Milenial

Pentingnya Positive Thinking dalam Dunia Bisnis

Setiap manusia, dalam hal berbisnis menemui berbagai masalah. Biasanya, masalah itu membuat kita merasa tertekan sehingga kita menjadi tidak bisa konsentrasi dalam bekerja. Karena hal itulah, kita harus terus positive thinking.

Masalah dalam dunai bisnis cenderung sulit dicegah. Tidak ada satupun pebisnis yang sengaja mengundang masalah dalam usahanya. Namun, masalah tersebut tidak bisa kita cegah, kita harus memiliki cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi di dalam usaha yang sedang kita jalankan. Bahkan, kita bisa pula menemukan berbagai solusi untuk mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut.

Lalu, bagaimana caranya? Yang terbaik kamu lakukan adalah berpikir positif. Dengan positive thinking kamu pasti mengatasi masalah yang sedang dihadapi dalam dunia bisnis yang kamu jalankan.

Mengapa positive thinking sangat penting dalam dunia bisnis kamu? Simak lima alasannya di bawah ini.

1. Ketika kita harus berhadapan dengan suatu masalah, yang terpikir oleh kita untuk pertama kalinya adalah berbagai hal terburuk dan paling negatif yang mungkin terjadi.

Pikiran buruk dan hal-hal negatif yang mempengaruhi pikiran kita tersebut bukannya membuat hati menjadi tenang dan pikiran menjadi terang. Sebaliknya, malah mengakibatkan perasaan menjadi tidak karuan, cemas, takut, bahkan mengganggu konsentrasi kita dalam berpikir dan menemukan jalan keluar terbaik.

2. Positive thinking akan membuat kita belajar dari pengalaman yang sudah kita lalui bahwa setiap masalah yang datang selalu akan disertai dengan berbagai jalan keluar.

Jalan keluar tersebut tergantung pada diri kita sendiri, apakah kita mampu menemukannya ataukah tidak. Positive thinking akan membuat kita tidak akan memikirkan berbagai hal buruk yang terjadi. Kita menjadi lebih suka memikirkan saat sekarang dan berharap bahwa masa depan akan memberikan hal-hal terbaik di dalam hidup kita. 

3. Positive thinking membuat kita menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi masalah tersebut. Dengan kepercayaan diri itu pula maka akan mudah bagi kita untuk bertahan walau masalah yang menerpa usaha kita cukup berat.

4. Dengan positive thinking, fokus kita untuk mencari solusi jauh meningkat. Solusi tersebut haruslah ditemukan dan bukannya ditunggu.

Ada banyak cara untuk menemukan solusi terbaik bagi setiap permasalahan yang datang seperti dengan bertukar pikiran dengan orang-orang yang lebih berpengalaman, mengadakan diskusi dengan orang-orang yang terkait dengan masalah tersebut. Bahkan kita bisa menemukan solusi dari membaca berbagai buku dan artikel yang berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi.

5. Pikiran negatif membuat tubuh dan pikiran kita menjadi dua kali lipat lebih lelah. Hal tersebut jelas menjadikan kita menjadi tidak produktif, bahkan semangat kita dalam menjalankan usaha pun menjadi menurun. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kita lebih mengedepankan pikiran positif daripada berpikiran negatif dalam menjalankan usaha kita tersebut.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait