Milenial

Fitur OK Google: Cara Aktifkan di Layar via Android Termudah

cara aktifkan ok google

Ajaib.co.id – Melalui fitur OK Google, kini kamu bisa mencari informasi melalui media suaramu, untuk cara aktifkan fitur ini kamu bisa baca artikel berikut. Perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google, terus berinovasi dalam memberikan layanan terbaik untuk penggunanya, khususnya bagi kamu yang ingin mencari informasi melalui mesin pencarian mereka.

Jika sebelumnya, kamu ingin mencari segala informasi di internet pasti salah satu layanan yang kamu gunakan, yaitu Google Search. Di mana, kamu akan mengetikkan kata kunci yang ingin ditelusuri. Kini, kamu bisa memanfaatkan fitur baru milik Google dengan media suara untuk mencari informasi di mesin pencarian milik mereka. Praktis bukan?

Memberikan Banyak Informasi Berguna

Di mana, fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan informasi. Hal ini sangat berguna sekali bagi kamu jika yang sewaktu-waktu tidak bisa mengetik. Dikarenakan, kamu sedang sibuk dalam berkendara contohnya saja menyetir mobil.

Fitur dari Google ini juga bisa kamu manfaatkan ketika melakukan chat  dengan kerabat melalui Whatsapp dengan cukup suara saja tanpa perlu mengetik. Layanan ini juga memiliki berbagai bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia.

Nah terus jika kita ingin menggunakan fitur ini di ponsel pintar, bagaimana caranya nih? Biar kita bisa menggunakan media suara untuk membalas chat dan lain sebagainya.

Biar nggak tambah penasaran, berikut ini Ajaib berikan informasinya terkait bagaimana cara aktifkan fitur ini di ponsel pintar kamu.

Cara Aktifkan Fitur di Layar Manapun

Tentu unik bukan rasanya, jika Google bisa memahami perintah yang disuruh oleh kamu melalui smartphone. Biar kamu bisa menikmati fitur ini, kamu perlu mengaktifkan fiturnya dengan cara mengaturnya di menu setting atau setelan sebagai berikut.

a. Pastikan device dan aplikasi Google kamu sudah paling ter-update, karena tidak semua perangkat ponsel pintar yang bisa menggunakan layanan ini. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan handphone kamu memiliki minimal sistem operasi android kamu Kitkat 4.4 dan aplikasi Google yang ter-install versi 3.5

b. Jika sudah memastikannya, kamu bisa mulai dengan masuk ke Google Chrome atau Google Search di ponsel Android-mu

c. Setelah itu, Kamu perlu pilih dan masuk ke menu setelan. Pada tampilan di ponselmu akan muncul berbagai pilihan seperti akun & privasi, pribadi, video, suara, dan lain sebagainya.

d. Pilihlah pilihan “Suara” dan ubah pengaturannya menjadi “Aktif”

e. Berikutnya, kamu bisa mencoba tap OK Google di layar manapun, jika fitur tidak muncul di layar kamu. Kamu disarankan untuk mengganti bahasanya menjadi Bahasa Inggris di menu pilihan “Suara” yang ada di “Setelan”

f. Selanjutnya, kamu klik “Dari layar mana pun” dan muncul tombol “Berikutnya” untuk diklik

g. Jika sudah, kamu nantinya akan diminta untuk mengucapkan Hey Google seperti yang diminta dan ikuti saja intruksinya

h. Hal ini untuk melakukan sinkronisasi antara fitur dengan suaramu nantinya ketika kamu hendak menggunakan fitur ini

i. Kamu sudah bisa menikmati dan menggunakan fitur ini pada ponsel pintar Android-mu

Jika kamu mengikuti sembilan langkah dan instruksi yang Ajaib berikan, kamu sudah bisa menggunakan fitur canggih dari Google di smartphone Android kesayanganmu nanti.

Bisa Bahasa Indonesia

Saat ini, layanan ini sudah mengerti perintah suara dalam Bahasa Indonesia, dan jika kamu mengaktifkan fiturnya melalui layar mana pun, berarti ketika dalam keadaan terkunci sekalipun kamu bisa menggunakannya.

Fitur Google yang Belum Banyak Orang Ketahui

Banyak orang yang belum memahami fitur ini dan menggunakan Google Assistant. Bukan hanya untuk mencari aplikasi ataupun mengirim pesan. Google App satu ini juga bisa membantu kamu membuka aplikasi, quick answers untuk menemukan kafe favorit, mencari lirik lagu, hingga bisa membantu kamu yang masih jomblo untuk didongengi atau digombalin.

Itulah cara mudah untuk mengaktifkan dari Google ini ponsel pintar Android-mu, di mana kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkannya dengan cepat dan tanpa ribet tentunya.

Artikel Terkait