Bisnis & Kerja Sampingan

5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah tapi Tidak Murahan

rekomendasi kamera mirrorless murah

Ajaib.co.id – Sedang mencari rekomendasi kamera mirrorless yang murah? Kamu ada di artikel yang tepat. Pasalnya, redaksi Ajaib akan menjabarkan beberapa rekomendasi kamera mirrorless murah tapi tidak murahan. Yuk simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Kamera mirrorless jadi salah satu jenis kamera favorit banyak orang karena pengoperasiannya yang mudah namun memiliki fitur setara kamera profesional. Apalagi dengan populernya tren vlogging, orang-orang berlomba untuk membuat konten video berkualitas bagus dengan teknis pengambilan gambar yang sederhana.

Namun tidak semua orang punya budget yang cukup untuk membeli mirrorless dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Mirrorless murah akhirnya muncul sebagai solusi.

Jika kamu sedang mencari mirrorless murah namun punya fitur gahar, ini rekomendasi kamera mirrorless murah ala Ajaib.

Sony A5100

Sony A5100 memang bukan kamera keluaran baru, namun performanya terkenal menjanjikan untuk kualitas premium. Cukup merogoh kocek 5 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan mirrorless murah yang punya kemampuan autofokus 0.07 detik yang sangat baik, sensor gambar APS-C 24 MP, dan prosesor BionZ-X untuk menangkap gambar bergerak.

Keunggulan lain kamera ini adalah bodi-nya yang imut dan ringan, hanya 223 gram tanpa baterai dan 399 gram dengan baterai. Cocok buat kamu yang suka membawa kamera jika pergi berlibur.

Canon EOS M100

Canon EOS M100 layak masuk dalam mirrorless murah yang bisa kamu pertimbangkan karena punya tombol kontrol simpel. Resolusi 24 MP, prosesor Digic 7 dan autofocus Dual Pixel tentunya akan sangat memudahkan kamu mengabadikan berbagai momen.

Selain itu, kamera ini juga punya fitur layar yang bisa ditekuk 180 derajat, cocok buat penyuka selfie dan kamu yang mau eksplorasi bikin vlog. Selain itu, fitur remote shooting juga pasti akan sangat memudahkan kebutuhanmu.

Berapa harga Canon EOS M100? Cukup mengeluarkan uang Rp5-Rp7 jutaan kamu sudah bisa membawa pulang kamera ini.

Olympus PEN E-PL8

Bagi kamu penyuka desain klasik pasti akan jatuh cinta dengan salah satu mirrorless murah ini. Olympus PEN E-PL8 yang ada di kisaran Rp6 jutaan punya kemampuan merekam video Full HD. Fitur fotografi-nya juga gak kalah gahar karena punya autofokus 81 titik dan mode continuous shooting 8 frame per second. Pilihan warna kamera ini juga cukup menggiurkan dengan warna hitam, putih, dan cokelat yang menggoda.

Panasonic Lumix DMC-GF9

Selain Olympus PEN E-PL8, penyuka desain klasik juga pasti akan suka desain Panasonic Lumix DMC-GF9. Kamera mirrorless murah ini bisa kamu beli dengan harga Rp5 jutaan, namun punya fitur Beauty Retouch yang bikin hasil gambar gak akan gagal. Selain itu, kamera ini juga didukung oleh fitur 5 frame per second, memungkinkan kamu untuk mengambil foto secara beruntun.

Bagaimana dengan kualitas pengambilan video? Kamu bisa mengharapkan kualitas 4K dari kamera imut ini, lho!

Fujifilm X-A10

Cukup menyiapkan budget Rp5 jutaan kamu sudah bisa memboyong kamera yang dibilang punya kualitas tidak semurah harganya. Kualitas fotonya tajam dan jernih dengan lensa bawaan Fujinon XC 16-50mm f3.5-5.6.

Ciri khas Fujifilm adalah efek-efeknya yang memudahkan penggunaan namun bisa memberikan hasil terbaik. Kamu bisa menjajal efek Provia, Monochrome, atau Velvia untuk eksplorasi hasil foto.

Beberapa pilihan mirrorless murah diatas mungkin membuat kamu sedikit kebingungan menentukan mana yang paling bagus dan pas dengan kebutuhan. Agar makin yakin, berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa kamu ikuti sebelum membeli kamera mirrorless agar tidak menyerah di kemudian hari.

Perhatikan Kebutuhan, Ini Penting

Apa kebutuhanmu sampai harus menggunakan kamera mirrorless? Jawaban dari pertanyaan ini adalah hal terpenting sebelum kamu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli mirrorless, mahal ataupun murah. Kebutuhan inilah yang akan membawamu mengerucutkan pilihan dari banyaknya merek serta tipe mirrorless yang ada di pasaran.

Kalau kamu akan menggunakan mirrorless untuk foto produk bisnis online, usahakan memilih kamera yang memiliki pengoperasian sederhana karena kamu tidak perlu banyak fitur yang bisa jadi merepotkan sehingga mirrorless murah bisa jadi pilihan.

Sebaliknya, jika kamu perlu kamera mirrorless untuk menjalankan bisnis fotografi yang perlu kualitas mumpuni, kamu harus mempertimbangkan pilihan mirrorless dengan budget yang sedikit lebih mahal.

Pertimbangkan Ukuran Sensor

Sensor yang lebih besar dengan jumlah pixel lebih tinggi terbukti bisa menghasilkan kualitas foto yang lebih tajam. Biasanya, mirrorless menggunakan sistem contrast-detect autofocus yang membuat auto fokus menjadi lebih lambat.

Namun teknologi makin maju dengan banyaknya mirrorless murah yang menggunakan auto fokus hybrid sehingga mampu menyaingi kualitas sensor kamera profesional.

Sesuaikan Berat dan Ukuran dengan Kebutuhanmu

Kalau kamu punya mobilitas tinggi dan tidak suka membawa benda berat, pilihlah mirrorless murah dengan bobot yang enteng. Perhitungkan juga berat setelah kamera dipasangi lensa ya. Selain itu, faktor durabilitas atau ketahanan juga patut diperhitungkan, apalagi jika kamu berencana akan sering membawa kamera ini ke luar ruangan atau traveling sehingga harus berdesakan dengan benda lain.

Baca Review Mengenai Fitur dan Kegunaan

Ini merupakan hal yang kadang diabaikan oleh orang yang akan membeli mirrorless. Jangan malas untuk membaca berbagai ulasan dari fotografer atau orang yang sudah menggunakan kamera incaranmu agar makin yakin akan kelebihan atau kekurangan yang diklaim.

Selain itu, kamu juga selalu bisa mencari informasi mengenai kualitas sebuah kamera dari media sosial komunitas kamera merek incaranmu.

Itu dia 5 rekomendasi kamera mirrorless murah berikut tips sebelum membelinya. Setelah melakukan pertimbangan budget dan kualitas, berikutnya kamu bisa merencanakan cara pembayaran.

Kamu bisa menabung terlebih dulu agar lebih tenang saat membeli mirrorless atau mencicilnya dengan fitur cicilan yang ada di toko offline maupun online.

Selamat hunting foto dan membuat konten video! Siapa tahu kalau kamu produktif, kamu bisa jadi content creator yang bisa menghasilkan banyak uang! Jika uang yang didapatkan sudah banyak, langkah bijak berikutnya yang dilakukan adalah investasi.

Kamu bisa menjadikan Ajaib sebagai platform pilihan karena punya banyak tipe investasi reksa dana sesuai dengan tujuan kamu dengan fitur konsultasi dari ahli keuangan. Info lengkapnya, cek Ajaib sekarang.

Artikel Terkait