Banking

Rekening Koran Adalah Dokumen Penting Bagi Nasabah, Benarkah?

rekening koran adalah

Belum pernah mendengar istilah rekening koran? Rekening koran adalah dokumen pencatatan transaksi. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Rekening koran adalah dokumen atau laporan penting untuk pencatatan transaksi yang dikirimkan kepada kamu oleh pihak bank, mungkin bagi kebanyakan orang istilah rekening koran masih terdengar asing di telingamu. Hal ini wajar saja, sebab, saat ini kamu sudah bisa mencetak bukti transaksimu melalui online saja.

Walaupun terdengar asing, Ajaib percaya bahwa di antara kalian pasti pernah diminta oleh perusahaan di tempat kamu bekerja untuk membuat rekening koran. Rekening koran memang diperuntuhkan untuk pribadi ataupun badan usaha.

Rekening koran layaknya sebuah catatan pembukuan yang berisikan arus kas seperti debit dan kredit yang telah ditransaksikan. Tak terkecuali, informasi hasil transfer dan tabungan. Penggunaan rekening koran memang digunakan oleh banyak orang sebelum adanya perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini untuk membantu transaksi keuangan. Di mana, saat ini kamu sudah bisa mengetahui informasi keuanganmu melalui layanan mobile banking seperti KlikBCA melalui menu Mutasi Rekening. Cara ini dianggap jauh lebih praktis dibanding kamu harus meminta untuk mencetak rekening koran di bank.

Bagi kaum milenial, penggunaan rekening koran sudah dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Namun, faktanya masih ada orang atau perusahaan hingga saat ini yang masih menggunakan rekening koran sebagai bukti transaksi yang memiliki kekuatan hukum dan banyak digunakan untuk mengajukan beberapa hal seperti visa dan pinjaman uang.

Nah, berikut penjelasan selengkapnya terkait apa itu rekening koran, fungsi, hingga bagaimana cara membuatnya? Check this out!

Apa itu Rekening Koran?

Sedikit banyaknya Ajaib sudah memberikan dan menjelaskan informasi terkait pengertian dari rekening koran di awal artikel ini. Rekening koran berasal dari bahasa Belanda yakni courant, yang memiliki arti ringkasan dari seluruh transaksi keuangan di suatu rekening tertentu baik itu secara badan usaha ataupun pribadi.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan rekening koran mulai ditinggalkan khususnya bagi para nasabah baik itu badan usaha ataupun pribadi. Sebab, berkat bantuan teknologi dalam dunia finansial, mereka bisa dengan mudah mengecek bukti transaksi yang sudah dilakukan secara online saja.

Berbeda halnya dengan permintaan untuk mencetak rekening koran, di mana setiap bank memiliki aturannya masing-masing yang dirasa oleh nasabah milenial saat ini sudah tidak efektif dan efisien lagi. Biasanya, para nasabah harus mengajukan terlebih dahulu permohonan untuk mencetak rekening koran kepada pihak bank. Tetapi ada juga yang tanpa diminta langsung mengirimkan rekening koran kepada nasabah.

Fungsi dan Manfaat Rekening Koran bagi Nasabah

Sebagai Ringkasan dari Seluruh Transaksi

Walaupun kamu bisa mengecek data transaksimu dengan mencetak buku tabungan ataupun melalui layanan perbankan seperti internet banking. Namun, tetap saja saat ini bukti transaksi secara manual masih belum bisa dihilangkan begitu saja. Umumnya, jika kamu mengecek melalui layanan internet banking. Kamu bisa melihat transaksi yang dilakukan melalui mutasi harian (31 hari terakhir) dan mutasi bulanan (1 bulan dan 2 bulan terakhir). Selain itu, informasi transaksi yang diberikan juga tidak sedetail data yang diberikan di rekening koran (hanya menunjukkan tanggal, keterangan, cabang, mutasi, dan saldo).

Sedangkan dengan menggunakan rekening koran, kamu bisa mendapatkan bukti transaksi selama 3 bulan terakhir dengan detail informasi yang diberikan lebih banyak seperti tanggal, jam, keterangan, mutasi kredit, saldo, bunga yang diperoleh setiap bulannya hingga biaya-biaya lainnya jika kamu melakukan transfer.

Bagi sebuah perusahaan, rekening koran bisa membantu proses audit yang sedang dilakukan jika sewaktu-waktu terdapat sejumlah transaksi yang mencurigakan.

Pengajuan Visa

Bagi kamu yang suka berpergian dan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Tentu saja, kamu membutuhkan visa sebagai dokumen resmi yang wajib dimiliki oleh orang asing ketika mengunjungi negara lain.

Salah satu syarat dan dokumen wajib yang perlu kamu lampirkan yakni print out rekening koranmu selama 3 bulan terakhir. Hal ini menjadi syarat paling penting ketika kamu ingin mengajukan visa. Sebab, negara pemberi izin visa ingin mengetahui dan mengecek kepemilikan uangmu untuk mengantisipasi hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Seperti kamu bekerja di sana dengan menggunakan visa liburan dan itu tidak diperbolehkan. Bahkan, adapula negara yang mewajibkan para turis asingnya untuk melakukan deposit sejumlah uang terlebih dahulu di rekeningnya sebagai syarat untuk mengajukan visa.

Melakukan Pinjaman

Rekening koran selama tiga hingga enam bulan terakhir juga diperlukan sebagai syarat pengajuan pinjaman di bank seperti KPR, KPA, KKB, KTA. Di mana, fotokopi rekening koran memang menjadi suatu hal yang penting untuk mempermudah proses pengajuan pinjamanmu di bank.

Menghindari Penipuan

Rekening koran yang dicetak oleh bank memiliki legalitas secara hukum. Jadi, jika kamu adalah seorang pemilik bisnis di mana klienmu mengaku sudah membayar tagihan pembayarannya. Namun, ketika kamu mengecek melalui rekening koran belum adanya kiriman uang dari klienmu tersebut.

Rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang bisa kamu tunjukkan kepada klienmu tersebut. Bahwa, klienmu memang belum melakukan pembayaran sama sekali kepada kamu. 

Syarat untuk Mengikuti Lelang

Rekening koran wajib dimiliki oleh seluruh peserta lelang baik itu proyek pemerintah ataupun swasta. Di mana, hal ini sebagai bukti kepemilikan dana saat mengikuti proses lelang.

Cara Membuat Rekening Koran via Bank

Untuk membuat rekening koran, kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen pendukung di antaranya:

  • buku tabungan asli
  • kartu debit
  • KTP
  • Menyiapkan uang untuk biaya cetak dari Rp2.500 hingga Rp25.000 per lembar.

Biaya cetak tergantung dari jumlah lembar yang ingin dicetak serta kurun waktu transaksinya. Dokumen-dokumen di atas perlu kamu bawa saat ingin membuat rekening koran via bank kepada petugas customer service.

Cara Mencetak Rekening Koran via KlikBCA

Bagi kamu nasabah BCA yang sudah memiliki akun KlikBCA, kamu bisa mencetak rekening koranmu melalui layanan ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Login KlikBCA
  • Pilih menu “e-Statement”
  • Pilih rekening Anda
  • Pilih periode transaksi keuangan yang ingin dicetak sesuai dengan kebutuhan
  • Klik unduh/download
  • Laporan rekening koranmu akan secara otomatis diunduh dalam bentuk PDF

Demikianlah informasi yang bisa Ajaib sampaikan untuk kamu terkait apa itu rekening koran, fungsi, hingga bagaimana cara membuatnya secara mudah dan praktis baik itu secara offline ataupun online.

Bacaan menarik lainnya:

Kasmir.(2001). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grifindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait