Dunia Kerja

Mengenal Prospek Kerja Psikologi & Jenjang Karirnya

sarjana psikologi

Ajaib.co.id – Bicara tentang istilah psikologi, kebanyakan orang pasti langsung berpikir jika ilmu ini mempelajari tentang gangguan kejiwaan atau masalah kondisi psikis seseorang. Padahal, psikologi tidak sesempit itu alias sangat luas. Banyak orang beranggapan jika mengenyam bangku kuliah dengan jurusan ilmu psikologi, maka jenjang karir setelah lulus sebagai sarjana psikologi adalah menjadi psikolog atau psikiater.

Padahal, untuk menjadi seorang psikolog dan psikiater harus menempuh pendidikan lagi yang fokus ke arah sana. Beberapa orang mungkin tidak mengetahui jika sebenarnya banyak lapangan kerja yang tersedia untuk lulusan sarjana psikologi. Bisa dikatakan, posisi kerja ini berhubungan atau membutuhkan basis pelajaran yang hanya ada di jurusan ilmu psikologi.

Bagi kamu yang sedang kuliah atau calon mahasiswa jurusan ilmu psikologi, satu hal yang pasti lapangan kerja dan jenjang karir untuk sarjana psikologi sangat luas. Kira-kira, pekerjaan seperti apa yang cocok dan berhubungan dengan lulusan sarjana psikologi? Berikut ini akan dibahas karir yang bisa diraih oleh seorang lulusan sarjana psikologi.

Untuk menekuni bidang ilmu psikologi, seorang sarjana psikologi diharuskan melanjutkan studi mereka melalui jenjang S2 profesi. Akan tetapi, bukan berarti bagi S1 Psikologi tidak dapat menemukan pekerjaan yang masih erat kaitannya dengan ilmu psikologi. Berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa ditekuni ketika lulus sebagai sarjana psikologi:

Human Resource Development atau HRD

Jenjang karir sebagai HRD di sebuah perusahaan mungkin menjadi contoh konkret bagi hampir setiap orang yang mengetahui lulusan sarjana psikologi, dapat mengambil posisi ini. Tugas seorang HRD yang mengelola Sumber Daya Manusia di sebuah perusahaan meliputi proses perekrutan, evaluasi kinerja setiap karyawan, proses pengembangan setiap karyawan, menjamin kesejahteraan karyawan, menjadi penengah permasalahan antar karyawan, dan masih banyak lainnya.

Kemampuan seorang HRD dalam memenuhi dan menyelesaikan tugas tersebut membutuhkan pendidikan yang berkaitan dengan ilmu psikologi. Oleh karena itu, HRD di sebuah perusahaan bisa menjadi karir yang kamu ambil setelah menjadi sarjana psikologi.

Motivator atau Public Speaker

Menjadi seorang motivator untuk memberikan inspirasi bagi setiap orang bisa menjadi pencapaian kamu sebagai lulusan sarjana psikologi. Berbicara di depan umum dan mampu mengajak orang-orang untuk mengembangkan dirinya membutuhkan ilmu psikologi, di mana hal ini yang kamu dapat ketika menjadi seorang lulusan sarjana psikologi. oleh karena itu, motivator bisa menjadi pilihan pada karir kamu ke depan.

Psikolog

Psikolog menjadi salah satu prospek kerja psikologi yang sering dibutuhkan di era seperti sekarang. Psikolog sendiri memiliki beberapa jenis, mulai dari psikolog klinis, forensik, olahraga, psikolog anak, psikolog remaja, psikolog rumah tangga, psikolog anak berkebutuhan khusus, dan lain sebagainya. Tugas dan tanggung jawabnya pun berbeda, tergantung pada jenis psikolog yang kamu dalami dan jadikan prospek kerja. Contohnya, psikolog klinis akan berhubungan dengan gangguan kesehatan mental seseorang, dan membantu orang-orang untuk dapat menjalani kehidupan “normal” kembali. Di sini, kamu bertugas menangani gangguan mental, seperti ganguan kecemasan, phobia, depresi, hingga gangguan makan sekalipun.

Analis

Jenjang pekerjaan sebagai analis juga bisa diraih oleh lulusan psikologi. Di mana, jurusan psikologi mempelajari proses perkembangan manusia. Misalnya saja, kamu yang tertarik untuk melakukan riset pendidikan di Indonesia. Apakah kurikulum yang digunakan sudak baik? Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan dasar perkembangan manusia, ditambah dengan psikologi pendidikan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset melalui analisis di bidang lainnya berdasarkan minat.

Konsultan

Jenjang pekerjaan berikutnya untuk lulusan sarjana psikologi adalah konsultan. Di dalam ilmu psikologi kamu akan mempelajari psikologi perkembangan. Dengan menjadi konsultan untuk perkembangan anak, remaja, hingga dewasa, maka lulusan sarjana psikologi mampu menyesuaikan pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki sewaktu kuliah.

