhkan, dan kamu akan memiliki pelanggan yang bahagia.

Ukur Setiap Langkah

Apa pun yang dilakukan layak untuk diukur, dan apa pun yang dapat diukur dapat ditingkatkan.

Ingat ketika kamu menetapkan tujuan? Jadilah fanatik tentang mengukur kinerja kamu sendiri. Pada tingkat yang kamu jual hari ini, apakah kamu akan mencapai angka kamu di akhir bulan? Apakah strategi penutupan kamu mengubah prospek menjadi pelanggan? Jika tidak, ubah sesuatu.

Jangan menunggu sampai terlambat untuk mencapai angka kamu bulan ini. Jika kamu mengukur semua yang kamu lakukan, kamu akan dapat memecahkan masalah saat masalah itu muncul.

Di zaman sekarang ini, ada banyak sekali sumber daya pelatihan. Pencarian Google sederhana untuk area di mana kamu berjuang akan menghasilkan sejumlah besar materi yang dapat membantu kamu. Manajer kamu akan dengan senang hati membantu kamu juga, terutama jika kamu meminta bantuan sebelum terlambat.

Jual ke Orang yang Tepat

Prinsip ini adalah jantung dari metodologi penjualan inbound.

Biasanya pada hari-hari awal karir, kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk menjangkau orang-orang yang tidak ingin berbicara dengan kamu. Tetapi waktu bergulir, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu berhubungan dengan orang-orang yang ingin mendengar apa yang kamu katakan.

Itulah kekuatan pemasaran inbound. Dengan membuat atau membuat konten berkualitas tinggi dan bermanfaat dan membiarkan prospek datang kepadamu pada saat yang tepat, kamu akan menghemat waktu dan meningkatkan kemungkinan untuk menutup penjualan.

Merangkul Tim Penjualan

Ketika kamu mulai dalam penjualan, kamu ingin membuat nama untuk diri sendiri. Banyak perwakilan berpikir cara tercepat untuk melakukan ini adalah dengan melakukan kompetisi sendiri.

Pendekatan itu dapat mengukung kamu dan membuat kehilangan banyak hal. Perwakilan modern, terlepas dari tingkat pengalaman mereka, harus merangkul tim penjualan.

Misalnya, jika kamu tidak berhasil berbicara dengan CEO dari sebuah perusahaan besar, tanyakan pada seorang pemimpin penjualan apakah mereka dapat membantu kamu dengan meningkatkan senioritas mereka dan lakukan itu terlebih dahulu.

Lakukan ini sepanjang waktu untuk repetisi. Gunakan keahlian di tim kamu untuk membuka lebih banyak kesepakatan. Kamu akan belajar keterampilan yang berharga di sepanjang jalan.

Melakukan Tinjauan Panggilan

Manajer tim kamu mungkin sudah melakukan tinjauan panggilan terjadwal secara teratur, tetapi kadang-kadang itu tidak cukup.

Identifikasi tenaga penjualan dalam organisasi kamu yang unggul dalam hal-hal yang berbeda. Tahu seorang sales represtatif yang hebat dalam menutup prospek yang sulit? Duduklah dengannya, dan minta dia meninjau prospek yang sulit.

Mengagumi seorang sales representatif yang hebat dalam bernegosiasi? Minta dia untuk meninjau negosiasi terakhir yang kamu lakukan dan dapatkan rincian tentang meningkatkan setiap bagian.

Dengar Masukan dari Rekan Kerja

Sepanjang jalur yang sama, kamu dapat belajar banyak tentang keunggulan dalam penjualan dengan mendengarkan yang terbaik, yaitu rekan kerja kamu.

Luangkan waktu setiap minggu, atau setiap bulan, untuk mendengarkan bagaimana rekan satu tim kamu melakukan penjualan yang berhasil. Apakah kamu mendengarkan langsung atau mendengarkan rekaman dari percakapan melalui ponsel, kamu dapat mengambil frasa kunci, teknik membangun hubungan, dan strategi penutupan yang dapat kamu personalisasi pada penjualan kamu sendiri.

Temukan Seorang Mentor

Penting untuk memeriksa dengan rekan-rekan kamu untuk mengasah keterampilan menjual kamu dan alur kerja sehari-hari. Tetapi penting untuk berpasangan dengan seorang mentor yang dapat membantu kamu merencanakan dan mengembangkan karier kamu. Orang ini harus membantu kamu membayangkan di mana kamu melihat diri kamu sendiri dalam satu, lima, dan sepuluh tahun ke depan.

Identifikasi seorang mentor yang:

  • Telah menemukan kesuksesan dalam karir yang kamu cita-citakan
  • Telah mencapai prestasi atau tonggak tertentu yang kamu kagumi
  • Memiliki pengalaman yang berlaku untuk jalur karier kamu sendiri

Setelah kamu mengidentifikasi seseorang yang memiliki pengalaman dan ketersediaan untuk menjadi mentor kamu, aturlah pertemuan bulanan atau tiga bulanan dengan mereka. Dan diskusikan bagaimana kamu berdua mengantisipasi menghabiskan waktu itu sehingga bermanfaat.

Ajukan Pertanyaan yang Benar

Bagian ini harus dipecah menjadi dua pertanyaan yang berbeda:

  • Ajukan pertanyaan yang tepat untuk manajer kamu: “Apakah saya memenuhi harapan?” “Bagaimana saya bisa melebihi harapan?” “Umpan balik apa yang saya miliki tentang kinerja saya?” Pertanyaan-pertanyaan ini menunjukkan bahwa kamu haus akan pengembangan profesional. Merekalah yang akan membantu kamu tumbuh – dan itulah yang dibutuhkan tenaga penjual yang baik untuk memajukan karier mereka.
  • Ajukan pertanyaan yang tepat tentang prospek kamu: Bertanya adalah bentuk seni yang dipraktikkan dan dioptimalkan dari waktu ke waktu. Bekerjalah dengan perwakilan yang berhasil di tim kamu untuk menemukan pertanyaan mana yang terbukti paling bermanfaat ketika berbicara dengan prospek mereka. Dan bangun perpustakaan kamu sendiri untuk pertanyaan-pertanyaan yang mendetail.

Saran terpenting untuk kamu adalah belajar dari tim kamu hari ini, besok, dan 10 tahun mendatang. Itulah yang membuat kamu menjadi sales representatif yang hebat. Dan itulah yang membuat sales person menjadi karier yang hebat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait