Emas, Investasi

Medali Emas ASIAN Games dan Peluang Investasinya

medali emas asian games

Penasaran dengan jumlah medali emas Asian Games yang digelar tahun 2018 silam? Selain Indonesia memenangkan banyak dari medali-medali itu, ternyata medali emas dari perhelatan olahraga itu ada nilai investasinya lho. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Ingat betapa ramainya perhelatan akbar ASIAN Games di Indonesia pada tahun lalu? Kaum milenial pasti hafal banget, nih! Ya, Asiang Games ke-18 yang diadakan pada pertengahan 2018 menjadi kenangan tersendiri bagi seluruh rakyat Indonesia.

Banyak momen yang tercipta pada perhelatan ini, mulai dari pembukaan acara yang sangat megah, kekompakan warga Indonesia dalam mendukung bangsanya, hingga torehan prestasi yang diraih oleh atlet-atlet kebanggaan kita, termasuk medali-medali yang berhasil diperoleh.

Sekilas Tentang Asian Games

Sebelum membicarakan apa saja yang telah Indonesia raih pada ASIAN Games tahun lalu, kita ulas ASIAN Games secara singkat dulu yuk agar kaum milenial seperti kamu juga tahu sejarah singkat dan fakta-fakta mengenai Indonesia di ajang ASIAN Games!

ASIAN Games adalah acara perayaan olahraga terbesar di Asia yang dilakukan secara berkala setiap empat tahun sekali. ASIAN Games pertama kali diadakan di Delhi pada 4-11 Maret 1951. Pada tahun 2018, Indonesia diberi kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggara ASIAN Games ke-18 yang diadakan di dua kota sekaligus, yaitu DKI Jakarta dan Palembang.

Sebelumnya, Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah penyelenggara ASIAN Games yaitu pada ASIAN Games keempat pada tahun 1962. Ini menjadi momen sejarah penting bagi Indonesia sekaligus tempat untuk mempromosikan negara di ajang internasional.

Medali Emas Asian Games yang Diraih Indonesia

ASIAN Games 2018 resmi ditutup pada Minggu, 02 September 2018. Diikuti oleh 37 negara di Asia, ASIAN Games berjalan dengan sukses dan lancar. Indonesia sendiri berakhir di posisi ke-empat dengan total medali emas sebanyak 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Jumlah ini merupakan rekor medali terbanyak yang diraih Indonesia sepanjang sejarah penyelenggaraan ASIAN Games, selisih 20 medali emas dengan ASIAN Games di Jakarta pada 1962.

China Tetap Mendominasi

Pada klasemen akhir perhelatan akbar ini, China kembali berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 132 medali emas. Disusul Jepang sebagai runner-up dengan perolehan 75 medali emas. Bagi Jepang, jumlah ini merupakan perolehan terbanyak kedua setelah mendapatkan 78 emas pada ASIAN Games kelimadi Bangkok pada 1966.

Kemudian, Korea Selatan berada di posisi ketiga dengan perolehan 49 medali emas dan baru disusul Indonesia di posisi keempat. Berikut klasemen akhir perolehan medali di ASIAN Games 2018:

Bahrain berhasil memecahkan rekor jumlah medalinya di ASIAN Games 2018 dengan meraih 12 medali emas, lebih banyak tiga keping dibandingkan pada ASIAN Games 2014. Sementara itu, Kamboja dan Kirgistan sama-sama mengoleksi dua keping emas, cukup untuk memecahkan rekor perolehan medali mereka.

Tidak hanya Indonesia, rekor perolehan medali emas terbanyak juga diraih oleh Uzbekistan. Rekor sebelumnya adalah 15 medali emas di ASIAN Games 2002. Pada ASIAN Games 2018, Uzbekistan berhasil menggeser posisi Iran dengan perbedaan satu medali emas.

Adapun negara-negara yang tidak mendapatkan medali antara lain Bangladesh, Brunei, Bhutan, Maladewa, Oman, Palestina, Sri Lanka, Timor Leste, dan Yaman.

Medali Emas Asian Games untuk Investasi

Memiliki aset logam mulia terutama emas merupakan investasi yang sangat menguntungkan, lho! Untuk para investor baru, termasuk para milenial yang ingin mencoba bermain dalam dunia investasi, sangat disarankan untuk berinvestasi di logam mulia.

Investasi emas dikenal sebagai investasi yang tidak mengenal pergeseran kualitas, tidak seperti investasi di sektor keuangan yang pergerakannya cukup dinamis dan drastis. Maka itu, investasi emas ini memiliki risiko lebih rendah daripada investasi pada saham dan mudah dicairkan sewaktu-waktu.

Pun akan ada pergerakan penurunan tetapi masih dalam jumlah yang wajar dan dalam waktu singkat akan mengalami pergerakan kenaikan lagi. Dengan sifat seperti ini, tidak heran jika investasi emas semakin diminati dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil. Dalam kondisi politik dan ekonomi negara yang kurang stabil pun harga emas akan cenderung naik.

Bagaimana, tertarik berinvestasi emas? Jika iya, kami sarankan untuk membeli emas batangan di LM ANTAM, kamu bisa cari tau caranya di sini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait