Milenial

Cara Membuat dan Contoh Motivation Letter

Contoh Motivation Letter

Ajaib.co.idMotivation letter merupakan sebuah surat yang dituliskan untuk keperluan melanjutkan studi atau beasiswa pendidikan ke luar negeri. Oleh sebab itu, Anda mungkin membutuhkan beberapa contoh motivation letter agar apa yang Anda cita-citakan bisa tercapai.

Tidak jarang orang-orang mendapatkan kegagalan dalam memperoleh beasiswa ke luar negeri hanya karena motivation letter yang tidak tepat. Walaupun gagal, tentunya Anda tak perlu berkecil hati karena seperti kata pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’.

Tips Membuat Motivation Letter

Sebelum menunjukkan contoh motivation letter yang tepat untuk Anda, ada beberapa tips dalam membuat motivation letter agar Anda dilirik untuk memperoleh beasiswa pendidikan ke luar negeri. Simak beberapa uraian berikut :

1.   Fokus pada tujuan

Ketika Anda menuliskan motivation letter, hal terpenting adalah fokus dengan tujuan yang Anda buat. Usahakan bagaimana agar seseorang yang membaca motivation letter Anda bisa mengenal Anda berdasarkan tulisan Anda.

Anda perlu tahu bahwa pembaca butuh mengetahui topik apa yang ingin Anda angkat dengan alur penulisan yang runut. Sehingga infomasi yang tertulis tersampaikan kepada pembaca. Hal ini merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan dalam penulisan motivation letter.

2.   Visualisasikan bentuk motivation letter

Memvisualisasi atau lebih menghidupkan tulisan dalam motivation letter Anda adalah hal yang tak kalah penting. Selain Anda harus menunjukkan apa yang ada di pikiran Anda ke dalam kertas, Anda juga harus memastikan bahwa motivation letter Anda menarik untuk dibaca.

Untuk lebih memvisualisasikan diri Anda, Anda bisa mendeskripsikan poin-poin terbaik Anda dalam motivation letter. Pastikan bahwa pembaca motivation letter Anda mendapatkan kesan bahwa motivation letter Anda menarik sebagai calon penerima beasiswa.

3.   Detail spesifik

Dalam menulis motivation letter, detail spesifik mengenai diri Anda harus disampaikan. Misalkan saja, hal-hal yang mampu mengembangan potensi dalam diri Anda. Buatlah rangkaian kalimat yang jelas, ringkas, rinci dan tepat dalam menggambarkan spesifik diri Anda secara positif, sehingga apa yang menjadi pertanyaan pihak universitas sudah terjawab.

4.   Cek ulang isi motivation letter

Melakukan cek ulang atas penulisan motivation letter Anda, untuk mengurangi kesalahan-kesalahan seperti typo yang mengganggu. Anda mungkin bisa meminta bantuan kepada teman, guru, dosen yang memahami penulisan essay untuk beasiswa pendidikan di luar negeri. Lalu lihat review mereka dan perbaiki sesempurna mungkin.

Itulah beberapa tips dalam menulis motivation letter untuk program beasiswa pendidikan, selanjutnya ada beberapa contoh motivation letter yang bisa menjadi pedoman untuk diaplikasikan dalam motivation letter Anda.

Contoh Motivation Letter

Untuk membuat surat motivasi dengan mudah dan benar-benar, di bawah ini adalah contoh surat motivasi yang bisa kamu tiru.

Jakarta 1 November 2019

Kepada Yth,
Bapak/ Ibu
Di tempat

Saya melamar dalam program magister Data Science and Innovation di University of Technology Sydney untuk tahun akademik 2019/2020. Program magister Data Science and Innovation adalah program studi terkemuka di dunia dalam analitik dan ilmu data. Saya ingin ikut serta dalam berbagai jenis pekerjaan/karir yang berkaitan dengan perkembangan data science.

Saya lulus dari Departemen Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Melalui universitas Anda, saya dapat memiliki pengalaman kerja atau penempatan industri yang dapat membantu saya mencapai ambisi/cita-cita saya.

Saya sangat suka menciptakan ide dan solusi baru (atau pengembangan ide sebelumnya) untuk memecahkan masalah yang ada atau sebagai bentuk inovasi. Saya fokus pada bidang teknologi informatika dan telah berpartisipasi dalam kompetisi seperti makalah ilmiah, business case, dan business plan. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang telah saya terima melalui dua kompetisi penulisan ilmiah pada tahun 2017.

Lalu, saya sangat suka melakukan penelitian terutama di bidang data. Saya dapat bekerja dengan baik di tim dan mampu memimpin grup saya. Saya juga punya dasar di bidang manajemen proyek. Hal ini dibuktikan dengan sertifikasi kompetensi di bidang Manajemen Proyek TIK oleh Otoritas Sertifikasi Profesi Indonesia yang saya dapatkan di 2016 (berlaku selama 3 tahun).

Saya juga berpartisipasi dalam kursus Ilmu Data online untuk meningkatkan pemahaman saya tentang ilmu data. Selain itu, saya juga bergabung dengan Data Science Research Group di departemen TI. Topik skripsi saya juga berkaitan dengan data science, yaitu tentang algoritma klasifikasi di bidang kedokteran.

Saya juga menjadi bagian dari organisasi departemen saya dan menjadi panitia seleksi atau penyelenggara kompetisi nasional yang diadakan oleh fakultas dan departemen saya. Melalui pengalaman ini, saya dapat belajar bagaimana melakukan manajemen dengan baik, bekerja bersama dalam tim, dan memimpin tim.

Dengan latar belakang pendidikan saya, saya percaya bahwa saya adalah kandidat yang cocok untuk program ini. Ketertarikan dan kemauan saya untuk berfokus pada data science membuat saya ingin melanjutkan studi saya di gelar magister data science di University of Technology Sydney. Kemudian, program ini juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kreatif saya dan kemampuan saya untuk menghadapi tantangan kontemporer. Menciptakan peluang inovasi dan kemungkinan di masa mendatang melalui analisis dan interpretasi data yang kompleks dan masalah-masalah yang dihadapi manusia.

University of Technology Sydney adalah salah satu universitas terbaik di dunia dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Ditambah lagi, Australia adalah negara dengan pertumbuhan industri dan teknologi yang pesat. Keahlian dalam bidang data science tentu saja merupakan poin penting di Australia, hal ini menunjukkan bahwa Australia berfokus pada kemajuan data science di negaranya. Hal ini memungkinkan saya dapat menjelajahi proyek dunia nyata dan set data aktual dengan kursus dan proyek iLab dengan mitra industri UTS.

Setelah saya membaca deskripsi program studi, bidang studi, struktur program studi, kurikulum dan peluang karier dari buku panduan kuliah University of Technology Sydney, saya sangat percaya bahwa universitas ini sangat cocok dengan minat dan profil penelitian saya. Saya akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk karir masa depan saya melalui program master ini. Juga, saya berpikir positif bahwa saya dapat bekerja dengan baik dalam program ini.

Untuk masa depan, saya memiliki rencana untuk mengambil bagian dalam beberapa program penelitian di bidang teknologi informasi. Karena itu, saya ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat magister. Dengan harapan, apa yang saya lakukan dapat memberikan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan baru bagi saya yang nantinya bisa saya terapkan di masyarakat dan bermanfaat bagi kemajuan Indonesia. Saya terinspirasi oleh beberapa peneliti lain, terutama di bidang teknologi yang mampu menciptakan inovasi teknologi seperti di bidang kesehatan, pertanian, pendidikan dan lainnya.

Saya mengerti bahwa banyak pesaing lain memiliki tujuan yang sama dengan saya, tetapi saya yakin bahwa upaya dan kemampuan saya yang saya miliki dapat membuka jalan bagi saya. Oleh karena itu, saya merasa terhormat jika Anda memilih untuk menerima saya untuk program Magister ini. Pada saat yang sama, saya menyadari kemungkinan tantangan dan tatanan yang tinggi untuk berhasil menyelesaikan program ini. Saya berharap dapat diterima pada kesempatan ini untuk mewujudkan impian / karir masa depan saya.

Terima kasih banyak atas perhatian Anda dalam mempertimbangkan aplikasi saya. Saya menantikan tanggapan positif Anda.

Hormat saya,


Budi Susanto

Itulah cara dan contoh membuat motivation letter yang bisa Anda pelajari untuk meraih cita-cita mendapatkan beasiswa pendidikan di luar negeri. Semoga Anda bisa menggapainya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait