Bisnis & Kerja Sampingan

Punya Kemampuan Marketing? Buka Jasa Konsultan Independen

Punya Kemampuan Marketing? Buka Jasa Konsultan Independen

Kalau kamu memiliki kemampuan marketing, kenapa tak membuka jasa konsultan independen saja? Salah satu konsultan independen yang sedang banyak dicari saat ini adalah konsultan marketing. Terlebih kamu menguasai ilmunya dan memiliki pengalaman kerja di bidang marketing. Bisnis jasa konsultan independen semakin tumbuh di ibu kota. Hal ini sejalan dengan pasar yang membutuhkan kehadiran mereka. Pelaku pasar, pengusaha kecil-menengah, atau perusahaan besar tak segan menggunakan jasa konsultan independen. Karena jasa mereka tergolong lumayan terjangkau dan tetap efektif dibandingkan perusahaan konsultan marketing dan komunikasi atau agency.

Lingkup kerja

Pekerjaan yang diemban oleh konsultan marketing bermacam-macam. Tetapi masih berada pada lingkup kerja marketing dan terkadang menyerempet ke ranah komunikasi. Biasanya, seorang konsultan ini diharapkan bisa bertanggung jawab dan memberi saran, juga untuk mengevaluasi secara menyeluruh proyek dan kinerja marketing di perusahaan.

Ruang lingkup evaluasi di sini adalah seputar implementasi marketing yang sudah dijalankan, menyarankan strategi marketing yang efektif dan efisien, menggunakan tools marketing yang sesuai dengan strategi, membantu desain dan materi promosi, membantu pengembangan karyawan agar dapat berkolaborasi dengan divisi lain dan bekerja kreatif.

Terkadang konsultan marketing juga diminta untuk membantu divisi komunikasi. Jika kamu menguasai bidang ini, tak masalah. Jika tidak, kamu bisa berkolaborasi dengan teman yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini adalah peluang bisnis buat kamu dan teman-temanmu.

Keahlian yang harus dikuasai

  • Ahli dalam bidang marketing. Biasanya keahlian ini dimiliki oleh lulusan manajemen atau komunikasi, dengan konsentrasi marketing.
  • Pernah bekerja sebagai marketing atau marketing komunikasi, serta terlibat kampanye di perusahaan tersebut. Jangan lupa bikin portofolio pekerjaanmu sebagai bukti bahwa kamu pernah ikut ambil bagian menyukseskan perusahaan.
  • Mampu membuat copywriting, SEO, iklan di media sosial, PPC, digital marketing, strategy marketing, dan lainnya. Kemampuan ini akan lebih bagus jika kamu mempunyai sertifikasi.
  • Menguasai presentasi dan membuat PowerPoint.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan berempati.
  • Memiliki kemampuan dalam memimpin tim.

Memulai jasa konsultan independen

a. Memilih target pasar.

Banyak bidang usaha yang membutuhkan konsultan independen. Di awal karier, ada baiknya kamu memilih bidang yang dikuasai atau niche untuk target pasar. Misalnya konsultan khusus food and beverages, konsultan perusahaan teknologi-informasi, konsultan politik untuk kepala daerah, dan lainnya.

b. Berjejaring

Ketika bekerja, berteman lah dengan siapapun, berkenalan dengan orang-orang baru saat mendatangi seminar, dan pertahankan hubungan baik dengan mereka. Berjejaring lah di mana saja, karena di sana lah ada kesempatan.

c. Merencanakan kontrak kerja

Sebelum bertransaksi, sebaiknya kamu merencanakan kontrak kerja dan tulis sedetail mungkin apa yang akan kamu kerjakan, ruang lingkup kerja, masa kerja, tulis juga syarat dan ketentuan lain, serta biaya yang ditanggung oleh klien.

d. Menjalankan kepercayaan dengan baik

Jika jalanmu mulus dalam mendapatkan klien, pegang kepercayaan itu. Jalankan tugas dengan baik. Jika ada hal yang mengganjal, kamu bisa meminta bicara empat mata, mendengarkan keluhan klien dengan sabar, dan memberikan saran untuk langkah selanjutnya.

e. Menambah ilmu

Jangan berpuas diri. Kamu harus haus ilmu, apalagi ilmu marketing selalu berkembang. Ikuti perkembangan dunia marketing sekaligus bisa berjejaring.

Mengawali bisnis jasa konsultan independen memang tidak mudah. Banyak tantangan yang harus ditaklukkan. Tetapi jangan sampai hal itu membuatmu menyerah dan tetap bekerja keras.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, Philip., Keller, K. (2012). Marketing Management Global Edition Publishing as Prentic Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait