Banking

Tips dan Cara Setor Uang di ATM Setor Tunai BCA

atm setor tunai

Ajaib.co.id – ATM setor tunai, merupakan sebuah bentuk dari kecanggihan di dunia perbankan yang akan memudahkan kamu untuk mengakses layanan perbankan dengan mesin-mesin canggih. Adapun ATM ini kini sudah menjamur saat ini tentunya memiliki kemudahan dan beragam fitur layanan perbankan.

Sebuah kemajuan yang terjadi di dunia perbankan saat ini tentunya juga tidak dapat dihindari lagi. Masyarakat saat ini akan lebih mudah dalam mendapatkan layanan perbankan melalui mesin ATM ini.

Misalkan saja jika kamu ingin melakukan penyetoran, dimana Anda bisa memanfaatkan jenis mesin ATM ini untuk memudahkan Anda dan tidak perlu repot untuk ke bank dan mengisi formulir.

Jenis mesin ATM ini juga tidak terbatas hari dan waktu Anda dalam melakukan penyetoran dana Anda, kapanpun dan dimanapun Anda bisa menyetorkan dana Anda. Berbeda dengan tata cara penyetoran uang melalui bank yang cenderung konvensional dan hanya bisa dilakukan pada hari Senin sampai Jumat dengan waktu yang terjadwal.

Saat ini perbankan yang sudah mengeluarkan sistem setoran tunai adalah Bank BCA. Mesin ATM bank BCA ini juga tersebar luas di berbagai kota di Indonesia, sehingga Anda tak perlu khawatir untuk melakukan setor tunai tanpa perlu ke bank.

Adapun cara menggunakan jenis mesin ATM ini sangat mudah daripada melakukan penyetoran langsung ke bank secara konvensional. Namun, tidak dapat dipungkiri ada banyak orang yang juga belum mengetahui cara melakukan setor tunai.

Secara umum, jenis mesin ATM ini mempunyai fungsi yang sama dengan melakukan setoran di bank, dimana Anda juga tetap dapat melakukan tarik tunai, transfer, pembayaran dan lain sebagainya.

Sebelum pergi ke mesin ATM ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam melakukan transaksi melalui ATM setor tunai dengan aman dan tata caranya, antara lain:

  • Dalam menggunakan mesin ATM ini tidak menerima uang dalam bentuk pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, dan juga Rp10.000.
  • Dalam menggunakan mesin ATM ini, hanya menerima uang pecahan Rp20.000, Rp50.000 dan juga bentuk pecahan Rp100.000.
  • Ketika menggunakan jenis ATM ini, Anda harus memastikan uang yang Anda masukkan dalam kondisi dan keadaan yang baik, misalkan saja uang tidak boleh sobek, terlipat atau terkena stripeless.
  • Selanjutnya, uang yang Anda transfer melalui mesin ATM ini tidak akan dikenakan biaya apapun atau gratis.

Adapun cara melakukan setor tunai yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan ATM setor tunai dan beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat transaksi Anda berjalan lancar, antara lain :

  1. Langkah awal dalam melakukan penyetoran uang adalah dengan masukkan kartu ATM yang kamu dimiliki. Anda harus memastikan bentuk dan posisi kartu ATM kamu dengan benar dan tidak terbalik. Guna memastikan kartu ATM kamu tidak terbalik dimana kamu harus memastikan tanda panah berada di depan mulut mesin dengan posisi tidak terbalik.
  2. Setelah kamu memasukkan ATM, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memasukkan 6 digit PIN kamu. Ini sangat penting untuk tidak salah dalam memasukkan PIN ATM kamu, karena jika kamu salah beberapa kali dalam memasukkan PIN, maka rekening kamu bisa terblokir.
  3. Kamu bisa memilih menu setor tunai pada layar mesin ATM. Kemudian kamu diminta untuk memasukkan uang yang akan kamu setorkan. Adapun uang setoran yang bisa kamu masukkan maksimal 50 lembar dalam bentuk pecahan Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000.
  4. Box akan terbuka secara otomatis, kemudian kamu bisa meletakkan uang Anda kedalam box tersebut. Jika Anda sudah selesai memasukkan uang kamu, maka box akan terututup secara otomatis. Lalu mesin ATM setor tunai akan menghitung jumlah uang yang Anda setorkan dan menampilkan jumlah setoran uang tunai kamu dalam layar ATM.
  5. Setelah memasukkan uang kamu, lalu pilih setor dan kemudian layar akan menampilkan bahwa uang yang kamu setor sudah sukses. Atau jika terjadi tolakan, maka box ATM setor tunai akan terbuka dan mengembalikan uang Anda yang ditolak. Uang yang dikembalikan bisa kamu periksa ulang dan sedikit dirapikan jika tertekuk. Masukkan kembali uang Anda dan tunggu mesin memproses sampai setoran sukses diterima.
  6. Setelah itu, kamu bisa memilih untuk menyetorkan uang kamu ke rekening kamu dan kemudian jika kamu memilih menyetor ke rekening lain, kamu tinggal memasukkan nomor rekening kamu untuk kemudian transaksi akan di proses. Jika berhasil, mesin ATM setor tunai akan mengeluarkan struk bukti transaksi.

Selanjutnya ada beberapa tips aman dalam melakukan transaksi di ATM setor tunai, antara lain :

  1. Kamu harus memperhatikan lokasi ATM setor tunai berada di lokasi yang bagus dan tertutup. Ini penting untuk mencegah adanya penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
  2. Memastikan ATM berada dalam kondisi yang aman dengan cara melihat fisik mesin dari ATM setor tunai. Perhatikan bentuk dari mulut kartu ATM pada mesin ATM setor tunai. Kemudian, pastikan tidak ada alat yang mencurigakan.

Jika kamu melihat keganjilan seperti kamera tambahan, maka kamu harus berhati-hati dan jangan segan menggunakan mesin ATM setor tunai lain.

Artikel Terkait