Milenial, Properti

Milenial, Temukan Desain Rumah Kecil Minimalis di Sini!

Ajaib.co.id – Rumah kecil atau minimalis sekarang ini banyak ditawarkan para pengembang perumahan. Bukan tanpa alasan pengembang menawarkan rumah minimalis. Selain karena tren para pemburu rumah minimalis yang semakin banyak, juga karena lahan yang semakin terbatas.

Tren para pemburu rumah minimalis juga dikarena semakin tingginya harga properti di kota dan pinggirannya. Sehingga para pemburu rumah tinggal memilih rumah dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa disesuaikan dengan kesediaan budget.

Sayangnya, rumah minimalis yang disediakan para pengembang perumahan seringkali benar-benar minimalis. Sehingga para penghuni harus merenovasi ulang rumah yang baru dibelinya.

Untuk generasi milenial yang sudah mengalokasikan dana dan keuangannya, renovasi ulang rumah selalu menjadi pilihan. Setidaknya mendesain ulang rumah minimalis agar nyaman dihuni bersama pasangan. Apalagi jika sedang menghadapi kedatangan si kecil di tengah keluarga, kenyamanan dan keamanan jadi hal utama.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Jika kamu sedang mencari desain rumah kecil yang nyaman, berikut ini adalah inspirasi desain rumah kecil minimalis yang cocok untuk pengantin milenial.

1. Konsep yang Terbuka

Untuk meminimalisir keterbatasan ruang, kamu bisa menerapkan gaya terbuka atau open space. Desain rumah minimalis dapat tercipta dengan aransemen ruangan yang pas. Terdapat beberapa trik untuk mendesain rumah kecil yang minimalis, yaitu:

a. Menggunakan meja bundar kecil untuk memberikan kesan ruangan tanpa banyak memangkas ruang.

b. Menggantung televisi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan dengan rak khusus.

c. Batas antara dua ruangan yang menyambung, sehingga terlihat lebih luas atau lapang.

2. Desain yang Simpel dan Modern

Gaya yang minimalis cocok untuk desain rumah kecil bagi pengantin baru. Kamu bisa menggunakan furnitur dengan ciri khas garis lurus berbahan kayu, kemudian gunakan warna netral secara menyeluruh.

Untuk mempercantik ruangan, kamu bisa menaruh cermin agar ruangnya lebih luas dengan sentuhan dekorasi yang simple.

3. Mendesain Dinding

Saat kamu tidak punya rumah dengan ruang lantai, kamu bisa mencari alternatif dengan mengolah bagian dinding dan langit-langit rumah. Gunakan dekorasi yang simple dengan parket kayu yang berfungsi sebagai headboard, dinding, dan tempat bersantai dengan meja di tiap sisinya.

4. Dapur dengan Konsep Smart Storage

Tentunya, desain rumah kecil minimalis tidak terlepas dari bagian dapur yang tertata dengan rapi. Desain rumah ini berfokus pada kesan minimalis modern yang tenang, terutama rak dan kabinetnya.

Konsep ini juga tidak menyita banyak ruangan, karena dapurnya akan terlihat rapi. Sebab, kamu bisa memanfaatkan lemari yang berukuran sekaligus rak gantung.

5. Desain Kamar Mandi yang Minimalis

Kamar mandi juga menjadi ruangan yang sangat penting untuk didesain secara minimalis. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan dekorasi yang unik, seperti rak tangga dengan sentuhan yang alami.

Kamu juga bisa menaruh sekat kaca dengan tema warna putih. Pastinya, desain ini sangat cocok bagi pengantin muda yang baru menikah.

6. Ruang Tamu Minimalis & Tetap Elegan

Bagi kamu yang ingin membangun rumah tamu minimalis namun tetap elegan, kamu bisa gunakan warna hitam dan putih. Aksen tembok geomteris ini juga melengkapi tampilan eksterior lantai dua yang membuat rumah semakin menarik. Sentuhan batuan, kayu, dan tumbuh-tumbhan hijau juga bisa menambah atmosfir segar pada suasana rumah ini dengan sangat menawan.

7. Rumah Sederhana Kontemporer

Desain rumah ini menampilkan gaya kontemporer yang khas dengan bentuk geomtrik yang dibangun seakan bertumpuk. Kamu bisa mengobinasikan warna putih dan abu-abu untuk memberi kesan modern minimalis yang tentunya terlihat sangat trendy. Elemen kayu dan batu memberi gaya lain pada tampilan keseluruhan rumah yang cenderung netral tanpa dekorasi yang mencolok.

8. Kamar Tidur dengan Desain Kabin

Terinspirasi dari gaya bangunan kabin, kamu bisa mendesain kamar tidur dengan cukup unik. Bentuknya yang kecil tidak akan memakan banyak lahan namun tetap menawarkan ruangan yang leluasa di dalamnya.

Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

Meskipun rumah kecil minimalis terlihat sederhana, namun kamu akan merasa nyaman dan aman ketika menempati rumah tersebut.

Dengan memiliki rumah kecil minimalis, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Yuk, simak dulu ulasannya di bawah ini:

1. Jadi Lebih Hemat

Jika kamu ingin membeli rumah yang besar, pastinya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, jika rumah tersebut didesain dengan mewah, harga yang harus kamu bayarkan akan semakin mahal.

Beda halnya jika kamu membeli rumah kecil minimalis. Selain harganya lebih terjangkau, kamu juga bisa menghemat pengeluaran dikarenakan cicilannya yang ringan.

Kamu bisa menggunakan sisa uangnya untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Misalnya, membeli peralatan dan perlengkapan dapur, serta perlatan rumah tangga lainnya.

2. Mengurangi Perabotan Rumah yang Tidak Penting

Ketika tinggal di rumah kecil minimalis, kamu dan pasanganmu harus memilih barang atau perlengkapan rumah tangga. Kamu harus mengetahui barang yang sangat dibutuhkan dan bisa diletakkan di ruangan yang cukup terbatas.

Dengan mengurangi perabotan, pengeluaranmu tidak akan boros dan semakin mudah dalam menyimpan uang untuk hal yang lebih penting.

3. Memangkas Waktu dan Tenaga

Setelah memiliki rumah, kamu tentunya harus rajin membersihkan dan merapikan rumah. Ternyata, ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari rumah kecil minimalis.

Kamu bisa menghemat waktu dan tenaga ketika membersihkan serta merapikan setiap sudut ruangan rumahmu.

Selain itu, pekerjaan akan lebih cepat selesai dan tidak menghabiskan banyak tenaga. Beda halnya kalau kamu memiliki rumah yang besar, pasti akan cepat merasa lelah.

4. Mengutamakan Kualitas Rumah

Rumah dengan desain yang minimalis, akan lebih terjaga kualitasnya. Sebab, pikiranmu tidak akan terganggu. Misalnya, kamu bisa memilih cat yang berkualitas dan tahan lama.

Dengan perabotan yang minim, kamu bisa mengganti interior rumah dengan mudah. Selain itu, perawatannya juga lebih mudah dan biayanya terjangkau.

5. Pilihlah Rumah Minimalis yang Sesuai Kebutuhan

Saat ini, para pengembang properti menawarkan berbagai desain rumah minimalis. Kamu bisa melihat model, fasilitas, luas bangunan, dan fasilitasnya. Harganya juga bisa kamu sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk mendapatkan rumah impian, lakukanlah survei ke beberapa lokasi perumahan. Supaya cicilan rumahmu lebih terjangkau, kamu bisa memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang ditawarkan oleh bank.

Artikel Terkait