Perencanaan Keuangan

Baca Analisis Laporan Keuangan Sebelum Beli Saham

Baca Analisis Laporan Keuangan Sebelum Beli Saham

Investor yang bijak akan membaca analisis laporan keuangan suatu perusahaan dengan cermat sebelum memutuskan membeli sahamnya. Laporan keuangan ini akan menjadi gambaran situasi perusahaan dan menetukan apakah sahamnya menguntungkan atau tidak. Hanya saja, banyak kasus investor yang membeli saham hanya karena tren atau ikut-ikutan. 

Hasilnya adalah mereka tidak tahu kapan saat yang tepat menjual atau membeli saham itu. Membaca analisis laporan keuangan sendiri mungkin terasa rumit kalau kamu bukan seorang akuntan atau punya latar belakang pendidikan akuntansi. Tapi kalau kamu berniat investasi saham sebaiknya menerapkan 5 tips dan trik mengusai laporan keuangan perusahaan ini.

Neraca keuangan

Neraca keuangan atau balance sheet merupakan laporan yang memberikan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan mulai dari kas, bank, piutang, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah melihat kinerja perusahaan. Cermati juga kondisi perusahaan dari kemampuannya memenuhi semua kewajiban seperti utang dan dividen pemegang saham. Selain itu,jumlah aset yang dimiliki juga penting salah satunya sebagai sarana operasional. 

Laba rugi

Informasi keuangan paling standar pasti membahas soal laba dan rugi secara keseluruhan. Pertanyaan tentang untung dan rugi yang dirasakan perusahaan bisa kamu jawab dengan mencermati pendapatan dan Harga Pokok Penjualan (HPP). Selain itu, bandingkan pula tren beban dan pendapatan perusahaan dengan mendetail untuk dapat gambaran prospek bisnisnya. Dengan laporan inilah kamu bisa memahami apakah perusahaan sedang menunjukkan kondisi untung atau rugi.

Arus kas

Salah satu komponen paling penting dari laporan keuangan adalah nilai ekuitas perusahaan yang memadai. Ekuitas yanh sehat memungkinkan adanya pembagian dividen bagi pemilik saham, hal yang paling penting bagi calon investor. Laporan arus kas adalah bagian yang memuat soal hal ini termasuk adanya cadangan kas perusahaan untuk operasional.

Nilai perubahan modal

Laporan perubahan modal perusahaan juga menjadi bagian penting untuk ditelaah. Ada 2 data yang biasanya dipaparkan di bagian ini yang bisa jadi pertimbangan bagi calon investor. Pertama adalah kenaikan ekuitas yang menandakan keuntungan, kedua yaitu penurunan yang berarti ruginya perusahaan. 

Memahami analisis laporan keuangan memang relatif sulit khususnya apabila kamu masih pemula dalam dunia keuangan. Namun hal ini sebanding dengan keuntungan yang didapatkan dari investasi saham. Saham memang salah satu investasi yang paling menguntungkan karena nilainya yang progresif. Wajar kalau ini kemudian diikuti dengan tingkat kesulitas yang berbeda pula.

Sedangkan untuk investor pemula lebih disarankan membeli reksa dana. Alasannya modal yang dikeluarkan bisa dimulai dengan nilai yang kecil. Dengan demikian, risiko kerugiannya lebih sedikit. Selain itu, reksa dana juga lebih gampang karena mempercayakan danamu pada manajer investasi yang berpengalaman. 

Ajaib sendiri telah bekerja sama dengan sejumlah manajer investasi terbaik jika kamu ingin berinvestasi. Pengalaman manajer investasi ini akan menjamin pertumbungan uangmu signifikan tanpa harus pusing. Tidak perlu repot menelaah sendiri laporan keuangan untuk menentukan perusahaan yang tepat untuk menanam saham. Ajaib akan menyediakan daftar perusahaan yang berpotensi memberikan keuntungan besar dan teratur. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait