Milenial

Cara Pintar Bahasa Inggris dengan Mudah & Cepat

Ajaib.co.id – Belajar bahasa Inggris susah? Kalau kamu mengikuti cara pintar bahasa inggris dari redaksi Ajaib ini, dijamin mudah kok.

Bahasa Inggris saat ini merupakan suatu hal yang wajib dikuasai oleh setiap orang. Hal ini mengingat bahwa dalam keseharian, baik dalam pekerjaan maupun dalam melakukan ragam hal, bahasa Inggis acap kali muncul bahkan tanpa terjemahan.

Oleh karena itu, saat ini banyak orang berlomba untuk terus mengasah kemampuan berbahasa Inggris, tak hanya orang dewasa, anak-anak juga sudah mulai belajar Bahasa Inggris. Tidak heran di berbagai sekolat menetapkan berlajar Bahasa Inggris sebagai kurikulum wajib.

Nah, bagi kamu yang saat ini sudah dewasa, namun Bahasa Inggris kamu masih pas-pasan, mungkin kamu mencoba menguasai Bahasa Inggris secara manual dengan buku ataupun mengambil kursus Bahasa Inggris.

Dengen pengetahuan Bahasa Inggris yang baik, maka kamu bisa mengembangkan karir bahkan juga pendidikan kamu. Tak hanya perusahaan asing, kini Bahasa Inggris juga masuk dalam kualifikasi beberapa perusahaan skala nasional.

Ada beberapa hal mudah agar kamu bisa cepat pintar dalam belajar Bahasa Inggris, simak tips berikut :

Menonton Film Berbahasa Inggris

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan belajar Bahasa Inggris secara mudah dan cepat adalah dengan menonton film Bahasa Inggris. Dengan menonton film Bahasa Inggris akan memudahkan kamu untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris dengan cepat. Hal ini karena kamu dihadapkan pada praktek langsung dalam mendengarkan percakapan dalam film yang menggunakan Bahasa Inggris.

Namun untuk kebutuhan belajar, ada baiknya jika kamu mengganti subtitle film menjadi Bahasa Inggris. Ini akan mempermudah, selain kamu mendengarkan pengucapan Bahasa Inggris, kamu juga bisa melihat cara penulisan dan bentuk tata bahasanya. Hindari menggunakan subtitle Bahasa Indonesia untuk lebih fokus dalam penguasaan Bahasa Inggris.

Jadikan Berbicara Bahasa Inggris Sebagai Kebiasaan

Pepatah ‘Alah Bisa Karena Terbiasa’ tampaknya benar adanya. Jika kamu biasa dalam menggunakan Bahasa Inggris di keseharian kamu, maka belajar Bahasa Inggris akan semakin efektif.

Dengan sering mengucapkan, menulis ataupun mendengar Bahasa Inggris, otomatis kamu akan semakin cepat belajar Bahasa Inggris, karena semakin hari kamu akan merasa tidak asing dengan bahasa tersebut.

Disiplin Berlatih

Jika kamu benar-benar niat untuk belajar Bahasa Inggris, pastilah kamu akan akan fokus dan disiplin untuk terus berlatih dalam memaksimalkan bahasa Inggris kamu. Misalkan saja kamu akan menyisipkan beberapa kosa kata bahasa inggris atau kalimat Bahasa Inggris dalam komunikasi dengan teman kamu. Atau sesekali menulis pesan singkat dengan Bahasa Inggris.

Ini cocok banget nih buat kamu yang tinggal di kota, khususnya anak Jakarta Selatan. Biasanya anak Jaksel ini sering banget melakukan komunikasi dengan bahasa yang dicampur, Bahasa Indonesia dan Inggris. Selain terlihat anak ‘gaul’, kamu juga bisa menambah kosakata baru lho!

Rajin mendengarkan Lagu bahasa Inggris

Selain menonton film dengan Bahasa Inggris, cara cepat belajar bahasa Inggris lain yang bisa kamu lakukan adalah mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Pilihlah lagu Bahasa Inggris yang kamu suka dan kemudian kamu bisa mulai mendengarkannya.

Karena rasa penasaran kamu, patilah kamu mencari lirik lagu tersebut. Tidak puas sampai situ, kamu pasti akan mulai mencari tahu arti dari lagu tersebur. Sembari mendengarkan kamu juga akan mulai bersenandung dan belajar Bahasa Inggris kamu akan semakin efektif.

Berteman dengan yang Pintar Bahasa Inggris

Banyak orang yang mengatakan ‘kamu adalah dengan siapa kamu berteman’. Ini mengandung arti bahwa seorang teman akan menjadi influencer bagi kamu. Jika teman kamu pintar Bahasa Inggris maka kemungkinan besar ia akan menularkannya kepada kamu.

Maka dari itu, bertemanlah dengan dengan orang yang bisa membawa perubahan baik untuk kamu. Salah satunya adalah mengembangkan pengetahuan Bahasa Inggris kamu.

Rajin Membaca Buku Berbahasa Inggris

Bagi kamu yang hobi membaca, cobalah mulai sekarang baca buku berbahasa Inggris, baik novel, komik, literatur, dan sebagainya. Sesuaikan dengan buku apa saja yang kamu sukai. Setelah membaca dan ternyata kamu menemukan kata yang asing, kamu bisa membaca kamus dan cari tau artinya. Untuk menambah kosa kata, jangan lupa juga untuk mencatatnya ya, agar lebih mudah teringat.

Dengan membaca dan menulis, kamu bisa lebih mudah menghafal kosa kata dan mengingatnnya lebih mudah. Sehingga, kamu bisa belajar bahasa Inggris lebih cepat dan mudah.

Berselancar di Media Sosial

Di media sosial kamu bisa menemukan banyak orang di seluruh dunia. Nah, cara pintar bahasa Inggris yang bisa kamu coba adalah dengan sering-sering cek timeline Instagram orang-orang yang sering menggunakan bahasa Inggris sehari-harinya. Misalnya, kamu saat ini sedang menggemari artis dari Hollywood. Cobalah cek timeline mereka dan lihat caption mereka. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah belajar dari caption mereka.

Selain mendapatkan kesenangan karena melihat artis kesukaan, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih semangat. Ini juga menjadi salah satu motivasi lho buat kamu.

Belajar Bahasa Inggris Online

Di era teknologi seperti saat ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah tanpa harus meninggalkan rumah. Dengan modal gadget dan Internet, kamu sudah bisa belajar bahasa Inggris, kapan dan di mana saja. Saat ini juga sudah banyak media atau teknologi yang membantu kamu belajar Bahasa Inggris. Misalnya saja Google Translate yang membantu kamu menemukan kosa kata baru dan cara mengucapkannya dengan benar.

Kamu juga bisa memanfaatkan tools yang membantu kamu belajar seperti Grammarly. Bagi kamu yang ingin belajar dengan benar, kamu bisa membayar jasa perusahaan startup yang menyediakan kursus Bahasa Inggris, misalnya Ruang Guru, Cakap, Duo Lingo, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara pintar Bahasa Inggris yang bisa membantu kamu belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Dengan lancar berbahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan kemudahan, terutama dalam menempuh pendidikan ke sekolah di luar negeri hingga berkesempatan bekerja di perusahaan internasional.

Bukan hanya itu, jika kamu tetap bekerja di perusahaan lokal, nilai dan kemampuan Bahasa Inggrismu juga bisa menjadi nilai tambah bagi kamu. Sedangkan, bagi kamu yang tidak ingin bekerja ataupun sekolah, dan memilih menjadi seorang pengusaha. Bahasa Inggris ini bisa kamu manfaatkan juga, misalnya dengan menjadi penerjemah, tour guide, dan masih banyak lagi.

Menarik bukan bisa berbahasa Inggris? Nah, jika sudah berpenghasilan, jangan lupa juga sisihkan pendapatan kamu dengan berinvestasi ya seperti reksa dana ataupun saham. Dengan investasi, uang kamu tidak akan termakan inflasi dan bisa menghasilkan return yang cukup besar jika dibanding menabung di bank.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana online yang dapat membantu kamu memulai investasi kapan dan di mana saja dengan mudah, cepat, dan aman. Karena Ajaib telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yang menjamin keamanan dana kamu. Yuk mulai investasi kamu sekarang di Ajaib!

Artikel Terkait