Perencanaan Keuangan

Umroh Murah Backpacker, Bagaimana Legalitasnya?

umroh murah

Ajaib.co.id – Umroh adalah perjalanan ziarah ke tanah suci yang diidamkan oleh semua umat muslim. Sayangnya biayanya sendiri tidak sedikit. Maka kemudian muncul solusi berupa umroh murah ala-ala backpacker yang seru nan menyenangkan.

Naik haji adalah salah satu rukum Islam yang jadi impian banyak orang di Indonesia. Sayangnya biayanya tidak sedikit. Jika pun kamu punya dana yang memadai, kuotanya terbatas sehingga perlu antre hingga bertahun-tahun baru bisa berangkat ke tanah suci. Pasalnya ada ribuan jamaah dari seluruh dunia yang ingin berhaji pula.

Padahal keinginan berkunjung ke rumah Tuhan sudah benar-benar tak tertahankan. Memang sih ada program haji plus buat yang benar-benar kebelet, sayangnya harganya terlalu fantastis bagi sebagian kalangan. Paling tidak kamu perlu dana hingga Rp220 juta per orang untuk tipe ONH plus ini.

Maka kemudian muncul perjalanan umroh untuk memuaskan dahaga sementara berziarah ke tanah suci. Meski punya tata cara yang berbeda dengan haji namun bagi sebagian kalangan perjalanan ini cukup memuaskan. Terlebih lagi, waktunya lebih fleksibel tanpa kuota tertentu.

Tak heran kemudian umroh sangat diminati sebagai pilihan terbaik. Biro perjalanan umroh bisa dengan mudah ditemukan. Tawaran produknya juga beragam mulai dari umroh reguler, umroh promo sampai dengan umroh plus Turki atau perjalanan lainnya dengan tour acara diluar program atas permintaan pesertanya.

Hanya dengan biaya mulai dari Rp 20 juta saja kamu bisa mendapatkan perjalanan ibadah ini. Untuk perjalanan kelas bintang 5, tinggal tambah saja anggarannya. Selain itu, tak perlu mendaftar dari jauh hari karena memang lebih fleksibel. Tinggal cari agen tour travel yang menjaga amanah dan profesional maka perjalananmu bisa segera dimulai.

Tak cukup hanya itu, belakangan muncul inovasi umroh murah yang cocok bagi anak muda berupa umroh backpacker. Umroh ala backpacker adalah solusi bagi umat muslim yang ingin mengunjungi tanah suci namun terkendala biaya.

Menunaikan ibadah umroh backpacker sering disebut umroh murah karena selisih biaya cukup jauh daripada yang ditawarkan agen tur dan travel. Harganya lebih ramah di kantong karena tidak dikenakan biaya jasa agensi yang mengurus berbagai keperluan kita.

Implikasinya, semua proses umroh kita kerjakan secara mandiri. Umroh mandiri, demikian biasa disebut, harus mengurus visa, tiket, penginapan, dan rute perjalanan secara pribadi. Meskipun kesannya ribet namun umroh mandiri cocok buat generasi milenial yang hobi melancong dan berjiwa petualang.

Umroh hemat ini memang menggiurkan untuk dicoba. Namun harus diakui pertanyaan soal legalitas dan keamanannya masih selalu terbayang di kepala. Jangan sampai kita malah dianggap wisatawan ilegal dan terciduk imigrasi sana. Belum lagi soal keamanannya umroh secara mandiri di Arab Saudi.

Simak penjelasan dari Ajaib di bawah ini sebelum kamu memutuskan mencoba umroh murah ini.

Cek Legalitas Umroh Murah ala Backpacker

Umrah mandiri legal dan tidak melanggar peraturan selama mengantongi visa yang sesuai. Sejauh ini belum ada peraturan yang menyatakan jika umroh mandiri ilegal. Untuk milenial yang masih muda, berwawasan dan masih punya energi menyiapkan perjalanan sendiri tentu ini jauh lebih menarik.

Meski demikian, umroh harus dilengkapi dengan visa khusus umroh dan bukan visa ziarah. Pengajuan visa ini harus dilakukan sebelum berangkat melalui biro yang terdaftar sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) di Indonesia. Harap diingat jika pengajuan visa umroh tidak bisa dilakukan secara personal dan harus melalui biro.

Artinya, kamu terpaksa menggunakan biro jasa atau travel yang mengenakan biaya tertentu, sekitar 75-100 USD. Untuk mengurus visa, salah satu syarat yang diminta adalah menunjukkan bukti pemesanan hotel di Mekkah atau Medinah. Biasanya kalau menggunakan jasa travel umroh, biaya booking hotel ini sepaket dengan pengurusan visa. Tarifnya pun bisa jauh lebih mahal jika jaraknya semakin dekat dengan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

Solusinya, cari hotel yang jaraknya cukup jauh dan biayanya murah hanya sebagai syarat mendapat visa. Toh, sebagian besar waktumu di Tanah Suci akan dihabiskan untuk beribadah dan hotel hanya digunakan untuk beristirahat sejenak untuk memulihkan stamina. Alternatif lainnya, ada apartemen murah yang disewakan dengan radius 1-2 kilometer dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Dibanderol Rp125-250 ribu per malam, kamu bisa berbagi dengan teman atau sesama backpacker.

Tips untuk kamu yang berniat pergi umroh mandiri, coba cari grup umroh backpacker di media sosial. Grup ini biasanya akan banyak memberikan informasi soal pengurusan visa umroh mandiri dan network yang dibutuhkan. Selain itu, kini juga makin banyak agendi yang memberangkatkan umroh mandiri. Hal ini salah satunya karena peminatnya semakin tinggi setiap tahun.

Keamanan Umroh Backpacker

Umroh dengan cara ini membuat kita bebas dari agenda kelompok sehingga jauh lebih fleksibel. Resikonya adalah tempat tinggal, kegiatan maupun keamanannya tidak terjamin oleh agen perjalanan ibadah. Misalnya kamu menginap di penginapan khusus backapcker maka barang-barangmu harus kamu jaga sendiri.

Kekurangan lain dari umroh murah ini adalah semua detail kegiatan yang harus kamu atur sendiri ini kemungkinan bisa mengganggu konsentrasi beribadah. Hal yang juga kerap dilupakan peserta umroh backpacker adalah kebutuhan pemandu atau muthowif. Pemandu sangat dibutuhkan jika kamu baru pertama kali melaksanakan umroh.

Biaya Umroh Backpacker

Umroh backpacker banyak diminati karena harganya jauh lebih murah. Selisih harganya bisa sampai Rp5 juta bahkan jika dibandingkan dengan promo umroh dari berbagai biro ibadah umroh. Kamu bisa berangkat ke tanah suci hanya dengan biaya sekitar Rp10 juta saja. Meskipun lebih murah, jumlah ini sebenarnya cukup besar apalagi buat kamu yang bergaji UMR.

Biaya yang paling besar biasanya untuk tiket pesawat. Karena itulah, kelebiahan utama dari model umroh murah ini adalah kamu bisa mencari tiket promo untuk menekan biayanya. Umrah backpacker juga menekan biaya-biaya lain seperti menghilangkan biaya untuk memberangkatkan ustad dan travel agent dari Indonesia , menurunkan kelas penginapan, biaya pemasaran paket umrah, suvenir (koper, ihram, atau seragam mukena), dan manasik.

Agar mimpi mengunjungi rumah Tuhan terealisasi, kamu bisa mengalokasikan dana untuk berinvestasi. Ajaib menyediakan paket investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dana besar di masa mendatang. Kebutuhan dana umroh yang kamu inginkan bisa menjadi target investasi untuk dipilih dan diterapkan bersama Ajaib.

Umroh dengan cara backpacker sendiri adalah alternatif yang lebih baik, apalagi jika kamu masih muda dan senang traveling. Pasalnya, kelebihan dari model umroh murah ini adalah jemaah punya hak untuk menentukan keberangkatan umrahnya masing-masing. Keputusan tentang maskapai apa dan kapan berangkat ada di tangan jamaah. Tak ada tour leader yang akan menetukan segala sesuatunya bagimu.

Cara ini juga lebih aman dan minim risiko dibandingkan mengambil paket umroh murah dari agen yang tidak terpercaya. Bukan rahasia lagi jika banyak calon jemaat yan tertipu tawaran naik haji atau pergi umrah dengan harga yang murah. Keinginan ke tanah suci yang begitu kuat dan desakan ekonomi yang terbatas membuat banyak orang tidak berhati-hati dan akhirnya malah jadi korban oknum nakal ini.

Umroh Pasca Corona Akan Jadi Berbeda, Sesuaikan dengan Konsep Terbaru

Pandemi Corona mempengaruhi banyak aktivitas di dunia. Dengan penyebaran yang amat masif dengana danya kontak langsung otomatis membuat warga dunia harus mengurangi interaksinya. Termasuk pula ibadah haji dan umroh yang identik dengan ribuan warga berkumpul dan berdesak-desakan untuk bisa menunaikan hajatnya.

Karena itu, apapun rencana umroh murah yang sudah kamu canangkan untuk tahun ini terpaksa harus dibatalkan. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan umrah selama tahun 2020 guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin parah.

Selain itu, Saudi juga melarang sementara penduduknya untuk melaksanakan ibadah umrah guna menghindari penyebaran virus corona. Larangan umrah bagi warga setempat diberlakukan setelah Saudi mengonfirmasi kasus kematian kedua akibat virus corona.

Sebelumnya pemerintah negara ini juga sedang melarang adanya penerbitan visa umroh untuk warga asing dengan merebaknya kasus ini di awal tahun 2020. Mereka melarang masuk orang luar yang ingin beribadah ke Mekah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah untuk menekan penyebaran virus corona.

Untuk diketahui, jutaan umat Islam di seluruh dunia mengunjungi Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya, dengan dua per tiganya merupakan penduduk Arab Saudi. Penutupan akses ibadah umroh dilakukan secara menyeluruh baik untuk warga asing maupun lokal sejak 4 Maret 2020. Meski tidak pernah ada keterangan jelas akan durasi waktu penutupan ini, banyak yang percaya jika setidaknya kemungkinan untuk ibadah ini baru akan dibuka setelah Corona berhasil diperangi.

Terbukti, musim haji tahun 2020 tetap bisa dilaksanakan meski menerapkan pengaturan berbeda menyesuaikan dengan adanya pandemi Corona. Otoritas Arab Saudi hanya mengizinkan 10 ribu warga Saudi atau warga asing yang sudah berada di negara kerajaan itu untuk berhaji. Tahun lalu setidaknya ada 2,5 juta umat Islam untuk mengunjungi Arab Saudi untuk menjalankan Rukun Islam kelima itu.

Kali ini, pasukan keamanan memastikan tidak ada seorang pun yang bisa memasuki situs-situs suci di Mekah dan Madinah tanpa izin resmi selama periode haji. Selain itu, pasca menjalankan ibadah pun jamaah diminat melakukan karantina. Hasilnya tak ada yang terdeteksi positif Corona pasca ibadah utama umat Islam tersebut.

Pemerintah Indonesia sendiri menyebut ada tiga kategori yang akan diprioritaskan berangkat jika Pemerintah Saudi sudah membuka perjalanan ibadah umrah. Kategori pertama adalah jamaah umrah yang tertahan keberangkatannya saat berada di Bandara Indonesia. Mereka adalah yang tertahan keberangkatannya saat berada di Bandara Soetta, Surabaya, Makassar, dan sebagainya yang akan take-off ke Arab Saudi.

Kategori kedua adalah jamaah yang tertahan di negara-negara transit seperti Malaysia, Singapura, Dubai, Oman, dan sebagainya. Lalu kategori ketiga adalah jamaah umrah yang sudah mempunyai jadwal keberangkatan. Hanya saja memang sampai saat ini belum ada pernyataan jelas kapan umroh akan dibuka kembali.

Dalam kondisi normal, selesainya gelaran haji berarti menandakan dibukanya musim penyelenggaraan ibadah umrah. Namun kali ini berbeda meskipun Arab Saudi bakal kembali membuka penerbangan internasional pada pertengahan September ini. Namun sepertinya ada harapan karena kasus Corona di negara ini terus menurun.

Data per-tanggal 25 Juli 2020 misalnya, ada 2.200 kasus. Sementara data pada 2 Agustus lalu menunjukkan penurunan terus menerus hingga 1.357 kasus. Meski demikian, jika pun dibuka kembali maka kamu harus merombak ulang rencana umroh murah milikmu dan memastikan tersedia protokol kesehatan yang sesuai.

Terlebih lagi umroh murah model backpacker memungkinkan kamu bertemu dengan lebih banyak orang. Berbeda dari program umroh kelompok yang cenderung lebih eksklusif, kamu akan berinteraksi langsung dengan banyak orang untuk menyelesaikan urusanmu. Karena itulah maka butuh pendekatan ekstra untuk menyusun protokol perjalan umroh pasca Corona.

Ada baiknya kamu menunggu beberapa saat sebelum berangkat perjalanan ziarah ini. Misalnya saja memahami protokol baru yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jangan terburu-buru berangkat kalau ternyata risikonya masih amat tinggi.

Awas Terjebak Penipuan Umrah Berkedok Harga Murah, Begini Tipsnya

Tawaran jasa travel umrah berbiaya murah banyak bermunculan. Hati-hati jangan sampai tertipu hanya karena silau dengan harganya yan amat terjangkau. Minat umrah yang tinggi memunculkan banyak jasa travel yang berlomba menawarkan umrah berbiaya murah. Sisi gelap dari fenomena ini adalah maraknya kasus penipuan umrah dengan iming-iming biaya murah tersebut.

Kasus penipuan jasa travel umrah ini bahkan hingga memakan korban puluhan ribu orang dengan nilai kerugian mencapai triliunan rupiah. Rasanya setiap tahun selalu saja ada kasus yang bermunculan dengan korban yang mengenaskan.

Kalau kamu merasa umroh murah ala backpacker kurang pas bagimu, sebenarnya mengambil paket perjalanan dari biro juga tidak salah. Hanya saja kamu harus berhati-hati dalam memilih biro yang terpercaya. Jangan gampang tergiur biaya murah kalau tidak benar-benar bisa tracking sejarah biro tersebut.

Coba terapkan tips berikut ini untuk memastikan umroh murah pilihanmu aman dan terjamin.

1. Periksa rekam jejak dan kredibilitas

Ada banyak penyedia jasa travel umrah yang menawarkan berbagai paket perjalanan umrah. Sebelum memutuskan memakai jasa, sebaiknya kamu periksa dengan jeli bagaimana rekam jejak mereka selama menyediakan jasa travel umrah tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan melihat sejak kapan usaha travel tersebut menyediakan jasa travel umrah. Semakin lama usaha travel tersebut memberikan layanan perjalanan umrah, kemungkinan layanannya sudah cukup teruji.

Selain itu kamu bisa memeriksa estimony dari mereka yang sudah pernah memakai jasa travel umrah tersebut. Jangan berhenti membaca estimony yang tertera di websitemereka saja, akan lebih baik bila kamu bisa mendapatkan testimoni langsung dari konsumen.

Lalu, periksa juga apakah pernah terjadi kasus buruk berkaitan dengan layanan travel umrah di penyedia jasa tersebut. Informasi ini bisa kamu cari juga dengan berselancar di internet atau di forum-forum online yang banyak membahas tentang jasa umrah.

2. Lihat biaya jasa, rasional atau tidak?

Ada harga, ada rupa. Itulah yang perlu kamu ingat ketika mencari jasa travel umrah yang baik. Semakin murah biaya yang dikenakan, sulit untuk berharap layanan yang optimal dan rasional. Sebaliknya, umrah yang nyaman lebih mungkin kamu dapatkan bila mengenakan biaya yang wajar.

Perjalanan umrah rata-rata memakan waktu 9 hari hingga 12 hari. Dengan acuan tersebut, kamu sebenarnya bisa memperhitungkan sendiri berapa biaya jasa perjalanan umrah yang rasional dan wajar.

Dengan memahami biaya umrah yang rasional, kamu bisa terhindar dari iming-iming travel umrah yang menjual biaya super murah. Kasus penipuan travel umrah selama ini kebanyakan karena korban terpukau dengan tawaran harga murah yang tidak masuk akal.

Saat ini, untuk perjalanan umrah selama 9 hari rata-rata ditawarkan di kisaran harga mulai Rp20 juta per orang. Hal lain yang juga perlu kamu cermati adalah cara pembayaran biaya travel umrah. Untuk menghindari jebakan tipuan, pilihlah jasa travel umrah yang menyediakan opsi bayar cash and carry, di mana jeda bayar dan keberangkatan tidak terlalu lama.

Banyak oknum penipu jasa travel umrah mengimingi korban dengan cara bayar cicilan. Misalnya, bayar tahun ini dan baru berangkat tahun depan. Jeda keberangkatan yang terlalu lama melahirkan risiko kegagalan keberangkatan karena tidak ada jaminan pasti kamu bisa berangkat.

3. Teliti fasilitas yang ditawarkan

Seringkali jasa travel umrah tidak sekadar memberi layanan umrah di Mekkah, tapi juga sekaligus menawarkan perjalanan ke negara lain sebagai pelengkap. Misalnya, umrah di Mekkah sekaligus wisata rohani ke Palestina, atau jalan-jalan ke Turki. Ini tentu akan mempengaruhi besar biaya yang dikenakan. 

Kamu patut curiga bila penyedia jasa travel menawarkan biaya murah yang tak sebanding dengan fasilitas yang dijanjikan. Misalnya, fasilitasnya berupa maskapai ternama dengan akomodasi penginapan di hotel bintang 4 dan ditambah wisata ke negara lain, namun biayanya setara dengan biaya travel umrah regular. 

4. Bandingkan selalu dengan “toko sebelah”

Berusaha menekan biaya umrah dengan mencari jasa umrah murah, boleh-boleh saja. Tapi, kamu tetap harus realistis dengan harga pasaran yang berlaku saat ini. Maka itu, ketika mendapatkan tawaran perjalanan umrah dengan harga murah, sebaiknya tidak gelap mata langsung mengambilnya. Bandingkan lebih dulu dengan tawaran perjalanan umrah dari penyedia jasa yang lain. 

Teliti komponen harga yang dikenakan sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran harga jasa yang wajar. Manfaatkan internet untuk membandingkan harga jasa-jasa travel umrah sehingga kamu bisa menemukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan.

5. Sesuaikan dengan kemampuan finansial

Umrah merupakan jenis ibadah yang cukup menguras kekuatan fisik. Supaya bisa menjalankan ibadah umrah dengan baik, persiapan fisik perlu kamu lakukan. Memilih jasa umrah yang menawarkan akomodasi nyaman bisa membantu meringankan pelaksanaan umrah kamu. Hanya saja, umrah dengan fasilitas nyaman jelas membutuhkan biaya lebih mahal ketimbang yang standar.

Jadi, mana tipe umroh murah yang jadi pilihanmu?

Artikel Terkait