Properti

Tips Memilih Karpet Lantai untuk Mengubah Suasana Ruangan

memilih karpet lantai

Ajaib.co.id – Mendekorasi ulang ruangan adalah cara jitu yang bisa kamu terapkan kalau bosan dengan suasana yang itu-itu saja. Jangan khawatir perlu dana yang cukup besar untuk dapat suasana ruangan yang baru. Cukup dengan mengkreasikan karpet lantai saja sudah bisa memberikan penyegaran pada dekorasi rumahmu lho.

Karpet memang terbukti sangat fungsional sekaligus memberikan aspek dekoratif untuk rumah. Pemilihan jenis karpet yang berbeda akan membuar ruangan mendapatkan kesan yang berbeda. Misalnya saja karpet permadani yang membuat ruangan nampak lebih mewah dan megah. Sedangkan karpet plastik lebih fungsional dan praktis.

Saat pertama kali mendekorasi rumah, membeli karpet lantai yang tepat pasti selalu ada dalam list. Biasanya satu rumah paling tidak memiliki 2 karpet. Bahkan banyak yang memiliki, 4 karpet, 5 karpet bahkan 7 karpet sekaligus. Alasannya agar bisa gonta ganti karpet lantai jika sudah bosan.

Mengganti karpet memang cara yang jitu untuk mengubah suasana ruangan. Namun ada tipsnya agar ide redekorasimu efektif dan bukan sekedar menumpuk jumlah karpet yang dimiliki. Kamu wajib mempertimbangkan beberapa aspek penutup lantai ini agar pas dengan dekorasimu yang baru.

Karpet Lantai Bisa Mengubah Ruangan Dalam Sekejab Asal Perhatikan 5 Hal Berikut

Banyak orang mengubah dekorasi rumahnya dengan tidak efektif dalam hal tenaga maupun biaya. Mulai dari membeli furniture baru sampai dengan mengganti material ruangan atau rumahnya. Padahal hanya dengan berbekal pengaturan karpet lantai saja sudah bisa membuat dekorasi ruangan yang berbeda dan fresh dari sebelumnya.

Cara ini bisa kamu terapkan untuk ide redekorasi rumah yang ekonomis. Tak perlu buang banyak dana asal cermat mencari jenis karpet untuk tema dekorasi yang baru. Kamu juga bisa mencari inspirasi dekor dari internet untuk tata ruang yang kamu inginkan.

Karpet lantai merupakan sebuah dekorasi yang digunakan untuk lantai rumah dan dapat diaplikasikan di ruangan manapun di rumah kamu. Bukan hanya itu, fungsinya sebagai penutup lantai juga memberikan kenyaman ketika duduk atau berkegiatan di lantai. Bahannya karpet biasanya menjadi pertimbangan utama.

Beda bahan akan bisa mengubah tampilan ruangan dalam sekejab. Dalam memilih karpet juga bervariasi dari ragam bentuk, ukuran, material dan juga harga. Dengan atau tanpa karpet lantai, suasana rumah seperti ruang tamu, ruang makan, ruang kamar tidur atau ruang keluarga akan terasa berbeda.

Itu karena karpet tergolong salah satu elemen dekorasi yang mampu berbaur dengan tampilan interior. Meski demikian, jangan asal memilih karpet dalam ruangan kamu, pemikiran model karpet, bentuk karpet dan material karpet harus kamu sesuaikan dengan interior kamu. Karena keserasian interior akan menjamin suasana yang dihasilkan ruangan kamu.

Jika kamu ingin memiliki suasana baru dalam salah satu ruangan kamu dengan menambah interior karpet lantai, ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan :

1. Memilih Karpet yang Tepat

Dalam pemilihan karpet lantai tentu kamu cenderung mencari harga termurah terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak aplikasi e-commerce yang menjual interior termasuk karpet lantai dengan harga bersaing. Dengan layanan antar, kamu juga tak perlu repot membawa karpet barumu pulang.

Namun perlu kamu ketahui bahwa menumbuhkan suasana ruangan tak hanya berpatokan pada harga karpet lantai saja, namun juga kesesuaian dengan interior yang ada. Dalam memilih karpet lantai, pertimbangan lain yang perlu kamu pikirkan adalah bentuk ruangan kamu, karpet yang nantinya akan diletakkan dimana, kesesuaian warna dan tema serta model yang pantas.