Konselor

Konselor bisa menjadi pilihan jenjang pekerjaan untuk lulusan sarjana psikologi. Tugas sebagai konselor sendiri adalah berinteraksi dengan suatu individu atau masyarakat untuk menangani serta menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Hal ini biasa disebut dengan metode konseling.

Peluang kerja ini cocok buat kamu yang senang mendengarkan cerita orang lain, dan juga ingin membantu mereka. Dengan menjadi konselor berarti kamu telah membantu klienmu untuk bercerita dan mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Kamu juga bisa memberikan arahan kepada klien untuk mengambil keputusan dengan tujuan meredakan kebingungan mereka, dan membuat mereka lebih positif.

Peneliti

Riset atau penelitian tidak hanya dilakukan oleh seorang ilmuwan saja. Bagi kamu yang tertarik melakukan riset dengan objek permasalahan suatu fenomena atau kebiasaan di diri manusia, maka peneliti bisa menjadi jenjang pekerjaan. Di dalam jurusan psikologi kamu akan mempelajari metode penelitian serta statistika secara mendalam.

Dengan mempelajari metode ini maka lulusan sarjana psikologi dapat mengambil jenjang kerja sebagai peneliti dan fokus di bidang tersebut. Kamu bisa melakukan penelitian-penelitian yang memiliki manfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia ke depan. Selain itu, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan bidang Research and Development atau R&D dalam mengembangkan bisnis mereka ke depannya. Oleh karena itu, lulusan sarjana psikologi bisa mengambil jenjang karir ini ke depan.

Guru Bimbingan dan Konseling

Menjadi seorang guru bimbingan konseling atau BK di sekolah adalah pilihan yang tepat setelah kamu lulus sebagai sarjana psikologi. Untuk menjadi seorang guru BK, kamu dituntut untuk memahami perkembangan pengetahuan dan kebiasaan saat ini yang sedang digemari. Ketika kamu telah memahaminya, kamu bisa menjalankan tugas utama dari seorang guru BK yaitu membimbing dan memotivasi setiap siswa dalam menemukan potensi terbaiknya.

Hal ini harus dipahami karena pola pikir setiap siswa tentu fokus pada kejadian dan perkembangan saat ini. Oleh karena itu, agar kamu dapat membimbing dan memberikan motivasi, kamu harus menemukan pemahaman terkait pola pikir mereka, dengan maksud dapat dimengerti. Bisa dikatakan, kamu harus menemukan beberapa metode yang dapat diterima oleh setiap siswa. Siswa juga tidak akan malu untuk menceritakan permasalahan dan kendala dalam proses belajar.

Dosen Psikologi

Nah, bagi kamu yang hobi mengajar dan ingin update dengan perkembangan ilmu psikologi, menjadi seorang dosen program studi psikologi menjadi salah satu peluang bagi kamu. Dengan begitu, ilmu yang kamu miliki tetap bisa tersalurkan kepada mahasiswa perguruan tinggi. Kamu juga bisa membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan yang benar dan memberikan mereka bekal sebelum mereka terjun langsung ke dunia kerja.

Sebenarnya, masih banyak pekerjaan yang bisa kamu pilih sesuai dengan harapan. Mengingat ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia, kamu tetap bisa beradaptasi dengan pekerjaan yang perannya tidak terlalu jauh dengan lulusan sarjana psikologi. Pada dasarnya, menemukan jenjang pekerjaan dan karir yang sesuai, balik lagi ke tangan kamu dalam memutuskan sesuatu dan berusaha mendapatkannya.

Bahkan jurusan yang paling dibutuhkan oleh hampir setiap perusahaan pun tidak akan bisa kamu raih, jika tidak melakukannya dengan serius dan usaha yang lebih. Oleh karena itu, kamu harus fokus menentukan jenjang kerja seperti apa yang akan diraih dan persiapkan sebaik mungkin untuk bisa meraihnya.

Mempersiapkan langkah untuk meraih jenjang karir kamu ke depan, tidak jauh berbeda dengan mempersiapkan dan mengelola keuangan yang dimiliki ke depan. Mengelola keuangan bisa dilakukan dengan melakukan investasi. Di mana, produk investasi kini semakin banyak jenis dan macamnya. Salah satu investasi yang dapat digunakan adalah reksa dana.

Ditambah reksa dana kini semakin dipermudah dengan akses secara online hanya melalui smartphone. Salah satu aplikasi yang dapat memberikan kemudahan kamu dalam menggunakan investasi reksa dana yaitu Ajaib. Ajaib hadir memberikan kemudahan bagi kamu dalam investasi reksa dana. Dengan keuntungan yang besar serta risiko rendah menjadikan investasi reksa dana kini semakin mudah, aman, dan praktis.

Kini saatnya menggunakan Ajaib sebagai media dalam berinvestasi reksa dana. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi reksa dana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait