Milenial

5 Cara Hidup Sehat Enggak Harus Mahal

Sehat enggak harus mahal. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain sehat secara fisik, mental, dan finansial.

Ajaib.co.id – Menjaga daya tahan tubuh tetap bugar adalah rintangan tersendiri menurut banyak orang yang bekerja dari pagi ke sore. Dari Senin hingga Jumat, berbagai macam aktifitas seakan menyita waktu sehingga kamu tidak sedikit pun berpikir untuk berolahraga atau memilih makanan yang sehat. Faktanya, sehat enggak harus mahal. Enggak percaya?

Tapi, dengan tidak memikirkan cara hidupmu saat ini, kamu akan lebih mudah untuk merasa lemas dan mudah terkena penyakit. Kamu akan lebih mudah untuk merasa letih di jam-jam yang seharusnya membutuhkan tenaga maksimal saat di kantor atau di luar kantor.

Dan dapat dengan mudah untuk terkena flu, batuk, dan demam di saat mengerjakan pekerjaan yang memiliki tenggat waktu sedikit. Di saat seperti itulah, kamu akan sadar jika obat saja tidak akan cukup untuk mengembalikan semangat bekerjamu.

Apalagi, jika kamu jatuh sakit, biaya pengobatan akan sangat terasa dan hasil kerja kerasmu selama ini akan sia-sia hanya karena kamu jatuh sakit dalam hitungan hari. Tidak ada yang mau seperti itu, kan?

Jika kamu takut akan gaya hidup sehat karena terlihat mahal, berarti kamu belum benar-benar mengetahui esensi dari hidup sehat. Karena hidup sehat tidak harus mahal, dan bisa jadi sangat menyenangkan dan menguntungkan untukmu.

Berikut adalah lima cara hidup sehat untuk kamu:

1. Sehat Enggak Harus Mahal dengan Jogging

Memiliki kebiasaan untuk menaiki kendaraan dari pagi hingga malam, membuatmu sedikit malas untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan menggunakan kaki. Bahkan, lima ratus meter akan terasa sangat jauh jika kamu tidak membiasakan diri untuk jogging.

Mulailah dengan berjalan, lalu jalan cepat. Jangan membuat tubuhmu kaget saat pertama kali kamu melakukan olahraga. Kamu tidak perlu berlari di treadmill, seperti membelinya atau menggunakannya di gym. Cukup ke luar rumah menggunakan baju olahraga, dan mulailah berjalan mengelilingi komplek.

Kamu akan merasakan manfaat jogging di pagi atau malam hari, karena selain bisa melepas stress, olahraga ini akan membantumu lebih fokus dan merasa bugar setiap waktu.

2. Workout Di Rumah

Menyewa pelatih profesional untuk melakukan workout adalah salah satu bentu gaya hidup mewah yang memerlukan banyak uang. Jika kamu belum sanggup untuk menyewa pelatih profesional, maka itu tidak akan menjadi masalah.

Kamu bisa mengandalkan video tutorial workout yang memakan waktu 10-15 menit dalam sehari. Dan tentu saja, semua video latihan itu gratis. Melakukan workout berarti kamu ingin membakar lemak dan kalori yang ada di tubuhmu dari makanan semalam atau di hari itu.

Memang dalam prosesnya, kamu akan terasa lelah, tapi semua itu akan terbayarkan dalam beberapa jam kemudian. Selain menjadi bugar, tubuhmu akan memiliki stamina yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Latihan ini bisa kamu lakukan sendiri di kamar, atau bersama-sama dengan teman atau keluarga. Ingatlah, semua ini bisa dilakukan secara gratis. Dan manfaat yang akan kamu dapatkan lebih besar daripada modalnya. Bener enggak tuh? Sehat enggak harus mahal!

3. Makan Sehat

Melihat beberapa postingan dan video tentang gaya hidup sehat dengan makanannya bisa memberikanmu kesan ‘ketidakmungkinan’ jika hal itu bisa diterapkan di dalam gaya hidupmu saat ini.

Ada harga yang harus dibayarkan untuk setiap menu makanan sehat, dan harganya lebih tinggi daripada makanan yang mengandung banyak kalori dan lemak. Tapi jangan salah, kamu bisa memakan makanan sehat dengan cara mengakalinya sesuai kebutuhan finansialmu.

Walaupun terlihat dan terdengar mewah, menu sehat itu berarti makanan yang mengandung rendah kalori, tinggi karbohidrat, protein, dan lemak, serta tidak memiliki bahan-bahan yang mengandung terlalu banyak gula dan senyawa kimiawi.

Kamu bisa memulainya dengan mengurangi penggunaan gula, lalu pelan-pelan mulai makanlah sayur-sayuran kaya antioksidan dan kacang-kacang yang mudah didapatkan, dan memilih camilan yang tidak mengandung banyak kalori. Buatlah ini menjadi kebiasaan baik untuk kesehatanmu.

Jangan memaksakan diri dengan peraturan yang ketat dari awal, karena semuanya harus dimulai dengan pelan dan satu persatu, sesuai tahapannya. Jika kamu sudah di titik ‘semuanya serba sehat’ maka jangan membuatnya menjadi beban, justru buatlah menjadi hal biasa dan rutinitas baru untukmu.

4. Meditasi

Dengan beban pekerjaan yang berat, dan stress tentang ini-itu yang tak kunjung selesai. Kamu ingin sekali untuk meluangkan waktu sendiri dan menikmati hidup. Tapi kamu tahu, kamu belum bisa lepas dari rutinitas pekerjaan yang sama.

Cobalah untuk bermeditasi sendiri. Kamu tidak perlu berada di pegunungan atau di sebelah air terjun untuk merasakan sensasi meditasi yang sebenarnya, cukup lakukan meditasi di rumah kamu, dan pilihlah titik favoritmu di rumah.

Bernafaslah dalam-dalam dan buang sesuai ritme, cobalah untuk melepaskan semua beban yang ada di pikiranmu saat ini dengan berdiam diri. Kesehatan bukan hanya tentang kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental yang harus kamu jaga.

5. Investasi

Setelah kesehatan fisik dan mental, salah satu kesehatan yang harus kamu pikirkan adalah kesehatan finansialmu. Tidak ada yang lebih baik jika kesehatan finansialmu terjaga hingga hari tua.

Mulailah dengan menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, kamu menabung untuk hari tua yang lebih tentram. Banyak instrumen investasi yang bisa kamu coba lakukan.

Salah satu investasi yang bisa kamu coba adalah investasi reksadana dari Ajaib. Di Ajaib, kamu bisa memulai investasi dengan hanya ratusan ribu rupiah saja. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir jika kamu belum pernah berinvestasi, di sini kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari ahli tentang investasi mana yang cocok sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu bisa memulainya dalam satu genggaman, cukup mengunduh aplikasinya dari Playstore (untuk smartphone Android), Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga investasimu menjadi aman dan nyaman.

Itu dia lima cara hidup sehat untukmu, jadi sudahkah kamu hidup sehat secara fisik, mental, dan finansial? Kamu bisa memulainya sekarang, karena sehat enggak harus mahal.

Artikel Terkait