Misalnya saja karpet sutra bisa digunakan untuk ruang keluarga sedangkan karpet jenis anyaman alami bisa digunakan di teras belakang. Fungsi ruangan itu sendiri adalah hal yang teramat penting. Jangan sampai kamu salah pilih jenis karpet dan malah membuatnya rusak karena fungsinya tidak tepat.

2. Ukuran Karpet

Ukuran karpet juga berpengaruh pada suasana ruangan kamu, yang membuat tampak nyaman atau malah sebaliknya. Jangan sampai sebuah ruangan terkesan ‘maksa’ karena ukuran karpet lantai yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Sesuaikanlah ukuran dengan beberapa furnitur, warna tembok / lantai dan ukuran ruangan kamu. Karpet dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil akan memberikan efek pada aspek spacious ruanganmu. Karena itu, pastikan kamu memilih ukurannya dengan tepat.

3. Ukuran Ruangan

Dalam memilih ukuran karpet, ukuran ruangan memang sangat dibutuhkan untuk menentukan ukuran karpet yang sesuai. Jika ukuran ruangan kamu sangat luas, karpet dengan ukuran besar bisa kamu pilih. Jika ukuran ruangan kamu kecil, maka pilihlah karpet lantai yang kecil.

Untuk berbandingan ukuran ruangan dan ukuran karpet sekitar 1 : 3. Dalam sejumlah kasus memang ada kalanya ukuran karpet yang digunakan tidak ideal. Namun kalau kamu sedang mencoba kemampuan mendekorasi sendiri maka sebaiknya berpatokan pada perbandingan itu saja ya.

4. Material Karpet

Dalam memilih material karpet,mungkin kamu akan sedikit bingung. Nyatanya ada puluhan bahan karpet yang berbeda-beda dengan keunggulannya masing-masing. Sudah pasti kamu akan kebingungan mana yang terbaik dan tepat baik dalam segi desain, harga sampai materialnya.

Hal ini karena ada beberapa jenis karpet lantai yang mungkin kamu suka, namun tidak sesuai dengan ruangan kamu. Atau karpet lantai yang materialnya kamu tidak suka justru cocok ke ruangan kamu.

Nah, jika demikian pilihlah yang material karpet yang fungsional. Misalkan jika karpet lantai diletakkan di ruang tamu maka jenis karpet lantai berbahan tebal microfiber sangat cocok digunakan. Jika karpet lantai akan diletakkan di ruang keluarga untuk tiduran maka gunakanlah yang berbahan lembut seperti wol dan karpet bulu rasfur.

Sedangkan jika karpet lantai digunakan untuk di bawah meja makan, maka gunakanlah yang berbahan pvc, menyerap air dan mudah dibersihkan. Cari tahu rekomendasi material karpet yang sesuai untuk setiap ruangan dari sosial media dan artikel soal interior design. Jangan sampai salah pilih dan terpaksa menghadapi kenyataan karpet kesayanganmu rusak nantinya ya.

5. Motif Karpet

Motif karpet lantai sangat penting dimana nantinya motif akan memunculkan karakter si pemilik rumah. Dengan karpet lantai bermotif polos, akan menunjukkan si pemilik rumah yang menyukai ragam interior minimalis. Jika kamu memilih bermotif bunga-bunga atau corak ramai, maka si pemilik rumah adalah tipe yang ceria.

Selain itu, motif karpet yang dipilih juga erat kaitannya dengan tema yang diambil dalam mendekorasi ruangan. Rumah dengan tema minimalis tentu saja punya pilihan karpet yang berbeda dengan tipa rumah alami.

Namun demikian dalam memilih motif karpet juga perlu mempertimbangkan warna interior yang sudah ada, sehingga karpet lantai mampu berbaur dan memberikan suasana yang baru dan pastinya lebih nyaman. Padu padankan semuanya agar ruanganmu mendapatkan suasana yang baru dan lebih nyaman untuk ditinggali.

Redekorasi rumah merupakan ide aktivitas yang baik dilakukan untuk mengisi waktu selama pandemi Corona ini. Kamu bisa melakukannya bersama pasangan atau keluarga. Namun masa sulit seperti saat ini tentu saja mengharuskan kamu mengerem pengeluaran.

Maka dari itu, redekorasi dengan mengubah karpet saja adalah langkah yang tepat. Kamu bisa dapat ruangan baru dengan hemat dan mudah. Selama mendekorasi rumah ya.

Artikel Terkait