Banking

Buka Rekening BCA Lewat Platform Digital, Solusi Anti Repot

buka rekening bca

Ajaib.co.id – Menyikap penyebaran Virus Corona, sejumlah perbankan membatasi jam operasionalnya termasuk pula Bank BCA. Masyarakat juga disarankan memanfaatkan layanan transaksi digital perbankan BCA untuk berbagai kebutuhannya. Bahkan bagi nasabah baru yang ingin buka rekening BCA bisa dilakukan lewat aplikasi saja.

Kehadiran Corona mengharuskan kita melakukan sejumlah penyesuaian termasuk dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya saja sistem kantoran dan sekolah yang sekarang dilakukan secara remote dengan berbekal jaringan internet. Meski demikian, layanan perbankan masih dibuka meski dengan jam operasional yang lebih pendek.

Seperti dilansir dari Kontan, jam operasional seluruh kantor cabang BCA untuk sementara berubah menjadi 08.15 – 14.00. Jam operasional tersebut berbeda dari sebelumya yang dimulai pada jam 08.00 – 15.00. Meskipun pengurangannya hanya 1 jam saja namun banyak nasabah yang terpaksa kecewa tidak bisa memenuhi kebutuhan perbankannya.

Solusi yang bisa diambil adalah dengan memanfaatkan digital perbankan dari BCA. Namun layanan ii bukan hanya khusus untuk nasabah lama, bahkan yang baru ingin membuka rekening tabungan BCA pun bisa melakukannya. Bahkan cara ini lebih mudah, tak perlu keluar rumah, cepat dan dijamin praktis.

Buka Rekening BCA dari Rumah Saja Lewat BCA Mobile, Begini Caranya

Buka rekening BCA semakin mudah untuk semua masyarakat Indonesia. Pasalnya, Bank Central Asia tersebut telah menggunakan platform digital. Seiring dengan transformasi digital BCA, saat ini nasabah BCA juga dapat melakukan beragam transaksi melalui solusi perbankan digital yang disediakan, seperti BCA mobile, internet banking, dan channel digital lainnya.

Sementara untuk yang belum menjadi nasabah BCA bisa mendapatkan fitur tersebut dengan buka rekening BCA sekarang juga. Tenang saja, kamu tak perlu keluar rumah kok untuk membuka rekening Tahapan BCA. Cukup di rumah saja dan kamu tetap bisa mendapatkan layanan dari bank terbesar di Asia Tenggaran ini.

Bank BCA memang telah mengatur sejak lama agar calon nasabah yang ingin membuka rekening BCA tak perlu repot datang ke kantor cabang. Dalam rangka meningkatkan pelayanan, BCA memanfaatkan platform digital bagi calon nasabah atau nasabah lama yang ingin membuka rekening baru. Layanan tersebut adalah membuka rekening melalui aplikasi BCA Mobile.

Layanan ini jelas hemat waktu dan tidak perlu mengganggu aktivitas sehari-hari. Lebih penting lagi, kamu bisa meminimalisir interaksi dengan orang lain untuk menekan penyebaran dan tidak terpapar Virus Corona. Buka rekening BCA via aplikasi juga akan tetap mendapatkan layanan mobile banking dan internet banking kok.

Layanan yang diluncurkan pada 11 April tahun lalu memudahkan nasabah dalam efisiensi waktu,serta kenyamanan bertransaksi. Dengan menggunakan layanan tersebut, nasabah tak perlu datang dan mengantre di kantor cabang BCA.

Jika kamu ingin buka tabungan BCA dengan simpel, unduh dulu aplikasi BCA Mobile melalui Playstore atau AppStore. Buat nasabah baru, klik fitur Buka Rekening Baru pada laman aplikasi. Ikuti tahapannya dan isi data diri dengan benar.

Bagi nasabah lama (yang sudah memiliki rekening BCA dan mengunduh BCA Mobile), gunakan nomor ponsel yang belum terdaftar di BCA Mobile sebelumnya. Klik Buka Rekening Baru dan ikuti tahapannya.

Ketika mengklik fitur Buka Rekening Baru, nasabah harus memilih jenis tabungan. Jenis yang tersedia saat ini adalah Tahapan untuk kebutuhan sehari-hari, Tahapan Xpresi untuk kebutuhan yang lebih sederhana, dan Tahapan Gold. untuk kemudahan dan transaksi bisnis.

Selanjutnya nasabah harus menyelesaikan empat tahap pengisian data. Pertama, mengisi pengisian data diri dan formulir permohonan sesuai dengan identitas diri yang masih berlaku. Jangan lupa menyiapkan e-KTP, NPWP jik ada, foto tanda tangan untuk mempersingkat prosesnya. Kedua, lakukan video call untuk verifikasi data nasabah. Tahap ini kamu membutuhkan jaringan internet stabil. Karena kamu akan terhubung ke Customer Service Officer (CSO) Halo BCA.

Tahapan ketiga, rekening akan diproses untuk pengaktifan layanan mobile dan internet banking. Kamu juga harus melakukan aktivasi M-BCA maupun internet banking BCA. Lalu tahap keempat, setoran awal. Nasabah sudah bisa melakukan setoran awal minimal setelah sampai ke tahap ini. Baik melalui mentransfer dari rekening lain atau setor tunai (tanpa kartu) di mesin ATM BCA Setor Tarik terdekat.

Setelah semua tahapan itu terpenuhi, kamu juga bisa mengajukan permintaan untuk mendapatkan fitur kartu paspor BCA. Bahkan lebih jauh lagi, kamu bisa memilih sendiri jenis kartu debit yang ingin dimiliki. Namun untuk melengkapi proses ini termasuk dengan membuat PIN untuk kartu debet dan memiliki buku tabungan BCA maka kamu harus datang ke kantor cabang BCA terdekat.

Namun tanpa kartu pun, kamu tetap bisa melakukan transaksi setor dan tarik tunai dengan sama mudahnya berbekal mobile banking BCA milikmu. Adapun, syarat pembukaan rekening ialah identitas diri dan usia minimal 17 tahun. Sedangkan jumlah setiran minimalnya sesuai dengan jenis rekening yang kamu pilih.

“Optimalkan digital banking experiences, nasabah dapat melakukan setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu dengan BCA mobile. Tak hanya itu, buka rekening melalui BCA mobile juga mengedepankan cardless, nasabah tidak perlu memiliki kartu fisik untuk bertransaksi,” ujar Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, dilansir dari laman BCA.co.id (11/04/2019).

Buka Rekening BCA Via MyBCA

Sebenarnya ada satu lagi pilihan untuk buka rekenung BCA tanpa harus datang ke kantor cabang. Caranya takni dengan MyBCA yang merupakan outlet layanan dari Bank BCA yang ditujukan bagi masyarakat perkotaan. Alternatif ini pas buat kamu yang mobile atau kerap jalan-jalan ke mal, juga berkesempatan membuat rekening baru.

Lokasinya terjangkau, karena berada di dalam mal dengan jam layanan mengikuti jam buka mal, dan tentu saja, buka setiap hari bahkan saat akhir pekan. Outlet MyBCA saat ini tersedia i berbagai mall di Jakarta, Tangerang dan Surabaya.

Adapun, myBCA merupakan layanan perbankan yang menyediakan deretan mesin ATM, informasi produk, pembelian dan top up kartu Flazz, pengajuan kartu kredit, KPR, KKB, KSM, serta layanan customer care oleh Halo BCA, dan pembukaan rekening .

Di myBCA, kamu bisa buka rekening BCA, khususnya Tahapan Xpresi dan Tahapan Berjangka (Tahaka), dengan cepat dan mudah. Caranya, datang ke layanan myBCA dan buat rekening di bilik Tahapan Xpresi, isi data diri (tersedia formulir daring) dan siapkan dokumen, video call, foto dan pilih kartu ATM. Dan rekening baru sudah siap.

Menabung dan Investasi

Menabung, sudah. Kini, saatnya kamu untuk melirik produk investasi. Jangan salah, bukan hany abuka rekeing BCA, kamu juga bisa berinvestasi lewat mobile BCA maupun internet banking. Kedua hal tersebut cukup penting buat dilakukan dengan sejalan.

Pasalnya, menabung merupakan kegiatan menyimpan uang, menerima gaji, atau transaksi jual beli. Manfaat memiliki tabungan adalah aman dan praktis karena tak perlu membawa uang banyak di dompet. Sedangkan investasi adalah kegiatan menanamkan modal yang berfungsi menambah kekayaanmu.

Karena investasi akan memberikan imbal hasil yang nilainya melebihi bunga tabungan. Investasi tidak membebankan biaya administrasi dan pajak bulanan. Namun bukan berarti investasi lebih penting daripada tabungan. Keduanya penting, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hal yang perlu kamu pertimbangkan adalah memanfaatkan uang tabungan untuk investasi guna melipatgandakan kekayaan.

Kamu mau jadi orang kaya sampai tua, kan?

Menurut Ivan Jaya, Head of Wealth Management and Client Growth Bank Commonwealth, mengatakan bahwa milenial perlu memerhatikan alokasi investasi. Karena investasi yang dilakukan sejak dini akan berkembang dan memberikan imbal hasil optimal, serta dana tersebut tidak tergerus inflasi, Bisnis.com (25/07/2019)

Baik produk tabungan maupun investasi, lanjut Ivan, sudah seharusnya dilakukan sejak muda. Hal itu untuk mewujudkan keuangan di masa depan dan keamanan keuangan ketika berada di usia tidak produktif.

Cara Investasi Paling Mudah

Saat ini, cukup mudah melakukan investasi. Sama seperti buka rekening BCA. investasi dapat dilakukan dengan platform digital. Caranya:

Investasi Sejak Dini

Jika kamu baru saja bekerja atau first jobber, saat yang tepat untuk memulai investasi. Tujuannya, seperti yang dikatakan oleh Ivan Jaya di atas. Meski demikian belum terlambat buat kamu yang belum memulai investasi. Untuk berapa jumlah dana investasi, itu tergantung kebutuhan dan tujuanmu.

Semakin banyak uang yang diinvestasikan, imbal hasil yang didapatkan akan sepadan. Begitu juga sebaliknya. Selalu ada risiko setiap investasi. Sebelum berinvestasi, bedah dulu alokasi dana per bulan.

Misalnya kamu harus memenuhi kebutuhan sehari-hari (belanja untuk rumah, makan, membantu bayar listrik, dan lainnya), transportasi, membayar tagihan (kartu kredit, asuransi, atau cicilan kendaraan), dan dana mendesak. Sisa dari keempat kebutuhan tersebut bisa digunakan untuk dana tabungan dan investasi.

Cara lain, kamu juga bisa mengalokasikan 10 persen gaji untuk dana investasi. Hal itu terlepas dari kebutuhan bulanan. Namun jika danamu terbatas, maka sebaiknya kamu jeli memilih produk investasi yang terjangkau misalnya saja reksa dana.

Memilih Produk

Selanjutnya, pilih produk investasi yang sesuai kebutuhan dan profil risikomu. Investasi logam mulia cocok untuk jangka panjang, minimal lima tahun, dan pembeliannya pun bisa dicicil; investasi saham untuk jangka panjang, harus membuka rekening efek, imbal hasil tinggi tetapi risiko juga tinggi.

Investasi reksa dana untuk profil jangka pendek hingga panjang, risiko kecil sampai menengah, semua tergantung portofolio yang dipilih. Investasi dimulai dengan Rp10,000. Info lebih lanjut, pelajari langsung di Ajaib.

Investasi obligasi untuk jangka pendek (minimal tiga tahun) hingga menengah dan minimal memerlukan dana Rp1 juta. Ada pula p2p lending yang jangka waktunya hampir sama seperti obligasi. Namun dana yang dikeluarkan berbeda-beda. Misalnya di Investree minimal Rp1 juta dan di KoinWorks minimal Rp100,000.

Disiplin Berinvestasi

Dan yang terakhir, kamu harus berinvestasi dengan disiplin. Sebisa mungkin sisihkan gaji untuk investasi dan kelola dengan cermat untuk hasil optimal. Kunci dari investasi yang sukses adalah sikap disiplin dalam jangka panjang.

Investasi yang memberikan hasil terbaik harus dilakukan dalam masa yang panjang juga untuk menekan risikonya. Memang ada investasi yang memberikan hasil dalam masa pendek misalnya saja trading saham atau trading valas namun risikonya tinggi. Sebagai investor pemula kamu harus berhati-hati agar bisa meraih untung dan bukannya merugi.

Artikel Terkait