Milenial, Pajak

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor, Kamu Harus Tahu

Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mengubah cara hidup manusia saat ini. Kehadiran internet dan berbagai aplikasi telah mempermudah kehidupan kita. Salah satunya adalah aplikasi cek pajak kendaraan bermotor.

Dengan aplikasi tersebut kamu semakin dipermudah untuk mengetahui terkait pajak kendaraan pribadi, yang biasanya kamu gunakan untuk bepergian tersebut. Jadi tidak ada lagi istilah lupa bayar karena telat lagi.

Selain berbasis aplikasi, kamu juga bisa mengeceknya di website. Pastinya setiap daerah memiliki nama web yang berbeda-beda. Jika kamu tidak memiliki koneksi internet, kamu tetap bisa mendapatkan informasi pajak kendaraan melalui SMS.

Sebagai generasi milenial kamu akan cepat familiar dengan aplikasi atau website yang berbasis online. Namun mungkin kedua orang tuamu belum terlalu memahaminya. Jadi sebagai yang sudah paham, tidak ada salahnya kamu mengedukasi kedua orang tuamu.

Pengertian Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor adalah biaya yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor sekali dalam setahun. Dan jika memasuki tahun kelima, saat membayar pajak kamu akan mendapatkan pelat nomor baru sebagai bukti kamu sudah membayar pajak.

Pajak adalah salah satu sumber pendapatan pemerintah. Dengan membayar pajak kamu sudah mendukung pembangunan di dalam negeri. Selain itu, kelebihan lain yang akan kamu rasakan, yakni saat hendak mengajukan pinjaman ke bank.

Bank akan melihat jejak pembayaran pajakmu. Hal tersebut menjadi pertimbangan apakah pinjaman yang kamu ajukan disetujui atau tidak. Kamu cukup melihat STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk melihat nominal pajak kendaraan bermotor.

Jika kamu memiliki lebih dari satu kendaraan, nominal pajak untuk masing-masing kendaraan akan berbeda pula. Hal tersebut karena pajak kendaraan progresif. Yakni perhitungannya didasarkan pada urutan kepemilikan kendaraan.

Pajak tahunan atau lima tahunan bisa kamu urus di kantor Samsat. Namun untuk pajak tahunan kamu bisa membayarnya di lokasi-lokasi tertentu seperti Samsat keliling untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya.

Untuk pajak tahunan, memungkinkan kamu membayar secara online melalui transfer. Namun kamu tetap harus datang ke Samsat sebelum 30 hari. Jika tidak maka pembayaran yang kamu lakukan dianggap hangus.

Sedangkan untuk pajak lima tahunan. Harus datang ke Samsat dan pembayaran tidak bisa dilakukan secara online. Hal tersebut karena pihak Samsat akan melakukan cek fisik kendaraan sebagai syarat melakukan pembayaran pajak.

Syarat Membayar Pajak

Pajak kendaraan bermotor sendiri dibagi menjadi dua. Pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Pajak tahunan. Pajak tahunan hanya mengganti STNK saja sedangkan untuk tahun kelima atau pajak lima tahunan. Kamu akan mendapatkan pelat nomor baru.

Sebagai syarat saat hendak membayar pajak tahunan kamu harus membawa STNK asli, KTP asli dan uang secukupnya. Untuk pajak lima tahunan, ditambah BPKB asli. Nama dalam STNK atau BPKB harus sesuai dengan KTP.

Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Bermotor

Aplikasi untuk cek pajak kendaraan bermotor adalah e-Samsat atau Samsat Nasional Online. Aplikasi ini berbasis Android dan bisa kamu download di Google Playstore sebagai penyedia aplikasi resmi Android.

Dalam penggunaannya juga cukup mudah. Kamu tinggal membukanya saja dan pilih Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). isikan beberapa informasi yang diperlukan dengan sebenar-benarnya untuk mempermudah proses pencarian.

Tunggu beberapa saat dan kemudian akan muncul berbagai informasi penting terkait pajak kendaraan dan tanggal jatuh tempo. Di situ juga terdapat beberapa pilihan untuk pembayaran secara online jika kamu sedang berada di luar daerah.

Yang perlu kamu ingat yakni, setelah membayar pajak via online. Kamu tetap harus ke kantor Samsat dalam waktu kurang dari 30 hari setelah melakukan pembayaran. Jika lebih, maka akan dianggap hangus.

Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Selain melalui aplikasi. Untuk cek pajak kendaraan bisa kamu lihat di website samsat daerah. Tentu tiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda. Namun hal tersebut bukanlah masalah karena kamu bisa mencarinya di Google dengan keyword tertentu.

Dalam website tersebut kamu akan mendapatkan informasi penting seputar pajak. Seperti nominal yang harus kamu bayarkan, tanggal jatuh tempo dan sebagainya. Namun tidak semua samsat daerah memiliki website dan tidak ada salahnya kamu cek di Google.

Jika kamu berada di DKI Jakarta. Untuk mengecek pajak kendaraan kamu bisa mengunjungi http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/ isikan semua informasi yang diperlukan. Centang I’m not a robot dan klik proses. Tunggu beberapa saat.

Jika kamu berapa di Jawa Timur. Kunjungi situs https://info.dipendajatim.go.id/index.php dan klik bagian info PKB. lalu kamu tinggal memasukkan informasi yang dibutuhkan seperti nomor. Memasukkan kode captcha dan tunggu proses yang berjalan.

Untuk kamu yang berada di Jawa Barat. Klik https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ dan cari bagian Samsat. Lalu Info Pajak Kendaraan. Masukkan beberapa informasi yang diperlukan dan klik cari.

Kunjungi website  https://bppd.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ untuk kamu yang berada di Jawa tengah. Lalu klik bagian Info Kendaraan bermotor. Isikan informasi yang diperlukan dan klik kirim. Tunggu sampai proses selesai.

Sedangkan untuk kamu yang tinggal di DIY kamu bisa kunjungi laman http://infonjkbdiy.com/ untuk mengecek informasi terkait pajak kendaraan bermotor. Tinggal masukkan nomor kendaraan dan klik Submit maka hasilnya akan muncul.

Itulah beberapa cara dan aplikasi cek pajak kendaraan bermotor. Jika kamu sudah mengetahui berbagai alternatif untuk cek pajak kendaraan, maka tidak ada lagi istilah lupa. Karena dengan telat membayar pajak, kamu akan dikenakan sanksi keterlambatan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait