Milenial, Perencanaan Keuangan

Abaikan CC, Registrasi dengan 6 Aplikasi Kredit Ini

Aplikasi Kredit

Ketika sedang browsing membuka marketplace. Mungkin kamu ingin membeli sesuatu secara kredit, tapi karena tidak memiliki kartu kredit (credit card/cc), kamu tidak jadi membelinya. Membuat kartu kredit memang ribet, namun untunglah saat ini bisa registrasi kredit barang hanya dengan aplikasi.

Aplikasi kredit tersebut sudah membuat kerja sama dengan beberapa e-commerce dan tersedia di smartphone. Dengan begitu, kegiatan belanjamu akan semakin mudah dan menyenangkan. Yang terpenting, kamu bisa mengaksesnya dimana saja asal terhubung dengan internet.

Jika kamu ingin menyicil sebuah barang tanpa menggunakan kartu kredit. Berikut aplikasi yang sanggup mengerti keinginanmu tersebut:

Kredivo

Aplikasi yang pertama untuk kredit instan secara online adalah Kredivo. Aplikasi kredit ini sudah bekerjasama dengan banyak marketplace yang ada di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, JD.id, Bhinneka dan masih banyak lainnya.

Kredivo memiliki tagline yang cukup merepresentasikan fungsi aplikasi ini, yakni “Beli Sekarang Bayar Nanti”. Jika kamu sanggup membayar barang yang kamu beli dalam 30 hari, kamu tidak akan mendapat bunga.

Untuk cicilannya, kamu bisa memilih 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan dengan masing-masing bunga 2,95% tiap bulannya. Nilai maksimal Kredivo adalah Rp20 juta. Dengan uang sebanyak itu, kamu sudah bisa membeli Iphone terbaru atau barang lain untuk menunjang aktivitasmu.

Untuk menikmati semua fasilitas yang ditawarkan Kredivo, kamu bisa download aplikasinya di Playstore atau Appstore atau mendaftar langsung ke website resminya. Syaratnya juga cukup mudah.

Kamu haruslah warga negara Indonesia, minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 60 tahun. Tinggal di Jabodetabek, Medan, Semarang, Bandung, Palembang dan Denpasar Bali. syarat lainnya minimal kamu harus memiliki penghasilan Rp3 juta perbulan.

Untuk verifikasinya agar kamu tidak terkesan mengada-ngada. Kamu harus mengupload foto KTP terbaru, bukti tempat tinggalmu dan bukti penghasilan. Jika semua yang diminta sudah kamu penuhi, dokumenmu akan diperiksa terlebih dahulu.

Cicil

Cicil adalah aplikasi registrasi kredit khusus mahasiswa. Sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, kebutuhan akan gadget seperti laptop dan ponsel sudah pasti harus dimiliki untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan mengerjakan tugas.

Aplikasi Cicil hadir untuk mahasiswa yang belum mampu membelinya secara tunai. Syarat yang harus kamu persiapkan juga cukup mudah. Yakni KTP dan KTM saja. Tidak perlu menggunakan penghasilan karena biasanya mahasiswa belum memilikinya.

Untuk mendaftar, bisa melalui kampus yang sudah melakukan kerja sama dengan Cicil. Namun jika kampusmu belum terdaftar kamu tetap bisa mendaftar dengan mengcopy link barang yang kamu inginkan dan paste ke aplikasi Cicil.

Barang yang ingin kamu beli harus dari marketplace di Indonesia. Atau memilih dari produk yang sudah ada di aplikasi tersebut. Selanjutnya kamu tinggal menentukan uang muka juga jangka waktunya yang sekiranya kamu mampu melunasi barang tersebut.

Jika kamu merasa belum merasa butuh banget barang tersebut, kamu bisa daftar dulu dan melakukan verifikasi sampai mendapatkan persetujuan. Jika sudah disetujui, kamu mulai bisa menggunakan fasilitas yang ada dalam aplikasi Cicil ini.

Akulaku

Aplikasi untuk registrasi kredit barang yang kamu inginkan selanjutnya adalah Akulaku. Untuk menggunakan Akulaku, minimal kamu harus berusia 23 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kamu juga diharuskan melampirkan slip gaji untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan aplikasi ini. Kamu bisa berbelanja langsung dengan aplikasi ini atau di marketplace lain yang sudah melakukan kerjasama dengan Akulaku.

Namun untuk belanja di marketplace lain, hanya bisa jika kamu sudah belanja di Akulaku dengan transaksi minimal Rp200.000 atau sudah pernah melakukan transaksi minimal enam bulan terakhir.

Saat belanja menggunakan Akulaku, kamu harus mengisi data diri dan membayar uang muka. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu verifikasi sampai selesai. Jika disetujui, barang akan segera dikirim, jika ditolak, uang muka yang sudah kamu bayar akan dikembalikan.

Home Credit

Aplikasi Home Credit ini sudah menjadi penyedia jasa finansial kurang lebih sepuluh tahunan dan sudah membantu konsumennya dari berbagai negara. Untuk di Indonesia, Home Credit berdiri sejak 2013 silam dan memiliki jangkauan yang cukup banyak.

Sesuai namanya, dengan aplikasi ini kamu bisa membeli produk alat rumah tangga seperti furniture dan barang elektronik. Baik toko online atau offline. Jika kamu sudah memiliki rumah sendiri, maka tidak perlu bingung karena sudah ada aplikasi Home Credit.

Untuk menggunakan semua fasilitasnya, kamu harus warga negara Indonesia yang sudah memiliki KTP dan berusia minimal 19 tahun jika sudah menikah dan 21 tahun jika belum menikah. Kamu juga harus memiliki penghasilan untuk melunasinya.

Awan Tunai

Jika kamu ingin membeli ponsel baru dengan mencicil karena belum memiliki uang tunai, kamu bisa menggunakan aplikasi Awan Tunai. Aplikasi ini menawarkan batas maksimal sampai lima juta rupiah.

Kamu cukup mendownload aplikasi ini dan melakukan pendaftaran sesuai instruksi dalam aplikasi tersebut. Syarat yang diperlukan hanya dengan e-KTP saja. Pertama-tama kamu hanya mendapat limit Rp750.000 saja, namun bisa ditingkatkan sampai Rp5 juta.

Kreditmu

Aplikasi Kreditmu merupakan aplikasi multiguna untuk kredit berbagai barang melalui smartphone-mu. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan pembelian secara kredit untuk barang elektronik, motor bahkan mobil dengan proses cepat.

Fitur dalam aplikasi ini akan membuatmu mendapatkan informasi, simulasi cicilan sampai promo-promo yang sedang ada, sehingga kamu tidak akan terlewat jika ada penawaran khusus.

Sampai saat ini, Kreditmu sudah melakukan kerja sama dengan beberapa marketplace seperti JD.id, Bhinneka, Elevenia, Pasarwarga, Livaza dan yang lainnya. Untuk pengajuan kredit, kamu bisa melakukannya di situs resmi sekaligus menentukan limit untuk pinjamanmu.

Itulah beberapa aplikasi yang akan mempermudahmu melakukan pembelian barang dengan mencicil tanpa perlu registrasi kredit ke Bank dan menghabiskan banyak waktu. Jika kamu mahasiswa dan belum memiliki penghasilan, kamu tetap bisa menggunakan fasilitasnya.

Aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Gunakan fasilitas ini saat benar-benar kepepet agar kesehatan tabunganmu tetap terjaga.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait