Bisnis & Kerja Sampingan

Bikin Usaha Modal 1 Juta Bukan Mustahil dengan 6 Ide Ini

usaha modal 1 juta

Ajaib.co.id – Dengan tingkat inflasi saat ini rasanya uang sebesar Rp1 juta nilainya tidak terlalu besar. Kalau kamu pakai untuk belanja di mall mungkin akan habis dalam sekejap mata. Namun tidak demikian jika kamu merintis sejumlah usaha modal 1 juta ini, bisa jadi uangmu malah bertambah.

Biaya kebutuhan hidup semakin tinggi sedangkan penghasilan masih saja terbatas. Kamu bekerja membanting tulang dan ketika tiba waktu menerima gaji rasanya hanya sekedar lewat saja. Uang 1 juta bisa habis begitu saja untuk membayar tagihan listrik, air dan pulsa.

Kalau kamu bertahan dengan pola yang itu-itu saja, rasanya keluhanmu akan tetap sama. Mengapa tidak mencoba mencari peluang usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Tak punya modal? Tenang, saat ini banyak kok peluang bisnis yang tidak membutuhkan modal besar.

Kalau modal minim, kamu bisa memaksimalkannya pada modal berupa kerja keras atau memaksimalkan jaringan. Tak perlu uang jutaan rupiah, kamu hanya perlu menyisihkan sedikit dari gajimu untuk mulai membuka jasa atau usaha yang akan jadi sumber penghasilanmu berikutnya.

6 Ide Kreatif Usaha Modal 1 Juta yang Sangat Menjanjikan, Buruan Dicoba!

Apakah kamu pernah bermimpi untuk menjadi pengusaha? Jika iya, apa rintangan yang menghalangi kamu untuk menjadi pengusaha? Apakah itu modal? Memang terlalu banyak stigma bahwa untuk menjadi pengusaha harus memiliki modal yang besar terutama datang dari generasi terdahulu.

Padahal sudah banyak usaha yang sangat sukses dengan modal rendah, bahkan kaum milenial bisa membuktikan bahwa ada usaha modal Rp 1 juta yang bisa dijalani dan memiliki peluang kesuksesan yang tinggi.

Sudah bukan zamannya lagi memusingkan dana untuk merintis usaha. Ada banyak cara yang bisa ditempuh. Misalnya saja usaha berbasis investor dengan menjual ide bisnimu kepada sejumlah pemodal potensial. Atau mencari permodalan lewat fintech P2P Lending yang mempertemukan antara pengusaha dan investor.

Kalau berbagai cara itu masih dianggap sulit, kamu bisa menjajal sejumlah ide usaha modal 1 juta yang mudah. Misalnya saja dengan membuka bisnis online dengan konsep pre-order. Ide bisnis modal kecil ini bisa dipakai untuk jualan makanan ringan atau bahkan pakaian.

Misalnya saja konsumen diharuskan memberikan uang muka yang kemudian kamu belikan bahan-bahannya. Kamu bisa memasarkannya secara online untuk mendapatkan konsumen. Dengan demikian, kamu tak perlu membuang banyak modal untuk bahan baku dan risikonya juga rendah.

Bukan hanya itu, masih ada banyak ide lainnya yang bisa kamu jajal jika ingin membuka usaha modal 1 juta dengan potensi untung. Namun, sebelum membahas ide usaha kreatif dengan modal satu juta tersebut, ada baiknya kamu mengetahui karakter yang diperlukan untuk menjadi pengusaha yang sukses. Kaum milenial seperti kamu bisa mencontoh karakter pengusaha sukses dari generasi terdahulu. 

Semudah apapun kamu membangun sebuah usaha dan sebesar apapun potensi keuntungan usaha tersebut, semua tidak akan bisa tercapai apabila kamu tidak memiliki beberapa karakter fundamental tersebut. Beberapa karakter ini antara lain:

  • Tekun dan Gigih

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, menjadi pengusaha yang sukses dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan kegigihan yang konsisten sehingga tidak mudah menyerah ketika mendapatkan tantangan dalam menjalankan usaha.

  • Lakukan Karena Minat

Salah satu cara untuk menentukan produk usahamu adalah dengan memilih usaha yang sesuai dengan minat kamu. Di sinilah hal itu berpengaruh. Usaha yang sesuai dengan minat atau passionmu tentu akan lebih memotivasi daripada usaha yang hanya mengikuti tren. Usaha pun akan terasa lebih ringan dan kamu akan senang untuk menjalaninya.

  • Percaya Diri dan Berani Mengambil Resiko

Pengusaha sukses harus percaya diri dan berani mengambil resiko, terutama atas setiap keputusan yang diambil. Rasa percaya diri dan berani mengambil resiko ini juga akan menghilangkan rasa ketidakpastian yang seringkali dirasakan oleh pengusaha. Yakinkan diri kamu dan pertambah terus ilmu berbisnis.

  • Berani Menantang Diri Sendiri

Pengusaha sukses tidak takut dengan tantangan. Sikap percaya diri dan berani mengambil resiko di atas membuat tantangan menjadi candu yang jika tidak ada justru kehadirannya dinantikan. Pengusaha sukses melihat tantangan sebagai media pembelajaran dan tempat untuk menemukan ilmu baru.

Kamu harus bisa gesit dan menghadapi perkembangan yang terjadi pada usahamu untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses. Kamu juga harus menantang diri sendiri untuk tidak berhenti melakukan inovasi dan melakukan pengembangan produk maupun bisnis.

Setelah mengetahui karakter-karakter tersebut dan sudah merasa mantap untuk mulai membuka usaha, berikut ide-ide usaha kreatif yang bisa kamu mulai sekarang juga sebagai usaha modal 1 juta.

Usaha Laundry Rumahan

Mencuci, mengeringkan, dan menyetrika pakaian adalah hal yang dibutuhkan setiap orang. Maka itu, usaha laundry pastinya akan selalu memiliki pasar. Tidak heran jika kita melihat usaha laundry di mana-mana karena memang permintaan akan usaha ini memang besar, terutama di daerah kos-kosan mahasiswa atau karyawan.

Untuk membuka usaha ini kamu hanya memerlukan mesin cuci dan alat setrika. Kamu bisa memanfaatkan alat elektronik yang ada di rumah dulu sebagai permulaan. Dengan demikian, kamu hanya butuh modal untuk membeli detergen, membayar tagihan air atau listrik dan pewangi pakaian.

Tentunya, kamu harus memilih lokasi strategis dan melakukan promosi yang kreatif agar pasar tahu bahwa usaha laundrymu menyediakan layanan lebih baik daripada usaha laundry lainnya. Pastikan tidak ada pakaian konsumen yang rusak atau tertukar agar pelanggan setia menggunakan jasamu.

Menulis di Platform Online

Menulis sudah menjadi salah satu bisnis paling kekinian di era digital. Sudah semakin banyak platform atau situs yang menawarkan publik untuk menjadi kontributor di situsnya. Tidak hanya orang yang hobi menulis tetapi siapapun bisa menjadi penulis asalkan ada niat dan kemauan.

Situs-situs yang menyediakan wadah untuk penulis kontributor ini antara lain, IDNTimes, Nulis.co.id, Hipwee, Mojok, Babe.co.id, dan masih banyak lagi. Uang yang dihasilkan dari menulis ini beragam nilainya tergantung dari situsnya.

Untuk menjadi penulis kontributor ini kamu hanya memerlukan laptop dan internet. Bahkan kamu juga bisa menulis pada ponselmu apabila kamu tidak memiliki laptop. Hal yang penting di sini adalah internet untuk mengakses situs tersebut dan untuk mengirimkan hasil tulisanmu ke redaksi.

Usaha Pijat Kesehatan

Pijat memberikan banyak manfaat kepada tubuh dan kesehatan. Pijat juga merupakan hal yang dibutuhkan setiap orang, terutama orang dewasa yang kelelahan setelah bekerja. Pijat membantu untuk memperlancar aliran darah dan memberikan relaksasi ke orang yang dipijat. Untuk memulai usaha ini kamu hanya memerlukan minyak pijat dan handuk yang bersih.

Ada satu lagi yang paling penting yang harus kamu persiapkan untuk membuka usaha ini, yaitu mencari ilmu sebanyak-banyaknya mengenai pijat. Kamu harus tahu apa yang harus kamu lakukan ketika sedang memijat konsumen. Salah sedikit, kamu bisa kehilangan pasar, lho!

Usaha ini akan lebih baik dijadikan sebagai usaha panggilan. Artinya, kamu tidak membuka usaha ini di tempatmu melainkan kamu yang datang ke tempat konsumen untuk melakukan pijat. Dengan begini, minat konsumen akan semakin tinggi karena mereka tidak perlu keluar rumah untuk menggunakan jasa pijatmu.

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Di era ini, tingkat edukasi mengenai cara yang baik untuk memelihara hewan semakin tinggi. Kebanyakan para pemilik hewan sudah mengerti bagaimana cara yang baik untuk merawat hewan peliharaan mereka. Salah satunya adalah menitipkan hewan peliharaan ketika mereka sedang tidak bisa berada di sekitar hewan peliharaannya.

Ini adalah kesempatan untuk kamu terutama bagi para pecinta hewan untuk membuka usaha. Manfaatkan waktu luang kamu untuk merawat hewan peliharaan yang sedang ditinggal pemiliknya untuk berkegiatan. Usaha ini memerlukan promosi yang luas sehingga para pemilik hewan peliharaan mengetahui eksistensi usaha kamu dan semakin banyak konsumen yang akan menggunakan jasamu.

Usaha Translator

Sama seperti usaha menulis di platform online, jasa translator juga hanya membutuhkan internet untuk bisa dimulai. Banyak sekali kebutuhan akan translator, mulai dari perusahaan percetakan buku, perusahaan yang membutuhkan penerjemahan dokumen, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan untuk usaha ini melalui situs freelancer seperti Sribulancer.com dan Freelancer.id. Situs-situs tersebut mempertemukan kamu dengan klien yang membutuhkan jasa translator.

Menjadi Dropshipper

Dropship adalah sistem di mana kamu melakukan pemenuhan order pembelian dari seorang pembeli atau pelanggan dengan membeli barang tersebut dari penyedia barang. Barang tersebut nantinya akan langsung dikirim ke konsumenmu. Dalam konsep dropship, kamu tidak perlu membeli barangnya terlebih dahulu.

Kamu hanya perlu melakukan promosi atas barang tersebut lalu menjualnya ke konsumen dan penyedia barang akan langsung mengirimkan barangnya ke konsumen. Dengan konsep ini, kamu tidak perlu memiliki modal besar. Kemampuan pemasaran dan marketing sangat dibutuhkan untuk memulai usaha ini.

Pekerjaan online ini cocok untuk dijalankan oleh kaum milenial dengan segala kemampuannya pada dunia internet terlebih media sosial. Kaum milenial yang sudah mengenal dunia ini sejak kecil tentu paham cara memasarkan produk dengan benar.

Cukup sederhana bukan usaha-usaha yang bisa kamu mulai hanya dengan modal satu juta bahkan bisa kurang dari itu? Hal ini pastinya semakin memotivasi individu-individu yang ingin menjadi pengusaha yang sukses, tidak terkecuali kaum milenial.

Namun ingat, usahamu tidak akan bertahan lama apabila kamu tidak memiliki karakter-karakter pengusaha sukses yang sudah dijelaskan di awal. Sepotensial apapun bisnisnya tidak akan mencapai kata sukses apabila kamu bermalas-malasan dan hanya ingin bersantai saja seharian.

Berinvestasi Modal Rp 1 Juta, Apa Mungkin?

Uang sebesar Rp1 juta bukan hanya bisa kamu jadikan modal usaha. Kamu juga bisa mengembangkan nilainya dengan mengalokasikannya untuk investasi. Mungkin kamu pesimis dengan dana yang kecil ini. Namun sekali lagi, sekarang adalah masa di mana bahkan uang sedikit pun bisa menjadi banyak dengan strategi yang tepat.

Kamu bisa berinvestasi dengan uang hanya Rp 1 juta saja dan bahkan instrumen pilihannya juga banyak. Kamu bisa mencoba investasi Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI017 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Tidak perlu modal besar untuk memulai investasi ini karena kamu bisa membelinya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar. Kamu bisa membeli salah satu instrumen investasi Surat Berharga Negara (SBN) ini ketika masa penawarannya atau lewat pasar sekunder. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai lembaga keuangan yang menjual surat berharga ini.

Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi reksa dana lewat Ajaib. Bahkan pilihannya amat banyak karena reksa dana di Ajaib bisa dibeli hanya dengan modal Rp10 saja. Kamu bisa mendapatkan pilihan instrumen yang menguntungkan dengan bahasa yang sederhana. Dengan demikian, kamu bisa membangun kebiasaan keuangan yang baik dengan dana yang minim.

Terus lakukan kebiasaan yang baik hingga akhirnya kamu berhasil meraih apa yang kamu tanam, ya!

Artikel Terkait